Comscore Tracker

5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan Menguntungkan

Baca ini supaya kamu tahu!

Dataran tinggi paling cocok untuk banyak jenis usaha. Mendapatkan penghasilan di dataran tinggi bukan hal yang tidak mungkin karena ada berbagai peluang yang bisa kamu jadikan ladang usaha, mulai dari pertanian hingga properti.

Yang penting adalah, kamu bisa mengelola bisnis dengan serius dan tekun dalam melakukan pemeliharaan lahan serta lingkungan. Nah, di sini kamu akan mengetahui apa saja bisnis yang bisa dilakukan di daerah dataran tinggi. Berikut adalah beberapa bisnis yang bisa kamu kelola.

Baca Juga: Mau Bisnis Restoranmu Laku? Pakai 4 Cara Promosi Ini!

1. Pertanian

5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan Menguntungkanilustrasi bertani (Dok. ArrivelGuides)

Hidup di dataran tinggi memang paling cocok untuk membuka usaha pertanian, terutama pertanian sayur. Karena lahan pegunungan yang sangat subur dan lingkungannya sejuk, sayuran dapat tumbuh dengan baik. Selain memerlukan lahan yang cukup luas, kamu juga harus menyediakan "rumah" untuk sayuran agar terlindung dari hama dan cuaca ekstrem.

Agar kualitas sayuran yang kamu hasilkan bermutu dan layak jual, pilih pupuk yang organik, pahami cara merawat tanaman sayur, dan terapkan teknologi pertanian. Dengan mengombinasikan hal-hal tersebut, bisa saja produk sayuran ini masuk ke supermarket.

2. Perkebunan dan peternakan

5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan Menguntungkanilustrasi peternakan sapi (IDN Times/Rangga Erfizal)

Udara yang bersih, tanah yang subur dan lingkungan yang asri membuat usaha ternak dan perkebunan juga menjadi usaha yang cocok di dataran tinggi. Kamu tidak perlu bersusah payah mencari pakan untuk ternak dan tidak repot dalam menjaga tanaman, seperti bunga dan buah, agar tetap subur.

Untuk membuat bisnis peternakan dan perkebunan ini menjadi sukses, kamu perlu bersabar dan telaten dalam merawat hewan ternak dan tanaman di kebun. Berikan vitamin, perhatikan gizi ternak, dan hindarkan mereka dari stres, maka hewan ternak tumbuh sehat. Sedangkan untuk tanaman, kamu bisa menerapkan hal yang sama seperti merawat sayuran.

3. Sewa lahan untuk perkemahan

5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan Menguntungkanilustrasi perkemahan di dataran tinggi (unsplash.com/Dino Reichmuth)

Membuat bumi perkemahan adalah bisnis yang cocok untuk dikelola di daerah dataran tinggi. Tempat yang sejuk, udara bersih, dan pemandangan indah menjadi spot favorit untuk mendirikan tenda dan menghabiskan waktu bersama teman-teman atau keluarga.

Selain menyediakan lahan, kamu juga bisa membuka kios penyewaan alat pendakian, alat masak, dan tenda. Jika bisnis ini berkembang besar, kamu bisa merambah ke bisnis lainnya yang saling terkait, seperti warung makanan atau coffee shop.

Baca Juga: Daftar Izin Usaha yang Perlu Diurus sebelum Buka Usaha, Wajib Punya!

4. Ecotourism

5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan MenguntungkanWisata alam (IDN Times/Sunariyah)

Menikmati pemandangan alam masih menjadi primadona bagi orang yang ingin liburan di daerah pegunungan. Oleh karena itu, di dataran tinggi paling cocok untuk usaha ecotourism atau wisata alam. Kamu bisa bekerja sama dengan warga sekitar untuk mengembangkan potensi alam di daerah tersebut.

Membuka jalur tracking, membuka wisata perkebunan buah, membuat sekolah alam, dan lain-lain bisa menjadi ide yang bagus. Kamu juga bisa mengambil peran sebagai pemandu wisata juga, lho! Terdengar menyenangkan, bukan?

5. Kuliner atau oleh-oleh dan souvenir

5 Macam Usaha yang Cocok di Dataran Tinggi dan Menguntungkan

Tidak bisa dipungkiri bahwa usaha kuliner khas suatu daerah selalu menjadi tujuan utama bagi wisatawan. Jika kamu memiliki hobi memasak atau mengetahui distributor makanan khas daerah tersebut, cobalah untuk membuka usaha kuliner, seperti warung makan, atau restoran.

Di samping usaha kuliner, kamu juga bisa menjual oleh-oleh khas daerah tersebut dan suvenir dari distributor. Jadi, kamu tidak perlu berepot-repot untuk memproduksi stok jualan. Cukup jual kembali dan ambil keuntungan beberapa persen dari produk distributor tersebut.

Baca Juga: 18 Ide Bisnis Kekinian Modal Sejuta, Untungnya Bisa Berlipat Ganda! 

Dari pembahasan tadi, ternyata di dataran tinggi paling cocok untuk usaha apa pun, ya. Kamu bisa memulai usaha pertanian, peternakan, perkebunan hingga kuliner. Jadi, bisnis apa, nih, yang mau kamu coba?

Baca Juga: 20 Ide Bisnis Makanan Ringan, Murah Meriah tapi Untung Berlimpah

Topic:

  • Nadia Agatha Pramesthi
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya