Comscore Tracker

Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di Dunia

Dipilih atas empat faktor

Jakarta, IDN Times - Forbes baru saja merilis daftar 100 Perempuan berpengaruh di dunia untuk periode 2022. Dari 100 nama perempuan yang masuk dalam daftar tersebut, 61 orang di antaranya merupakan CEO, kepala negara, dan miliarder.

Sementara 39 sisanya terbagi atas musisi, taipan sektor teknologi, pengusaha, dan taipan media.

Dalam daftar tersebut, ada 11 orang perempuan dengan status miliarder yang jika hartanya dikombinasikan mencapai 115 miliar dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp1.796 triliun.

Baca Juga: Ada yang Terusik saat Sri Mulyani Ungkap Dana Pemda Ngendap di Bank

1. Ada 4 faktor utama yang jadi penilaian

Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di DuniaIlustrasi Perempuan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Forbes menuliskan, daftar 100 Perempuan paling berpengaruh di dunia didasarkan pada empat metrik utama, yakni uang, media, dampak, dan lingkup pengaruhnya.

Untuk para pemimpin di bidang politik, Forbes mengukurnya dari sisi produk domestik bruto (PDB) dan populasinya. Kemudian untuk para pimpinan perusahaan atau CEO, pendapatan perusahaan dan jumlah karyawan jadi faktor utamanya.

"Hasilnya adalah kumpulan wanita yang melawan status quo," tulis Forbes, dikutip dari situs resminya, Kamis (8/12/2022).

Baca Juga: Profil Nicke Widyawati, Dirut Pertamina yang Hobinya Kerja

2. Ada dua nama dari Indonesia yang masuk daftar Forbes

Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di DuniaMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat mengikuti Session 7 International Taxation dalam FMCBG G20 Indonesia (dok. Kemenkeu RI)

Dari tersebut, terselip dua nama Srikandi asal Indonesia. Kedua perempuan Indonesia tersebut adalah Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama Pertamina (Persero), Nicke Widyawati.

Kedua nama tersebut ada di 50 besar 100 Daftar Perempuan Terkuat di Dunia. Sri Mulyani menempati peringkat 47, sedangkan Nicke ada di peringkat 49.

Baca Juga: Suntik Mati PLTU Batu Bara, Sri Mulyani Siapkan Rencana Ini buat PLN

3. Penilaian Forbes untuk Sri Mulyani dan Nicke Widyawati

Sri Mulyani-Bos Pertamina Masuk Daftar 100 Wanita Berpengaruh di DuniaDirektur Pertamina Nicke Widyawati di Blok Rokan milik Pertamina, Riau, Senin (8/8/2022). (IDN Times/Uni Lubis)

Masuknya Sri Mulyani dan Nicke Widyawati dalam daftar 100 Perempuan Terkuat di Dunia 2022 bukannya tanpa alasan.

Dalam situsnya, Forbes mengakui kinerja apik Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan Indonesia.

"Sebagai menteri keuangan, Sri Mulyani berhasil meningkatkan pendapatan negara (Indonesia) melalui reformasi pajak melalui perluasan layanan e-filling dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak," sebut Forbes.

Sementara untuk Nicke Widyawati, Forbes menggarisbawahi kepemimpinannya di Pertamina. Selain itu, peran lainnya saat Presidensi G20 juga turut mendapat pengakuan dari Forbes.

"Pada 2022, ketika Indonesia menjadi Presidensi G20, Widyawati menjadi penjabat ketua gugus tugas energi," tulis Forbes.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya