Comscore Tracker

Top! Waskita Karya Siap Bangun Jalan 1.000 KM di Sudan Selatan

Proyek ditargetkan selesai pada 2027

Jakarta, IDN Times - PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) bersiap memulai proyek pembangunan jalan nasional di Sudan Selatan. Hal itu merupakan bagian rencana kerja Waskita Karya di pasar internasional pada tahun ini.

"Di market internasional, Waskita juga sedang dalam negosiasi final untuk proyek jalan nasional di Sudan Selatan. Mudah-mudahan akhir bulan ini delegasi Sudan Selatan bisa datang ke Indonesia," kata Direktur Operasi III WSKT, Gunadi dalam media gathering di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Waskita Karya Bangun Infrastruktur KA di Medan Rp508 Miliar

1. Panjang jalan yang dibangun Waskita Karya mencapai 1.000 kilometer

Top! Waskita Karya Siap Bangun Jalan 1.000 KM di Sudan SelatanGedung Waskita Karya (Dok. Istimewa)

Gunadi menambahkan, Waskita siap membangun jalan nasional di Sudan Selatan dengan panjang mencapai 1.000 kilometer. Jalan tersebut dibangun untuk melengkapi infrastruktur di Sudan Selatan yang baru saja meraih kemerdekaannya.

"Panjangnya 1.000 kilometer, tapi ini dibangun gak lurus begitu saja, seperti perempatan begitu. Kalau bisa disebut dibagi empat jadi per 250 kilometer," ujar Gunadi.

Baca Juga: PBB: 142 Orang Sudan Selatan Diduga Lakukan Kejahatan Perang

2. Besaran biaya pembangunan jalan nasional di Sudan Selatan

Top! Waskita Karya Siap Bangun Jalan 1.000 KM di Sudan SelatanIlustrasi Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Adapun untuk biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan tersebut berkisar antara Rp21 triliun hingga Rp25 triliun. Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut berasal dari penjualan minyak mentah Sudan Selatan ke Pertamina.

"Jadi bisa dibilang ini barter minyak dengan jalan. Sudan Selatan menjual minyak ke Pertamina kemudian duitnya dipakai buat bayar pembangunan jalan," kata Gunadi.

Baca Juga: Waskita Terlilit Utang Dapat Penjaminan dari PII, kok Garuda Enggak?

3. Pembangunan jalan nasional di Sudan Selatan ditargetkan rampung pada 2027

Top! Waskita Karya Siap Bangun Jalan 1.000 KM di Sudan SelatanIlustrasi pembangunan jalan tol. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

Gunadi melanjutkan, proses pembangunan jalan nasional di Sudan Selatan bakal memakan waktu hingga lima tahun mendatang.

"2027 rencananya rampung dan tahun ini Insya Allah dimulai pembangunannya. Akhir bulan ini akan signing contract," kata dia.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya