Comscore Tracker

Top! Pengumpulan Zakat di Tokopedia Selama Ramadan Tembus Rp13 Miliar

Penjualan produk fashion muslim meningkat 3 kali lipat

Jakarta, IDN Times - Tokopedia, salah satu marketplace terbesar Indonesia mencatat beberapa temuan menarik selama Ramadan 2021 yang baru berakhir sepekan silam. Temuan tersebut salah satunya adalah berkaitan dengan pengumpulan dana zakat, donasi, dan wakaf selama Ramadan.

"Selama Ramadan 2021, semangat masyarakat dalam berbagi dari rumah terus meningkat, terlihat dari jumlah zakat, donasi dan wakaf yang terkumpul di platform Tokopedia mencapai Rp13 miliar," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: 5 Fakta Menarik GoTo, Hasil Merger Gojek dan Tokopedia

1. Produk yang paling diminati selama Ramadan di Tokopedia

Top! Pengumpulan Zakat di Tokopedia Selama Ramadan Tembus Rp13 MiliarSub kategori Fashion Muslim di Tokopedia (Dok. Tokopedia)

Lebih lanjut Ekhel menjelaskan, Tokopedia juga turut mencatat tiga kategori paling populer selama Ramadan.

Ketiganya adalah Perabotan dan Perlengkapan Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Tubuh, serta Fashion.

"Khusus untuk kategori Fashion Muslim, transaksinya meningkat hampir empat kali lipat dibandingkan rata-rata bulanan 2021," ujar Ekhel.

Di sisi lain, Ekhel menjelaskan bahwa transaksi parsel melonjak lebih dari tiga kali lipat selama kampanye 'Parsel Ramadan' dibandingkan dengan bulan-bulan sebelum kampanye.

Ekhel mengibaratkan, butuh dua tahun bagi seorang kasir untuk menyelesaikan seluruh pesanan parsel yang dijual lewat Tokopedia guna menggambarkan betapa banyaknya produk parsel terjual selama Ramadan.

"Secara umum, lebih dari 100 ribu produk berbeda terjual dalam satu jam lewat Tokopedia selama Ramadan 2021," imbuhnya.

Baca Juga: Gojek-Tokopedia Jadi GoTo, Apa Keuntungan bagi Konsumen dan Mitra?

2. Salah satu UMKM mampu mendapatkan transaksi enam kali lipat selama Ramadan

Top! Pengumpulan Zakat di Tokopedia Selama Ramadan Tembus Rp13 MiliarIlustrasi rendang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Sementara itu, salah satu UMKM di Tokopedia berhasil meningkatkan penjualan selama Ramadan kemarin.

"Rendang Den Lapeh, salah satu pegiat usaha makanan halal, turut mencatat peningkatan transaksi hampir enam kali lipat selama Ramadan 2021 jika dibandingkan Ramadan 2020 lalu," kata Ekhel.

Hal itu didasari oleh upaya Tokopedia untuk mempermudah pembelian produk bersertifikat halal oleh masyarakat di platform-nya melalui ekosistem Tokopedia Salam.

Kemudahan tersebut merupakan hasil kolaborasi Tokopedia dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) selaku otoritas penerbit sertifikat halal resmi dari pemerintah dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) sebagai Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).

3. Fitur pengantaran sameday jadi favorit di Tokopedia selama Ramadan

Top! Pengumpulan Zakat di Tokopedia Selama Ramadan Tembus Rp13 Miliaryoutube.com/tokopedia - Iklan terbaru Tokopedia menyambut bulan Ramadan yang menampilkan Gojek sebagai kurir pengantaran barang

Temuan lain dari Tokopedia selama Ramadan adalah meningkatnya penggunaan fitur pengiriman instan atau same day di dalam salah satu metode pengantaran barang di Tokopedia.

"Data internal kami menyebutkan bahwa pengiriman same-day atau Instant menjadi layanan andalan masyarakat saat berbelanja kebutuhan Ramadan. Jika diakumulasi, pengguna bahkan dapat menghemat waktu pengiriman hingga 24 ribu tahun berkat layanan ini," jelas Ekhel

Baca Juga: Nilai Transaksi Zakat Maal Tokopedia Salam Meningkat 3 Kali Lipat

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya