Comscore Tracker

Apple Janjikan Investasi Lagi di AS, Totalnya Capai Rp6 Ribu Triliun

Apple ingin tambah 20 ribu pekerja di AS dalam 5 tahun

Jakarta, IDN Times – Apple menggandakan investasinya di Amerika Serikat (AS). Pada Senin (26/4/2021), perusahaan mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan investasi dari total yang diumumkan sebelumnya sebesar 20 persen atau sekitar 80 miliar dolar AS dan akan menambahkan 20 ribu pekerjaan baru.

Sebelumnya pada awal tahun 2018, Apple berkomitmen untuk menghabiskan sebesar 350 miliar untuk fasilitas baru dan penciptaan 20 ribu pekerjaan. Dengan tambahan 80 miliar itu, berarti jumlah investasi Apple sekarang meningkat menjadi 430 miliar dolar AS atau sekitar Rp6 ribu triliun.

Baca Juga: Mengenal Steve Jobs, Fakta-Fakta Kehidupan sang Pendiri Apple

1. Investasi di 50 negara bagian AS

Apple Janjikan Investasi Lagi di AS, Totalnya Capai Rp6 Ribu TriliunPixabay/Free-Photos

Apple mengatakan investasinya akan menjangkau 9 ribu perusahaan di seluruh negara bagian AS yang berjumlah 50 negara bagian. Investasi ini akan digunakan untuk mendukung teknologi baru, termasuk 5G dan rekayasa silikon.

“Kami menciptakan pekerjaan di bidang-bidang mutakhir--mulai dari 5G hingga rekayasa silikon hingga kecerdasan buatan--berinvestasi dalam bisnis baru inovatif generasi berikutnya, dan dalam semua pekerjaan kami, membangun menuju masa depan yang lebih hijau dan lebih adil,” kata CEO Apple Tim Cook dalam sebuah pernyataan, menurut CNN.

2. Target tambah 20 ribu pekerja dalam lima tahun

Apple Janjikan Investasi Lagi di AS, Totalnya Capai Rp6 Ribu TriliunCEO Apple Tim Cook

Apple lebih lanjut mengatakan bahwa 20 ribu pekerjaan baru, di luar 20 ribu pekerjaan yang dijanjikan sebelumnya, akan ditambahkan selama lima tahun ke depan.

Pembukaan lowongan kerja ini akan dilakukan di Colorado, Massachusetts, Texas, Washington, New York, California, dan negara bagian lainnya. Perusahaan memiliki 147 ribu karyawan pada September 2020.

Baca Juga: Apple dan Alibaba Luncurkan EV, CEO Daimler: Persaingan Bakal Ketat

3. Mendirikan kampus baru

Apple Janjikan Investasi Lagi di AS, Totalnya Capai Rp6 Ribu TriliunIlustrasi Apple World di Bangkok, Thailand (www.twitter.com/@tim_cook)

Selain rencana meningkatkan investasi, pada Senin Apple juga mengumumkan akan mendirikan kampus baru dan pusat teknik dekat Raleigh, North Carolina. Investasi sebesar 1 miliar dolar AS akan dikucurkan untuk menciptakan pekerjaan baru yang berfokus pada pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan rekayasa perangkat lunak, katanya.

Apple, yang adalah salah satu perusahaan pembuat ponsel terpopuler di dunia, merupakan pembayar pajak terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan membayar lebih dari 45 miliar dolar AS pajak pendapatan perusahaan dalam negeri hanya dalam lima tahun terakhir.

Baca Juga: Wah, Warren Buffett Jual Sahamnya di Apple

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya