Comscore Tracker

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!

BTN punya beragam produk KPR yang bisa kamu pilih

Jakarta, IDN Times - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk alias BTN menjadi salah satu bank yang terkenal dengan program kredit pemilikan rumah atau KPR. BTN pun memiliki beberapa program KPR yang bisa dinikmati oleh para nasabahnya.

Berdasarkan informasi di situs resminya, BTN memilik tujuh program utama yang berkaitan dengan KPR. Ketujuh program KPR tersebut adalah KPR Bantuan Pembiayaan Perumahan Berbasis Tabungan (BP2BT), KPR BTN Subsidi, KPR BTN Mikro, KPR BTN Platinum, Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN, dan Kredit Bangun Rumah.

Berikut ini penjelasan mengenai delapan program KPR yang ada di BTN seperti IDN Times kutip dari situs resmi BTN.

1. KPR BTN BP2BT

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi rumah KPR (IDN Times/Dwifantya Aquina)

KPR BTN BP2BT merupakan kredit kepemilikan rumah bersubsidi yang merupakan program kerja sama antara BTN dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

KPR ini diberikan bersama dengan subsidi uang muka kepada masyarakat yang telah mempunyai tabungan untuk pembelian rumah tapak dan pembangunan rumah swadaya.

Adapun subsidi bantuan uang muka yang bisa kamu peroleh melalui program KPR ini adalah hingga sebesar Rp32,4 juta. Uang muka minimal yang kamu bayarkan jika menggunakan program KPR ini adalah sebesar lima persen.

Suku bunga yang ditetapkan untuk KPR BTN BP2BT pada tahun pertama sebesar 10 persen, 11 persen pada tahun kedua, 12 persen pada tahun ketiga, dan floating dengan tetap memperhatikan batas tertinggi yang diterapkan pemerintah pada tahun keempat.

Tenor yang diberikan BTN untuk program KPR ini adalah hingga 20 tahun.

Baca Juga: Ini 17 Jenis Tabungan BTN yang Bisa Kamu Pilih, Siap Jadi Nasabah?

2. KPR BTN Subsidi

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi Rumah Subsidi/KPR (IDN Times/Dwifantya Aquina)

KPR BTN Subsidi merupakan program pemilikan rumah dari Kementerian PUPR yang ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Oleh karena itu, program KPR BTN menawarkan suku bunga rendah dan cicilan yang bisa digunakan untuk pembelian rumah tapak atau rumah susun (rusun).

Keunggulan program KPR BTN Subsidi yang pertama adalah uang muka ringan, yakni mulai dari satu persen. Kemudian, suku bunga yang diterapkan pun fixed lima persen sepanjang masa kredit atau hingga 20 tahun.

Kamu juga bisa mendapatkan subsidi bantuan uang muka sebesar Rp4 juta jika kamu menggunakan program KPR jenis ini untuk membeli rumah tapak.

3. KPR BTN Mikro

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi Kredit Cicilan Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

KPR BTN merupakan program dari BTN yang menawarkan kemudahan dalam membeli lahan atau rumah, membangun rumah, maupun renovasi rumah secara bertahap yang diprioritaskan untuk para pekerja informal.

Kemudahan yang bisa didapatkan dari program ini adalah kamu bisa melakukan pembayaran cicilan secara harian, mingguan, dan tentunya bulanan.

Kamu dapat mengajukan dan membayar cicilan KPR BTN Mikro langsung di outlet Bank BTN, Kantor Pos, dan Agen Laku Pandai.

Tenor atau jangka waktu yang diberikan untuk KPR BTN Mikro adalah sampai dengan 10 tahun. Adapun jumlah maksimal kredit yang bisa disetujui dalam program ini adalah Rp75 juta dengan suku bunga fixed sembilan persen sepanjang masa kredit.

4. KPR BTN Platinum

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi Kredit Cicilan Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

KPR BTN Platinum dapat digunakan untuk pembelian rumah dari pengembang atau non-pengembang, baik untuk pembelian rumah baru atau second, pembelian rumah siap huni atau indent, maupun take over kredit dari bank lain.

Plafon atau batas kredit yang bisa diambil pun bebas dan memiliki jangka waktu hingga 25 tahun. Pilihan pengembangnya pun beragam karena BTN bekerja sama dengan banyak pengembang dalam program KPR BTN Platinum.

5. Kredit Pemilikan Apartemen (KPA)

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi Apartemen (IDN Times/Anata)

Jika kamu lebih suka untuk memiliki unit apartemen maka program KPA BTN bisa jadi pilihan. KPA BTN digunakan untuk pembelian apartemen dari pengembang atau non-pengembang, baik untuk pembelian apartemen baru atau second, pembelian apartemen siap huni atau indent, maupun take over kredit dari bank lain.

Kamu bisa memanfaatkan program ini dengan tenor berkisar antara lima sampai 20 tahun dengan plafon kredit bebas semaumu. Keuntungan lain yang bisa kamu dapat dengan menggunakan KPA BTN adalah pemberian asuransi tambahan seperti asuransi kebakaran dan asuransi jiwa selama masa cicilan kredit.

6. Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi pegawai Bank BTN (kiri) memberikan penjelasan kepada calon debitur (kanan) penggunaan fitur dan manfaat dari aplikasi BTN Properti Apps untuk pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) secara daring di kantor Bank BTN Semarang, Jawa Tengah. IDN Times/Dhana Kencana

Kredit Agunan Rumah (KAR) BTN merupakan fasilitas kredit dari BTN yang dapat kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan konsumtif dengan menjaminkan rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan.

Plafon kredit yang disediakan pun bebas dengan tenor hingga 10 tahun. Kamu bisa memanfaatkan KAR BTN untuk berbagai macam kebutuhan seperti biaya renovasi rumah, biaya pendidikan anak, travelling, biaya ibadah haji, biaya beli kendaraan, atau keperluan lainnya.

7. Kredit Bangun Rumah BTN

Yuk Kenali Jenis-jenis KPR BTN!Ilustrasi Kredit Cicilan Rumah. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kredit Bangun Rumah BTN merupakan fasilitas kredit dari BTN yang bisa kamu gunakan jika ingin membangun rumah di atas tanah milikmu sendiri.

Kamu bisa meminta kredit dengan nominal yang sesuai dengan kebutuhan kamu karena BTN menerapkan plafon kredit bebas dalam program ini.

Adapun, tenor yang diberikan untuk program ini maksimal hingga 10 tahun.

Baca Juga: Syarat Pengajuan KPR BCA, Siapa Tahu Kamu Minat

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya