Comscore Tracker

Rupiah Melemah ke Level Rp14.122 di Penutupan Hari Ini

Rupiah melemah 46 poin sore ini

Jakarta, IDN Times – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah pada penutupan perdagangan hari ini, Kamis (21/10/2021).

Dikutip dari Bloomberg, rupiah melemah 46 poin atau 0,33 persen ke level Rp14.122 per dolar AS sore ini. Pada penutupan sebelumnya rupiah berada di level Rp14.076 per dolar.

Baca Juga: Cara Menghitung Denda Pajak Motor 

1. Faktor internal pelemahan rupiah

Rupiah Melemah ke Level Rp14.122 di Penutupan Hari IniIlustrasi Uang (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pelemahan rupiah sore ini dipengaruhi pandemik COVID-19 yang masih berlangsung, yang bisa menghambat pemulihan ekonomi. Ia mengatakan pandemik masih berpotensi meningkat dan memicu gelombang ketiga kasus.

“Syarat utama agar ekonomi Indonesia pulih adalah menjaga penanganan pandemi COVID-19. Penanganan COVID-19 wajib dilakukan agar tidak terjadi gelombang ketiga,” jelasnya.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa di akhir tahun 2021, masyarakat yang sudah di vaksinasi diharapkan mencapai 80 persen dan dosis kedua bisa diselesaikan pada Kuartal Pertama tahun depan.

Baca Juga: Rupiah Dibuka Melemah ke Level Rp14.100 Pagi Ini

2. Faktor eksternal pelemahan rupiah

Rupiah Melemah ke Level Rp14.122 di Penutupan Hari IniIlustrasi Dollar Dan Rupiah (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Dari luar negeri, Ibrahim mengatakan bahwa isu mengenai perubahan kebijakan AS masih menjadi fokus investor. “Dua pejabat Federal Reserve AS mengatakan pada hari Rabu bahwa pengurangan aset harus segera dimulai, terlalu dini untuk menaikkan suku bunga,” katanya.

Ia menambahkan bahwa Gubernur Fed Randal Quarles mengatakan dia mendukung langkah awal untuk memulai pengurangan aset pada November 2021, tetapi menambahkan bahwa meningkatnya tekanan inflasi yang dapat memerlukan respons kebijakan juga menjadi perhatian.

Baca Juga: Mandiri dengan Biaya Sendiri, 6 Tips Menabung untuk Modal Nikah

3. Proyeksi pergerakan rupiah

Rupiah Melemah ke Level Rp14.122 di Penutupan Hari IniIlustrasi Dollar dan Rupiah (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Ibrahim mengatakan walaupun dalam perdagangan sore ini rupiah ditutup melemah 54 poin, namun sebelumnya sempat melemah 75 poin. Sedangkan untuk perdagangan besok, ia menyebut mata uang rupiah kemungkinan akan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah.

“Di rentang Rp14.120-Rp14.160,” ujarnya.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya