Comscore Tracker

Grab Jadi Go Public di Bursa Amerika, Valuasi Mencapai Rp554 Triliun

Bakal jadi IPO SPAC terbesar di dunia

Jakarta, IDN Times – Grab pada Selasa (13/4/2021) mengumumkan pihaknya akan go public melalui merger special purpose acquisition company (SPAC) dengan Altimeter Growth Corp di bursa Amerika serikat (AS).

Kesepakatan tersebut akan memberi perusahaan valuasi sebesar 39,6 miliar dolar AS atau lebih dari Rp554 triliun. Itu akan menjadi kesepakatan SPAC terbesar yang pernah ada hingga saat ini.

Baca Juga: Grab Dikabarkan Mau IPO di Bursa AS, Valuasi Mencapai Rp560 Triliun

1. Terdaftar di indeks Nasdaq

Grab Jadi Go Public di Bursa Amerika, Valuasi Mencapai Rp554 TriliunGrab Lawan Corona. Dok IDN Times/Grab

Perusahaan berbagi kendaraan yang berbasis di Singapura ini mengatakan pihaknya bermaksud untuk mendaftar di Nasdaq di bawah simbol ticker GRAB setelah kesepakatan selesai.

“Saya ingat beberapa tahun yang lalu ketika kami berbicara dengan investor, beberapa orang bahkan tidak tahu di mana posisi Asia Tenggara pada peta,” kata salah satu pendiri dan CEO Grab Anthony Tan dalam acara “Squawk Box” CNBC, Selasa.

“Jadi, hari ini saat kami mengumumkan apa yang diharapkan menjadi penawaran ekuitas AS terbesar di Asia Tenggara ... ini menunjukkan validasi dari penawaran yang luar biasa di sini, di wilayah ini, dan bahwa strategi ‘aplikasi super berfungsi,” tambahnya.

2. Bagian dari kesepakatan, Grab terima 4,5 miliar dolar AS dalam bentuk tunai

Grab Jadi Go Public di Bursa Amerika, Valuasi Mencapai Rp554 TriliunAnthony Tan, Group CEO & Co-founder, Grab (Dok. Grab.com)

Sebagai bagian dari kesepakatan, Grab yang didukung SoftBank akan menerima sekitar 4,5 miliar dolar AS dalam bentuk tunai. Itu sudah mencakup investasi swasta senilai 4 miliar dolar AS dalam mekanisme pengaturan ekuitas publik (PIPE), yang dikelola oleh BlackRock, Fidelity, T. Rowe Price, lembaga pendanaan Counterpoint Global milik Morgan Stanley, dan Temasek dari Singapura.

PIPE (private investments in public equity) adalah mekanisme bagi perusahaan untuk mengumpulkan modal dari sekelompok investor terpilih yang memungkinkan debut pasar akhir melalui pembiayaan mereka.

Saham Altimeter Growth naik lebih dari 8 persen dalam perdagangan pra-pasar setelah pengumuman, dari penutupan sebelumnya 13,95 per saham.

Baca Juga: Jadi Hottest Trend di Wall Street, Apa itu SPAC?

3. Apa itu SPAC?

Grab Jadi Go Public di Bursa Amerika, Valuasi Mencapai Rp554 TriliunBursa Saham di Amerika Serikat. asia.nikkei.com

Perusahaan akuisisi tujuan khusus pada dasarnya adalah perusahaan cangkang yang didirikan oleh investor dengan tujuan mengumpulkan uang melalui penawaran umum perdananya (IPO) untuk akhirnya mengakuisisi perusahaan lain.

Biasanya SPAC dibuat, atau disponsori, oleh tim investor institusional, profesional Wall Street dari dunia ekuitas swasta atau dana lindung nilai.

Dalam proses mengumpulkan dana melalui SPAC, orang-orang yang membeli di IPO tidak tahu apa perusahaan yang menjadi target akuisisi nantinya. Itu juga yang menyebabkan SPAC sering disebut dengan “perusahaan cek kosong” atau blank check company.

Baca Juga: Jadi Hottest Trend di Wall Street, Apa itu SPAC?

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya