Comscore Tracker

Kanada Keluarkan Paket BantuanTerbesar Sejak World War II

Paket bantuan untuk perangi pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times – Duta Besar Misi Kanada untuk ASEAN Diedrah Kelly mengatakan Kanada telah mengeluarkan paket bantuan terbesarnya sejak Perang Dunia II (World War II) akibat pandemik COVID-19.

Ini dikarenakan ekonomi Kanada juga telah terdampak pandemik seperti negara-negara lain di ASEAN dan dunia, katanya dalam acara Webinar Series: COVID-19 Economic Recovery - Insights from ASEAN and Canada, Senin (15/2/2021).

“Kami telah melihat di ASEAN, seperti di bagian lain dunia, bahwa COVID telah membawa dampak yang besar pada ekonomi. Ini juga membawa dampak pada ekonomi Kanada,” kataya.

Baca Juga: PM Modi Pastikan India Bantu Penuhi Pasokan Vaksin Kanada

1. Kanada terdampak COVID-19

Kanada Keluarkan Paket BantuanTerbesar Sejak World War IIDuta Besar Misi Kanada untuk ASEAN Diedrah Kelly, screenshot Webinar Series: COVID-19 Economic Recovery - Insights from ASEAN and Canada

Dalam pemaparannya, Kelly mengatakan hingga hari ini pandemik telah menewaskan lebih dari 21 ribu warga Kanada sejak kasus pertama ditemukan di Maret 2020, dan ada lebih dari 800 ribu kasus infeksi telah dilaporkan.

Pembatasan COVID-19 juga telah memicu kontraksi di banyak sektor ekonomi, di mana industri berbasis jasa yang paling terdampak. Kelly mengatakan, sektor layanan akomodasi dan makanan pada kuartal kedua 2020 berada di 55 persen dari level pre pandemik.

“Ini menimbulkan penurunan historis dalam aktivitas pasar tenaga kerja,” jelasnya.

2. Ekonomi Kanada jadi korban COVID-19

Kanada Keluarkan Paket BantuanTerbesar Sejak World War IIPetugas medis bertepuk tangan saat polisi Toronto dan responder garis depan kota memberikan penghormatan kepada mereka di University Avenue di tengah pandemik COVID-19 di Toronto, Ontario, Kanada, pada 19 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Osorio

Kelly menyebut, ekonomi Kanada secara keseluruhan berkontraksi 11,5 persen di kuartal II (Q2) 2020. Di mana penurunan pengeluaran rumah tangga mencapai rekor yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Investasi bisnis dan perdagangan internasional, juga mengalami penurunan. Sementara keluarga-keluarga di negaranya menghadapi ketidakpastian pekerjaan dan pendapatan.

“Pengeluaran rumah tangga mencatatkan penurunan rekor 15 persen di Q2 2020,” kata Kelly. “Pendapatan pekerja turun 9 persen.”

Baca Juga: Jutawan Kanada Lompati Antrian Vaksin COVID-19

3. Bantuan ekonomi pemerintah

Kanada Keluarkan Paket BantuanTerbesar Sejak World War IIPresiden terpilih AS ke-46 Joe Biden (kiri) bersama PM Kanada Justin Trudeau (kanan) (instagram.com/justinpjtrudeau)

Di saat ekonomi dan warganya terdampak parah COVID-19, Kelly mengatakan pemerintah Kanada terus melakukan berbagai upaya untuk membantu, termasuk mengeluarkan paket bantuan terbesar sejak perang Perang Dunia II.

Salah satu bantuan ekonomi untuk melawan COVID-19 tersebut yaitu Fall Economic Statement 2020, katanya. Pemerintah juga memiliki dukungan untuk warga Kanada melewati krisis dan membangun kembali ekonomi melalui berbagai upaya lain, termasuk pendanaan 322 miliar dolar Kanada dalam tindakan langsung untuk membantu warga.

“Paket bantuan ekonomi terbesar yang dimiliki negara kami sejak Perang Dunia 2,” katanya.

Baca Juga: Kanada Masukkan Kelompok Proud Boys dalam Daftar Teroris

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya