Comscore Tracker

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui Instagram

Dijamin untung! #4GPlusKuat #MakinKuatInternetan

Bisnis online saat ini menjadi perhatian khusus para pelaku usaha. Salah satunya cara menjalankan bisnis ini adalah dengan menggunakan platform Instagram.

Instagram banyak dipilih oleh para pelaku bisnis karena terbilang mudah mengoperasikannya dan murah. Namun terkadang ada beberapa pelaku bisnis yang belum bisa memaksimalkannya dengan baik. Padahal jika dimaksimalkan, Instagram bisa menjadi sebuah senjata powerfull dalam dunia bisnis online lho.

Buat kamu yang sedang berbisnis dan ingin memaksimalkan Intagram untuk bisnis, kamu bisa ikuti 8 tips di bawah ini agar bisnis online kamu sukses di Instagram.

1. Pastikan kualitas foto bagus

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramUnsplash.com/Eaters Collective

Instagram isi utamanya adalah foto. Kamu akan sulit menarik perhatian calon konsumen jika foto produk yang kamu pasang di Instagram kurang menarik. Salah satu yang harus diperhatikan adalah kualitas pengambilan gambar untuk produk kamu.

Tak perlu ragu untuk mengeluarkan sedikit modal guna membeli kamera yang mumpuni atau ponsel dengan kamera yang bagus untuk menghasilkan foto Instagram yang lebih berkualitas. Pahami juga dasar-dasar pengambilan foto agar produk yang kamu jual lebih menggoda.

Jika kamu tidak sempat melakukan itu semua, kamu bisa alokasikan dana untuk menyewa fotografer profesional yang khusus memfoto produk.

2. Buat konten yang mengundang interaksi

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui Instagramunsplash.com/S O C I A L . C U T

Kreativitas dalam pembuatan konten menjadi bekal utama bersaing di Instagram. Konten-konten yang menarik dan mengundang interaksi dari netizen perlu kamu dan tim pikirkan guna mengisi akun Instagram kamu.

Konten tersebut bisa berupa hal-hal yang sedang hits saat ini, video lucu yang berkaitan dengan produk, atau tebak-tebakan sederhanya yang mengundang para netizen untuk berkomentar atau sekadar memberikan like ke postingan kamu.

Nggak melulu harus selalu posting tentang produk yang kamu jual, setidaknya kamu bisa menarik awareness dari netizen terlebih dulu dengan konten interaktif dan selanjutnya menjual pelan-pelan produk yang kamu tawarkan.

3. Buat caption yang membuat pembeli tertarik

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramPexels.com/Pixabay

Nggak cuma foto atau video untuk menarik konsumen, tapi juga dibantu dengan tulisan berupa caption yang bagus agar orang lebih jelas memahami makna dari konten yang kamu posting. 

Sesuaikan bahasa caption dengan target market produk yang kamu jual. Jika target marketnya anak muda, tentu bahasa-bahasa gaul dan kekinian akan lebih menarik. Sebaliknya jika target marketnya kalangan atas atau orang tua, maka bahasa yang sopan dan lebih elegan menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Pelajari teknik copywriting sehingga caption yang kamu tulis bisa lebih menarik dan tidak terasa seperti kamu sedang berjualan. Kamu bisa mengawalinya dengan menceritakan pengalaman atau suatu hal yang sedang terjadi lalu pelan-pelan menawarkan produk yang tentu berhubungan dengan apa yang kamu ceritakan sebelumnya.

Memang diperlukan latihan dan pengamatan bagaimana interaksi dari netizen atas apa yang kamu tuliskan di caption dengan teknik copywriting ini. Tuliskan juga hashtag yang berhubungan dengan konten dan barang yang kamu jual agar mempermudah orang lain untuk melakukan pencarian ke konten yang kamu buat.

4. Buat promo-promo yang cocok dengan pengguna Instagram

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramPixabay.com/nastya_gepp

Siapa yang nggak suka dengan promo? Setiap orang termasuk konsumen produkmu suka dengan promo. Alokasikan dana dan waktu untuk membuat promo produkmu dan integrasikan ke Instagram promo-promo tersebut.

Kamu bisa menjual produk dengan diskon saat pembelimu berkunjung ke toko dengan menunjukan kalau pembeli sudah follow akun Instagram bisnismu. Kamu juga bisa membuat program berhadiah dengan syarat follow, like, share, komentar dan tag di akun Instagram bisnismu untuk semakin menambah interaksi di akun Instagram kamu.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat Instagram kamu ramai sekaligus produk yang kamu tawarkan terjual lho.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Membangun Bisnis Online untuk Pemula

5. Manfaatkan IG TV dan IG Story

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramPixabay.com/raphaelsilva

Instagram memiliki fitur yang menyenangkan seperti IG Story dan IG TV. Kamu bisa memanfaatkan kedua fitur ini untuk berjualan atau sekadar memberikan brand awareness pada orang lain.

Kamu bisa membuat video iklan hard selling maupun soft selling di IG Story atau IG TV. Kamu juga bisa melakukan update suasana toko kamu atau posting foto-foto konsumen yang hari ini sudah berbelanja di toko kamu. 

Selain bermanfaat sebagai konten agar Instagram kamu aktif, hal ini juga bisa menambah kepercayaan calon konsumen untuk semakin yakin membeli produk yang kamu jual.

6. Beriklanlah

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramPexels.com/Pixabay

Instagram juga memiliki fitur berupa iklan berbayar yang disebut Instagram ads. Cara menggunakannya kamu harus memastikan sudah mengubah setelan akun kamu menjadi akun bisnis dan menekan tombol promote yang muncul.

Instagram ads ini akan menampilkan konten Instagram kamu ke beranda Instagram pengguna lain dengan pengaturan target yang bisa kamu tentukan mulai dari usia, jenis kelamin, tempat tinggal hingga kesenangan konsumen yang kamu targetkan untuk melihat postingan kamu.vKamu tentu juga sering melihat postingan iklan dengan tulisan "bersponsor" di atasnya, bukan?

Jika target yang kamu setting sudah tepat dengan barang yang kamu jual. Bukan tidak mungkin, orang yang melihat iklanmu akan tertarik mengunjungi akunmu dan membeli produk yang kamu jual.

Tarif Instagram ads juga murah, mulai Rp 10 ribu kamu sudah bisa beriklan menggunakan Instagram. Semakin besar uang yang kamu alokasikan untuk iklan, maka akan semakin luas jangkauan iklan yang akan disebarkan oleh Instagram. 

7. Selalu balas komentar dan DM yang masuk

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramPixabay.com/pettycon

Semua usaha untuk meningkatkan interaksi sudah kamu lakukan di Instagram, calon konsumen pun mulai berdatangan di akun Instagram kamu. Kesalahan pemilik bisnis kebanyakan adalah mengabaikan komentar dan DM Instagram yang masuk karena tidak sempat membalasnya.

Padahal mereka ada kemungkinan besar untuk membeli produk kamu karena sudah mau menyempatkan untuk berkomentar bahkan mengirimi pesan langsung ke akunmu. Sebaiknya kamu jangan pernah mengabaikan komentar dan pesan yang dikirim calon konsumenmu.

Fast response dan menggunakan bahasa yang menyenangkan adalah nilai lebih agar calon konsumenmu tidak kabur ke online shop lain karena pelayanan yang diberikan dirasa kurang maksimal.

8. Pastikan jaringan internet kamu kuat

8 Tips Jitu Maksimalkan Bisnis Online Melalui InstagramInstagram.com/im3ooredoo

Untuk menunjang itu semua tentu diperlukan jaringan internet yang kuat agar laju bisnis online tetap terjaga. IM3 Ooredoo menjadi pilihan yang tepat karena menawarkan #4GPlusKuat dengan jaringan yang tersebar ke 80% wilayah Indonesia dan akan semakin bertambah.

Kamu juga akan #MakinKuatInternetan untuk membuat konten menarik di Instagram dan melihat referensi konten yang bagus dengan kuota unlimited dari IM3 Ooredoo. Rasakan nikmatnya berjualan online dengan dukungan internet gesit IM3 Ooredoo. Cek jangkauan jaringan internet kuat IM3 Ooredoo sekarang juga di link https://indosatooredoo.com/4gplus, ya!

Yuk, tunggu apalagi untuk melejitkan dan menjangkau orang lebih banyak dengan Instagram dan internet #4GPlusKuat dari IM3 Ooredoo!

Baca Juga: Sulit Cari Makanan Ideal, Survivor Autoimun Bisnis Katering Sehat 

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

24
MEI
2019
19 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You