Comscore Tracker

5 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan oleh Seorang Pemilik Usaha

Awas ditinggal karyawan!

Memiliki sebuah usaha menjadi impian yang ingin diwujudkan oleh sebagian orang. Pada suatu masa, tentu ada keinginan untuk mengembangkan bisnis hingga menjadi sukses dan menghasilkan lebih banyak uang.

Namun, rasanya mustahil untuk bekerja seorang diri ketika usaha mulai mengalami peningkatan. Dibutuhkan bantuan beberapa karyawan agar segala tugas bisa terlaksana sesuai dengan target.

Sayangnya, beberapa pelaku usaha gagal mempertahankan keberadaan karyawan karena memperlakukan mereka secara tidak pantas. Guna menghindari terjadinya hal ini secara berlarut-larut, pahami hal yang seharusnya tidak dilakukan oleh para pemilik usaha berikut ini.

1. Menggaji karyawan secara tidak layak

5 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan oleh Seorang Pemilik Usahailustrasi kehabisan uang (pexels.com/Nicola Barts)

Karyawan adalah mereka yang membantu untuk membesarkan usaha yang kamu dirikan. Mereka mengerahkan tenaga dan pikiran agar tujuan yang kamu tetapkan bisa tercapai dan membuahkan hasil maksimal.

Oleh sebab itu, jangan pernah tega untuk memberikan gaji yang tidak layak kepada karyawanmu. Berikan nominal yang pantas sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Ini merupakan bentuk penghargaan yang wajib kamu berikan atas kerja keras yang telah mereka berikan.

2. Terlambat memberikan gaji

5 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan oleh Seorang Pemilik Usahailustrasi uang tunai (pexels.com/Karolina Grabowska)

Selain memberikan gaji dengan besaran yang layak, jangan sampai terlambat untuk menyerahkan uang tersebut kepada karyawan. Mereka butuh untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan gaji tersebut.

Keterlambatan pemberian gaji yang kamu lakukan akan sangat merugikan mereka yang telah bekerja untukmu. Ini juga menunjukkan bahwa kamu bukanlah seorang atasan yang profesional karena gagal bahkan untuk menggaji secara tepat waktu.

Baca Juga: 5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan Menguntungkan

3. Mengganggu di luar jam kerja

5 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan oleh Seorang Pemilik Usahailustrasi menelepon seseorang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kamu tentu paham bahwa orang yang bersedia bekerja untukmu tentu butuh biaya untuk memutar roda perekonomian kehidupannya. Namun, ini bukan berarti kamu bisa semena-mena memanfaatkan karyawan demi kepentingan pribadi.

Jangan mengganggu mereka di luar jam kerja apalagi ketika hari libur. Mereka juga perlu beristirahat dan menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga, bukan hanya menjadi budak yang siap melayanimu kapan saja.

4. Kurang tegas terhadap karyawan yang teledor

5 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan oleh Seorang Pemilik Usahailustrasi barista (pexels.com/Tim Douglas)

Sebagai seorang pemilik usaha, kamu harus teliti dalam mengamati pekerjaan yang dibebankan kepada karyawan. Pastikan mereka melakukan tugas dengan baik sesuai bidangnya masing-masing, sehingga bisa menghasilkan sesuatu sesuai dengan harapan.

Bila ada karyawan yang teledor, seperti sering izin dengan alasan yang tidak jelas atau tidak menyelesaikan pekerjaannya dengan tuntas, kamu harus mengambil sikap tegas, meskipun dia adalah karyawan senior atau memiliki posisi penting. Ini dapat menyebabkan kekacauan dan merugikan banyak pihak, termasuk dirimu sendiri.

5. Memberikan beban kerja berlebihan

5 Hal yang Seharusnya Tidak Dilakukan oleh Seorang Pemilik Usahailustrasi karyawan yang dikejar deadline (pexels.com/Antoni Shkraba)

Sampai hari ini, masih banyak ditemui lowongan pekerjaan tertentu yang mengharuskan calon pelamarnya untuk menguasai banyak hal sekaligus. Padahal, gaji yang diberikan sering tidak sebanding dengan beban kerja yang harus ditanggung.

Kalau kamu adalah seorang pemilik usaha, sebaiknya mulai tinggalkan “budaya” memberikan banyak tugas kepada karyawan seperti itu, terlebih tidak mampu membayar dengan sepadan. Jika tidak mampu menanggung tanggung jawab yang terlalu berat, karyawan akan mudah mengajukan pengunduran diri, sehingga kamu selalu repot untuk membuka lowongan kerja yang sama sepanjang waktu.

Menjadi seorang pemilik usaha harus siap dengan segala risikonya, termasuk bekerja lebih keras dari siapa pun. Bagaimana pun juga, jalan atau tidaknya pekerjaan yang kamu bangun bergantung pada besar kecilnya pengorbananmu, bukan pada pundak karyawan yang hanya membantu mencapai tujuan utama.

Baca Juga: 5 Alasan Media Sosial Jadi Tempat Promosi Bisnis

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Verified Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya