Comscore Tracker

YLKI Desak Pengelola Gratiskan Jalan Tol saat Banjir, Ini Alasannya

Tol BSD kerap banjir ketika hujan deras tiba

Jakarta, IDN Times - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi meminta kepada pengelola tol untuk menggratiskan tarif tol ketika mengalami banjir. Banjir di ruas tol dinilai Tulus sebagai sebuah pelanggaran terhadap hak konsumen.

Adapun yang dimaksud Tulus merupakan ruas tol langganan banjir, yakni Jalan Tol BSD. Bukan rahasia lagi jalan bebas hambatan yang jadi bagian dari ruas Tol Serpong-Pondok Aren tersebut kerap mengalami banjir kala hujan deras tiba seperti Selasa (4/10/2022) kemarin.

"Apapun alasannya, jalan tol yang banjir saat hujan tidak dibenarkan. Jelas melanggar hak konsumen sebagai pengguna jalan tol, maka saya meminta Menteri PUPR untuk gratiskan jalan tol saat banjir," ucap Tulu dalam keterangannya, Rabu (5/10/2022).

Baca Juga: Banjir Terus, Menteri Basuki Siap Evaluasi Jalan Tol BSD

1. Ruas tol tidak memenuhi SPM

YLKI Desak Pengelola Gratiskan Jalan Tol saat Banjir, Ini Alasannyailustrasi jalan tol (IDN Times/Sunariyah)

Tulus pun menambahkan, kondisi tersebut bisa menjadi alasan kuat untuk tidak menaikkan tarif tol yang rencananya bakal dilakukan akhir tahun ini.

Selain itu, banjir juga bisa jadi alasan bagi pemerintah untuk mengevaluasi tarif eksisting saat ini.

"Artinya, ruas tol tersebut tidak mampu memenuhi SPM (Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol alias tol tidak andal dan tidak keberlanjutan. Seharusnya hal ini menjadi perhatian Kementerian PUPR dan BPJT," beber Tulus.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Bangun Tol Bawah Laut di IKN Nusantara

2. Menteri PUPR siap evaluasi Tol BSD

YLKI Desak Pengelola Gratiskan Jalan Tol saat Banjir, Ini AlasannyaMenteri PUPR, Basuki Hadimuljono (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Sebelumnya diberitakan, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengaku bakal mengevaluasi Jalan Tol BSD lantaran kerap banjir ketika hujan deras tiba.

Basuki pun menambahkan, pihaknya menyiapkan sanksi yang nantinya akan bergantung dengan hasil evaluasi tersebut.

"Tol BSD sedang dievaluasi karena banjir terus, kita liat dulu banjir kenapa. Kalau sanksi liat penyebabnya dahulu. Saya lagi minta evaluasi kenapa. Saya belum tahu persis teknisnya. Evaluasinya sedang jalan," ucap Basuki kepada awak media ketika ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

3. Buka kemungkinan gratis

YLKI Desak Pengelola Gratiskan Jalan Tol saat Banjir, Ini AlasannyaIlustrasi Mobil Kebanjiran. (IDN Times/Aditya Pratama)

Basuki menambahkan, pengguna Jalan Tol BSD bisa mendapatkan kompensasi jika terjebak macet akibat banjir di sana.

Salah satu kompensasinya adalah dengan menggratiskan jalan tol tersebut kepada para pengguna.

"Kompensasi bisa gratis pas banjir trus jadi antre. Kalau macet karena banjir bisa kita kompensasi. Kesepakatan saja antara PUPR dengan asosiasi tol. Usulan apapun jadi masukan," beber Basuki.

Baca Juga: Sambut Presidensi G20, Jalan Tol Bali-Mandara Kini Dilengkapi PLTS

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya