Comscore Tracker

Gandeng Traveloka, Pemerintah Luncurkan Layanan Vaksinasi di Bandara

Vaksinasi di bandara berlangsung hingga 25 Juli 2021

Jakarta, IDN Times - Pemerintah bersama Traveloka resmi meluncurkan layanan vaksinasi di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Banten. Layanan ini akan berlangsung selama dua pekan, mulai hari ini hingga 25 Juli 2021.

Layanan Vaksinasi di Bandara merupakan kerja sama antara Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan-Kementerian Kesehatan (KKP-Kemenkes) Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II (Persero) Tbk, dan Traveloka.

"Kami berharap, layanan ini dapat membantu upaya pemerintah memperluas cakupan vaksinasi dan mempermudah masyarakat Indonesia dalam mendapatkan vaksinasi COVID-19, harapannya agar kekebalan komunal (herd immunity) dapat segera tercipta," kata Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, dr Maxi Rein Rondonuwu, dalam siaran pers, Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Sudah Vaksinasi COVID-19 tapi Belum Dapat Sertifikat? Coba Cara Ini

1. Waktu operasional layanan Vaksinasi di Bandara

Gandeng Traveloka, Pemerintah Luncurkan Layanan Vaksinasi di BandaraMasyarakat umum mengantri di Sentra Vaksinasi COVID-19 bertajuk “Vaksin di Bandara” di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (12/07/2021). (dok. Traveloka)

Layanan Vaksinasi di Bandara sudah dibuka per hari ini atau Senin hingga 25 Juli 2021. Layanan ini dibuka setiap hari sejak pukul 8 pagi hingga pukul 5 sore.

Adapun, yang menjadi target layanan Vaksinasi di Bandara adalah masyarakat umum dengan usia di atas 18 tahun, termasuk lansia dan tanpa syarat domisili.

"Targetnya adalah 14 ribu penerima vaksin untuk dosis pertama selama dua minggu periode pelaksanaan," kata dr Maxi.

Baca Juga: Bandara Soekarno-Hatta Buka Sentra Vaksinasi Bagi Calon Penumpang

2. Bandara jadi lokasi tepat digelarnya layanan vaksinasi

Gandeng Traveloka, Pemerintah Luncurkan Layanan Vaksinasi di BandaraVaksinasi di Bandara Soekarno Hatta. (dok: Angkasa Pura II)

Pemilihan bandara, utamanya Soekarno-Hatta tak terlepas dari lokasinya yang merupakan salah satu pintu keberangkatan dan kedatangan dengan lalu lintas cukup tinggi.

Di samping itu, kemudahan akses vaksinasi juga menjadi alasan lain dibuatnya layanan Vaksinasi di Bandara.

"Bandara merupakan gerbang bagi masyarakat yang harus bepergian ke kota lain dengan jumlah pengunjung harian yang cukup banyak. Oleh karena itu, dengan menghadirkan fasilitas vaksinasi di bandara diharapkan dapat memudahkan orang yang akan melakukan perjalanan untuk melindungi dirinya maupun daerah tujuannya," tutur Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Agus Haryadi.

Agus menambahkan, layanan Vaksinasi di Bandara tidak khusus untuk masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menggunakan pesawat, melainkan juga diperuntukkan bagi masyarakat umum.

"Termasuk masyarakat yang berada di wilayah sekitar bandara, guna mendorong terbentuknya herd immunity di Jabodetabek. Kami berharap inisiatif bersama ini dapat berkontribusi untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemik," ujar dia.

3. Cara mendaftar layanan Vaksinasi di Bandara

Gandeng Traveloka, Pemerintah Luncurkan Layanan Vaksinasi di BandaraMasyarakat umum mengantri di Sentra Vaksinasi COVID-19 bertajuk “Vaksin di Bandara” di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (12/07/2021). (dok. Traveloka)

Bagi kamu yang ingin mendaftar layanan Vaksinasi di Bandara dapat mengakses aplikasi Traveloka dengan memanfaatkan fitur Traveloka Xperience. Kemudian, kamu tinggal memilih tanggal dan jam kedatangan.

Traveloka juga menyediakan voucher senilai Rp150 ribu untuk produk Airport Transfer (selama persediaan masih ada) yang bisa kamu dapatkan setelah melakukan registrasi vaksinasi.

Hal itu akan mempermudah kamu, penerima vaksin untuk melakukan mobilisasi menuju lokasi vaksinasi di Bandara Soekarno-Hatta atau sebaliknya.

"Pemanfaatan teknologi di platform Traveloka memudahkan masyarakat untuk melakukan registrasi secara online dengan mengedepankan penjadwalan vaksinasi yang terstruktur guna menghindari penumpukan. Sebagai lifestyle superapp, kami percaya bahwa memperluas kolaborasi dan juga menghadirkan inovasi dan merupakan salah satu strategi dalam upaya bersama bangkit dari pandemik," ucap Director of Transport Traveloka, Iko Putera.

Baca Juga: Cara Cek Data Vaksinasi COVID-19, Ada Lokasi Vaksinasi Terdekat    

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya