Comscore Tracker

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan Terakhir

Mulai dari El Salvador sampai Elon Musk

Jakarta, IDN Times – Sepekan terakhir menjadi minggu yang sibuk bagi mata uang kripto atau cryptocurrency. Berbagai berita besar yang mempengaruhi harga cryptocurrency terjadi di berbagai penjuru dunia.

Salah satu yang besar yaitu kabar El Salvador yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Selain itu ada juga kabar mengenai upgrade pertama Bitcoin dalam empat tahun.

Berikut adalah tujuh berita utama yang tidak boleh dilewatkan terkait dengan cryptocurrency selama sepekan terakhir.

Baca Juga: Apa Dampak Mining Bitcoin pada Lingkungan hingga Disetop Tesla?

1. FBI kembalikan Bitcoin tebusan dari Colonial Pipeline

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan Terakhirtheintercept.com

Departemen Kehakiman Amerika Serikat (AS) melaporkan pada 7 Juni bahwa mereka berhasil mengambil 2,3 juta dolar AS uang tebusan dalam bentuk Bitcoin yang dibayarkan oleh Colonial Pipeline kepada peretas ransomware pada bulan April.

Berita tersebut menyebabkan kebingungan di jagat maya. Di mana membuat sejumlah pihak berspekulasi bahwa Bitcoin telah “diretas,” dan sehari setelah pengumuman, harga Bitcoin turun karena kekhawatiran atas keamanan mata uang kripto itu.

Meskipun tidak begitu jelas bagaimana hal itu dilakukan, para ahli mengatakan FBI mampu untuk mengambil tebusan Bitcoin itu karena masalah penyimpanan kunci pribadi para penjahat. Bukan karena masalah kerentanan pada cryptocurrency itu sendiri.

2. El Salvador mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan TerakhirPresiden El Salvador, Nayib Bukele, ketika menerima delegasi Uni Eropa di Istana Kepresidenan pada 13 September 2019. twitter.com/PresidenciaSV

El Salvador, sebuah negara di Amerika Tengah, telah mengeluarkan undang-undang baru untuk mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah pada Rabu (9/6/2021). Ini membuatnya menjadi negara pertama yang mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.

Dengan pengesahan tersebut, Bitcoin, mata uang kripto terbesar berdasarkan nilai pasarnya, bisa digunakan sebagai alat pembayaran barang dan pajak di negara itu. Bisnis juga dapat memberi harga barang-barang mereka dalam Bitcoin, dan setiap transaksinya tidak akan dikenakan pajak capital gain, menurut CNBC.

Setelah berita tersebut, pada Kamis harga Bitcoin melonjak 6 persen menjadi lebih dari 37 ribu dolar AS.

3. Senator Elizabeth Warren menyerukan regulasi kripto

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan TerakhirBakal calon presiden Amerika Serikat 2020 Demokrat Senator Elizabeth Warren berbicara kepada pendukung di Monterey Park, California, Amerika Serikat, pada 2 Maret 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Kyle Grillot

Selama sidang komite perbankan Senat tentang mata uang digital bank sentral pada Rabu, Senator Elizabeth Warren dari negara bagian Massachusetts, menyerukan perlunya regulasi cryptocurrency di AS. Hal tersebut dikarenakan, menurutnya, cryptocurrency telah menciptakan peluang untuk menipu investor, membantu penjahat dan memperburuk krisis iklim.

“Ancaman yang ditimbulkan oleh kripto menunjukkan bahwa Kongres dan regulator federal tidak dapat terus bersembunyi, berharap kripto akan hilang. Tidak akan hilang. Sudah waktunya untuk menghadapi masalah ini secara langsung,” katanya.

Namun, Warren memiliki pandangan berbeda tentang dolar digital yang didukung oleh the Federal Reserve.

“Mata uang digital dari bank sentral sangat menjanjikan,” katanya. “Tetapi agar keuntungan itu bisa terwujud, versi digital harus aman, stabil, dan diterima di mana-mana.”

Baca Juga: Perhatian, Investor Kripto! Bitcoin Pertama Kali Upgrade dalam 4 Tahun

4. Peserta Konferensi Bitcoin 2021 positif COVID-19

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan TerakhirIlustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Pada 4-5 Juni lalu telah digelar salah satu acara cryptocurrency besar di Miami, AS, yaitu Konferensi Bitcoin 2021. Namun, pascaacara itu, beberapa peserta dinyatakan positif COVID-19.

Pada saat acara berlangsung, tidak ada aturan untuk memakai masker dan tidak ada persyaratan bukti-vaksinasi untuk hadir. Pada Jumat, kantor walikota Miami mengatakan kepada CNBC bahwa spekulasi tentang peserta yang tertular COVID-19 di konferensi itu belum dikonfirmasi.

“Kami tidak punya alasan untuk percaya bahwa konferensi itu adalah ‘Super Spreader’, katanya dalam sebuah pernyataan. “Pada titik ini, dengan informasi yang kami ketahui, karakterisasi acara ini tidak hanya tidak adil, tetapi juga tidak bertanggung jawab.”

5. NFT CryptoPunk terjual dengan harga rekor 11,7 juta dolar AS di lelang Sotheby

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan TerakhirIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

CryptoPunk langka berhasil dijual pada hari Kamis di Sotheby’s dengan harga lebih dari 11,7 juta dolar AS. Penjualan tujuh digit itu merupakan rekor lelang dunia baru untuk satu CryptoPunk, menurut Sotheby's.

CryptoPunk 7523 yang juga dijuluki “Covid Alien”, adalah NFT atau token yang tidak dapat dipertukarkan, yang dapat dikoleksi. Ini adalah salah satu dari sembilan “alien punk” yang ada di seluruh seri dan merupakan satu-satunya karakter yang memakai masker.

Pembelinya adalah miliarder Shalom Meckenzie, pemegang saham terbesar DraftKings, kata Sotheby kepada CNBC Make It.

Baca Juga: Pura-Pura jadi Elon Musk, Penipu Bawa Kabur Bitcoin Rp28 Miliar

6. Upgrade Bitcoin pertama dalam empat tahun telah disetujui

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan TerakhirIlustrasi Bitcoin (Twitter.com/bitcoin)

Taproot, pembaruan Bitcoin pertama dalam empat tahun, telah disetujui pada Sabtu lalu. Namun, pembaruan atau upgrade ini baru akan berlaku pada bulan November.

Dengan pembaruan itu, blockchain akan mendapatkan sejumlah perbaikan, seperti peningkatan privasi dan efisiensi transaksi. Selain itu, pemutakhiran akan memungkinkan kontrak pintar, dapat memberi daya pada sejumlah aplikasi seperti DeFi (keuangan terdesentralisasi), yang sudah menjadi bagian penting dari blockchain Ethereum.

“Hal terpenting bagi Taproot adalah … kontrak pintar,” kata Fred Thiel, CEO spesialis penambangan cryptocurrency Marathon Digital Holdings, baru-baru ini kepada CNBC. “Kontrak pintar pada dasarnya memberi Anda kesempatan untuk benar-benar membangun aplikasi dan bisnis di blockchain.”

7. Elon Musk sebut Tesla dapat menerima Bitcoin lagi sebagai alat pembayaran

7 Berita Utama Terkait Cryptocurrency dalam Sepekan TerakhirCEO Tesla Elon Musk. Foto diambil dari media sosial. instagram.com/elonmusk

Pada Minggu (13/6/2021), CEO Tesla Elon Musk mengatakan di Twitter bahwa perusahaan mobil listriknya akan kembali menerima Bitcoin sebagai pembayaran. Namun itu baru akan terjadi ketika penambangan atau mining Bitcoin dilakukan dengan lebih ramah lingkungan.

“Ketika ada konfirmasi penggunaan energi bersih yang wajar (~ 50 persen) oleh para penambang dengan tren masa depan yang positif, Tesla akan kembali mengizinkan transaksi Bitcoin,” kata Musk di Twitter pada Minggu.

Akibat ini harga Bitcoin naik mendekati 40 ribu dolar AS pada Senin (14/6/2021).

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya