Comscore Tracker

Zulhas: Harga Ayam Terlalu Murah Kita Gak Suka

Peternak ayam bakal mengalami kerugian

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menyampaikan curahan hatinya soal harga ayam ras di pasar saat ini. Dia mengaku tidak senang dengan murahnya harga ayam ras belakangan ini.

Menteri yang karib disapa Zulhas itu mengutarakan, rata-rata harga ayam ras sekarang sebesar Rp26 ribu per kilogram. Harga tersebut turun 50 persen dibandingkan sebelumnya yang mencapai Rp52 ribu per kilogram.

"Harga ayam turun dari Rp52 ribu, ke Rp26 ribu, kalau ayam Rp20 ribu saya gak seneng kasihan peternak ayam," ucap Zulhas kala mengunjungi Pasar Tomang Barat, Jakarta, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Kunjungi Pasar Tomang Barat, Zulhas Klaim Jadi Menterinya Ibu-Ibu

1. Peternak ayam akan mengalami kerugian

Zulhas: Harga Ayam Terlalu Murah Kita Gak SukaIlustrasi ayam ternak. (pixabay.com/andreas goellner)

Zulhas pun menilai, dengan harga ayam yang turun cukup tinggi tersebut bakal membuat para peternak ayam mengalami kerugian.

Penyebabnya karena peternak ayam bisa mendapatkan harga di bawah Rp20.000 per kilogram.

"Kalau Rp26 ribu di pasar berarti grosir besar beli Rp20.00, grosir besar beli ke peternak ayam Rp15 ribu rugi karena pedagang ayam itu paling murah ulang pokok Rp19 ribu. Jadi kalau dia untung, jualnya Rp23 ribu - Rp24 ribu," tutur Zulhas.

Baca Juga: Ekonomi RI Tumbuh 5,44 Persen, Zulhas: Ditopang Ekspor

2. Harga ayam terus dijaga

Zulhas: Harga Ayam Terlalu Murah Kita Gak SukaSituasi di Pasar Ciputat, Tangsel selama PPKM Level 4, Sabtu (7/8/2021) - IDN Times - Ridwan Aji Pitoko

Oleh karena itu, Zulhas mengaku bakal terus menjaga harga ayam pada level yang tepat agar tidak merugikan pihak-pihak terkait seperti peternak, penjual, dan pembeli.

"Kalau ayam terlalu murah juga kita gak suka," kata dia.

3. Kondisi terkini harga ayam ras

Zulhas: Harga Ayam Terlalu Murah Kita Gak SukaSituasi di Pasar Ciputat, Tangsel selama PPKM Level 4, Sabtu (7/8/2021) - IDN Times - Ridwan Aji Pitoko

Kendati begitu, mengutip data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), rata-rata harga ayam ras segar di Indonesia per 18 Agustus 2022 adalah Rp34.650 per kilogram.

Harga ayam ras segar di tiap provinsi pun berkisar antara Rp23 ribu hingga Rp47 ribu per kilogramnya.

Adapun rerata harga ayam ras segar termurah ada di Gorontalo, yakni sebesar Rp23.500 per kilogram. Sementara rata-rata harga ayam ras segar tertinggi ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp47.700 per kilogram.

Baca Juga: Diragukan sebagai Mendag, Zulhas Pamer Pengalamannya Jadi Pengusaha

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya