Comscore Tracker

Zulhas Usulkan Dana Rp100 T ke Jokowi buat Beli Hasil Pertanian Lokal

Nantinya BUMN yang bertugas membeli hasil pertanian lokal

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan, mengaku mengusulkan dana Rp100 triliun kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Dana itu bakal digunakan untuk membeli hasil pertanian dari petani.

Lebih lanjut, pria yang karib disapa Zulhas itu menyampaikan, usulan tersebut disampaikan dirinya supaya petani bisa merasakan hidup yang lebih sejahtera. Selain itu, juga bisa menjadi cara agar pasokan bahan pokok seperti beras, jagung, dan lainnya terjaga dan harganya terjangkau.

"Petani kita itu dari 50 tahun tidak beranjak kesejahteraannya, sama saja. Nah, kita ingin agar petani itu mengurus pertanian saja, tidak usah mengurusi harga, kita akan atur itu. Sebanyak Rp100 triliun kita ajukan setahun," kata Zulhas dalam acara Kinerja 100 Hari Kerja Menteri Perdagangan di Kantor Kemendag, Jakarta, Minggu (25/9/2022).

1. BUMN akan serap hasil pertanian lokal

Zulhas Usulkan Dana Rp100 T ke Jokowi buat Beli Hasil Pertanian LokalLogo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Zulhas menambahkan, usulan tersebut telah disepakati oleh Presiden Jokowi. Adapun implementasinya adalah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan bertindak sebagai pihak yang menyerap hasil pertanian para petani lokal.

"Nanti ada RNI atau Bulog yang akan melakukan itu rencananya. Memang mesti duduk bareng lagi nanti," ujar dia.

Baca Juga: 100 Hari Jadi Mendag, Zulhas Pamer Turunkan Harga Minyak Goreng

2. Kebutuhan pangan nasional bisa tercukupi

Zulhas Usulkan Dana Rp100 T ke Jokowi buat Beli Hasil Pertanian Lokalilustrasi impor (IDN Times/Aditya Pratama)

Zulhas pun optimistis jika kebijakan tersebut direalisasikan sesuai rencana, maka kebutuhan pangan nasional bakal tercukupi.

Dengan begitu, pemerintah bisa meminimalisir impor pangan dari luar negeri.

"Saya yakin kita tidak akan impor jika pemerintah mengatur ini," ucap Zulhas.

3. Zulhas klaim berhasil turunkan harga minyak goreng dan bapok

Zulhas Usulkan Dana Rp100 T ke Jokowi buat Beli Hasil Pertanian Lokalilustrasi minyak goreng. (IDN Times/Sunariyah)

Sebelumnya diberitakan, Zulhas mengklaim berhasil menurunkan harga minyak goreng dan bahan pokok (bapok) selama 100 hari kerjanya sebagai Mendag.

Harga minyak goreng curah telah berangsur turun menjadi Rp13.800 per liter yang juga ada di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) pada 21 September 2022. Angka tersebut turun 15,24 persen dibandingkan 15 Juni 2022 yang mencapai Rp16.400 per liter.

"Sekarang rata-rata Rp13.800. Papua dan Maluki sudah Rp14 ribu, tapi di perkotaan kalau yang di gunung beda lagi, karena mengangkutnya pakai pesawat," kata Zulhas.

Zulhas menambahkan, pihaknya juga berhasil mendistribusikan minyak goreng rakyat ke seluruh Indonesia yang diberi nama MINYAKITA sesuai HET.

Di sisi lain, Zulhas juga mengklaim berhasil menurunkan harga sejumlah bahan pokok (bapok). Hal tersebut juga menjadi tugas yang diberikan oleh Jokowi kepada dirinya sebagai Mendag.

Mantan Ketua MPR RI itu mengatakan, harga daging sapi kini ada di rentang Rp120 ribu hingga Rp150 ribu per kilogram. Lalu harga cabai rata-rata Rp50 ribu sampai Rp60 ribu per kilogram. Kemudian, harga bawang stabil pada level Rp30 ribu per kilogram.

Sementara itu, harga telur ayam ada pada kisaran Rp27 ribu hingga Rp28 ribu per kilogram.

"Kalau daging ayam itu harus paling murah Rp35 ribu karena modalnya itu Rp24 ribu. Kalau di bawah itu rugi peternak ayam," ucap Zulhas.

Baca Juga: Rayu Bos Pabrik Nike Buka Cabang di Lampung, Zulhas: Itu Kampung Saya

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya