Comscore Tracker

Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.346

Rupiah melemah 14 poin di penutupan sore ini

Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada penutupan perdagangan hari ini, Rabu (1/12/2021).

Dikutip dari Bloomberg, rupiah melemah 14 poin ke level Rp14.346 per dolar AS sore ini. Pada penutupan sebelumnya, rupiah berada di level Rp14.332 per dolar.

Baca Juga: 6 Tips Jitu Investasi Perhiasan Emas

1. Faktor pelemahan rupiah

Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.346Ilustrasi Dollar dan Rupiah (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pelemahan rupiah terjadi karena pelaku pasar mencerna tanda-tanda dari Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell bahwa bank sentral akan membahas penyelesaian pengurangan aset lebih cepat dari yang direncanakan.

Powell mengatakan The Fed akan membahas apakah akan mengakhiri pengurangan aset beberapa bulan lebih awal dari yang dijadwalkan dalam pertemuannya di akhir bulan.

“Dia juga menyimpang dari menggambarkan inflasi tinggi sebagai “sementara,” kata Ibrahim.

2. COVID-19 tekan nilai rupiah

Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.346Ilustrasi Dollar dan Rupiah (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Di sisi lain, pelemahan rupiah juga dipengaruhi oleh kasus COVID-19 dunia yang meningkat di tengah penyebaran varian baru, Omicron. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengkategorikan varian Omicron sebagai Variant of Concern (VoC).

Sementara Bos Moderna Stephane Bancel mengatakan bahwa Omicron lebih kebal terhadap vaksin COVID-19 yang beredar saat ini. Ia juga mengatakan bahwa dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengembangkan dan mengirimkan vaksin khusus Omicron.

Namun WHO memperingatkan agar dunia tidak memberlakukan larangan perjalanan menyeluruh, yang telah diterapkan oleh beberapa negara.

“Penelitian kemanjuran vaksin saat ini terhadap varian baru juga terus berlanjut,” kata Ibrahim.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Investasi Reksa Dana, Apa yang Harus Dicermati?  

3. Rupiah diprediksi melemah lagi besok

Rupiah Ditutup Melemah ke Level Rp14.346

Dalam perdagangan sore ini, rupiah ditutup melemah 14 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 25 poin. Sedangkan untuk perdagangan besok, Ibrahim menyebut mata uang rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif.

“Namun ditutup melemah di rentang Rp14.330-Rp14.380,” katanya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya