Comscore Tracker

Telkom akan Beri Kompensasi ke Pelanggan IndiHome

Kompensasi diberikan terkait gangguan koneksi IndiHome

Jakarta, IDN Times - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom memastikan bakal memberikan kompensasi kepada pelanggan IndiHome yang terdampak gangguan internet sejak Minggu (19/9/2021) lalu.

Vice President Marketing Management Telkom, E Kurniawan menyampaikan kompensasi tersebut diberikan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Bagi pelanggan IndiHome yang terdampak, tentu kami akan memberikan kompensasi sesuai dengan ketentuan pada kontrak berlangganan masingmasing pelanggan," ujar Kurniawan, dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (23/9/2021).

1. Telkom memberikan bebas denda kepada pelanggan IndiHome

Telkom akan Beri Kompensasi ke Pelanggan IndiHomeIlustrasi pemancar sinyal Indihome (IDN Times/Besse Fadhilah)

Selain memberikan kompensasi, Kurniawan memastikan bahwa pihaknya juga memberikan keringanan terkait pembayaran tagihan IndiHome.

Telkom akan menghilangkan denda dan mengundurkan batas akhir pembayaran tagihan IndiHome.

"Selain itu, terkait dengan pembayaran tagihan IndiHome, Telkom akan memberlakukan kebijakan bebas denda dan pengunduran batas akhir pembayaran hingga 25 September 2021," kata Kurniawan.

Baca Juga: Internet IndiHome di Indonesia Timur Terganggu sampai Pagi Ini

2. Koneksi internet IndiHome sudah bisa digunakan untuk WFH dan LFH

Telkom akan Beri Kompensasi ke Pelanggan IndiHomeIndihome, ISP dari Telkom Group (indihome.co.id)

Di sisi lain, Kurniawan memastikan bahwa layanan internet IndiHome sudah bisa digunakan untuk work from home (WFH) dan learning from home (LFH) per 20 September kemarin.

Kurniawan pun menyayangkan gangguan kabel laut yang menyebabkan layanan internet Telkomsel dan IndiHome terganggu.

"Sejak tanggal 20 September, layanan telah dapat digunakan untuk kegiatan LFH dan WFH pelanggan. Tentunya Telkom pun tidak menginginkan terjadinya gangguan kabel laut yang mengakibatkan penurunan kualitas yang dirasakan pelanggan," ujarnya.

3. Upaya Telkom memperbaiki gangguan sistem komunikasi kabel laut

Telkom akan Beri Kompensasi ke Pelanggan IndiHomeLogo Telkom Indonesia (Website/telkom.co.id)

Dalam keterangan terpisah, Vice President Corporate Communication Telkom, Puji Pramono menerangkan bahwa pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas layanan sehubungan dengan adanya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa ruas Batam - Pontianak yang terjadi sejak 19 September lalu.

Upaya ini antara lain dengan peningkatan kapasitas jaringan melalui pengaktifan jalur back up dan alternatif khususnya untuk jalur komunikasi ke wilayah tertentu seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

"Upaya-upaya yang kami lakukan untuk peningkatan kualitas layanan antara lain dengan melakukan re-routing trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Di samping itu, juga melakukan penambahan kapasitas link untuk beberapa destinasi yang masih menunjukkan occupancy tinggi," ucap Pujo.

Sementara itu, untuk perbaikan kabel laut yang merupakan sumber gangguan, Telkom akan segera melakukan penyambungan kabel laut yang didahului berbagai persiapan.

Hal tersebut meliputi penyiapan cableship yang akan dioperasikan menuju titik gangguan untuk melakukan penyambungan, penyiapan peralatan, dan kelengkapan yang diperlukan serta pengajuan perizinan untuk pengerjaan perbaikan tersebut.

Adapun, proses perbaikan kabel laut yang terganggu diperkirakan akan berlangsung sekitar satu bulan lamanya.

Baca Juga: Indihome Trending di Twitter, Warganet Teriak Loading Lemot

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya