Comscore Tracker

Bill Gates Sebut Bitcoin Lebih Baik Disingkirkan

Harga bitcoin telah naik hampir 80 persen sepanjang 2021

Jakarta, IDN Times - Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft dan ahli teknologi, menyebut mata uang digital atau cryptocurrency seperti bitcoin adalah benda yang bisa memicu tindakan kriminal. Salah satu orang terkaya di dunia itu juga menyebut bitcoin dan sejenisnya lebih baik disingkirkan.

“Cara kerja cryptocurrency saat ini memungkinkan adanya aktivitas kriminal tertentu. Akan bagus untuk menyingkirkan itu,” katanya dalam wawancara dengan The Wall Street Journal, sebagaimana dilaporkan Market Watch, Sabtu (20/2/2021).

“Saya mungkin seharusnya mengatakan senjata biologi. Itu hal yang sangat buruk,” tambahnya.

Baca Juga: Bill Gates: Saya bukan seperti Jeff Bezos maupun Elon Musk

1. Netral terhadap bitcoin

Bill Gates Sebut Bitcoin Lebih Baik DisingkirkanIlustrasi Bitcoin (ANTARA/REUTERS/Benoit Tessier)

Pandangan Gates soal bitcoin yang dapat disalahgunakan untuk penipuan dan dalam skema pencucian uang adalah kritik lama yang telah ada untuk aset digital terdesentralisasi yang dibuat pada tahun 2009 itu.

Namun demikian, selama wawancara dengan CNBC yang ditayangkan pada Kamis, Gates menyampaikan pendapat yang lebih moderat. Ia menyebut pandangannya tentang bitcoin netral.

“Saya tidak memiliki bitcoin, saya tidak menyimpan bitcoin, jadi saya mengambil pandangan netral,” katanya dalam wawancara yang disiarkan di acara “Sqawk Box” CNBC.

“Saya pikir memindahkan uang ke bentuk yang lebih digital dan menurunkan biaya transaksi, itu adalah sesuatu yang dilakukan Gates Foundation di negara berkembang,” tambahnya.

2. Tidak dapat memprediksi pergerakan bitcoin

Bill Gates Sebut Bitcoin Lebih Baik DisingkirkanBill Gates (Instagram/@thisisbillgates)

Gates lebih lanjut mengatakan dirinya tidak bisa memprediksi bagaimana pergerakan bitcoin ke depannya. Ia mengatakan itu karena bitcoin biasanya bergerak sesuai euphoria pasar.

“Bitcoin bisa naik dan turun hanya berdasarkan mania atau apa pun pandangannya dan saya tidak memiliki cara untuk memprediksi bagaimana kemajuannya,” katanya.

Harga Bitcoin telah mengalami pergerakan yang luar biasa volatil akhir-akhir ini, meski ramai kritik yang menyebut teknologi ini memiliki banyak kekurangan. Salah satu kekurangan itu adalah memakan banyak sekali energi untuk membuat satu bitcoin.

Baca Juga: Tesla Mau Izinkan Beli Mobil Pakai Bitcoin, Apa Untung Ruginya?

Bill Gates Sebut Bitcoin Lebih Baik DisingkirkanBill Gates (Twitter/@BillGates)

3. Bukan kritik pertama

Ini bukan pertama kalinya Gates membahas bitcoin dan cryptocurrency lainnya di media. Sebelumnya pada 2018, Gates mengatakan dalam wawancara terpisah di acara “Squawk Box” bahwa dia akan bertaruh melawan bitcoin jika dia bisa.

“Sebagai kelas aset, Anda tidak menghasilkan apa-apa sehingga Anda tidak boleh mengharapkannya naik. Ini semacam jenis investasi ‘teori lebih bodoh’ murni,” kata Gates pada CNBC dua tahun lalu.

Harga bitcoin diperdagangkan di atas 52 ribu dolar Amerika Serikat (AS) pada Kamis lalu dan telah naik hampir 80 persen sepanjang 2021.

Baca Juga: JPMorgan Minta Investor Waspadai Bitcoin dan Fokus ke Fintech

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya