Comscore Tracker

Warung Pintar: Kolaborasi Sangat Dibutuhkan untuk Hadapi COVID-19

Salah satunya melalui gerakan Indonesia PASTI BISA

Jakarta, IDN Times - Sudah satu bulan lebih sejak diumumkannya kasus COVID-19 pertama di Indonesia, berbagai langkah terus dilakukan untuk menekan penyebaran COVID-19 di masyarakat. Yang terbaru adalah kebijakan PSBB yang per Jumat (10/4) mulai diterapkan pertama kali di DKI Jakarta.

Tak hanya menuntut solusi dari pemerintah, berbagai pihak ikut berusaha memberikan kontribusinya dalam menghadapi pandemi ini. Salah satunya adalah perusahaan teknologi Warung Pintar yang ikut terlibat dalam gerakan penggalangan dana Indonesia PASTI BISA.

Baca Juga: NUSANTARA TFRIC-19, Test-Kit Corona Buatan Lokal Lolos Uji Prototipe

1. Penggalangan dana untuk riset dan produksi test-kit COVID-19

Warung Pintar: Kolaborasi Sangat Dibutuhkan untuk Hadapi COVID-19IDN Times/East Venture

Indonesia PASTI BISA merupakan gerakan penggalangan dana yang diinisiasi sebuah perusahaan modal ventura asal Indonesia, East Ventures. Dikutip dari situs resmi www.indonesiapastibisa.com, dana yang terkumpul dari gerakan ini akan disalurkan Task Force Riset dan Inovasi Teknologi untuk Penanganan COVID-19 (TFRIC19). Saat ini, TFRIC19 sedang mengembangkan test-kit COVID-19 buatan lokal dan sudah memasuki tahap produksi. Selain itu, penelitian ini juga akan dikembangkan untuk memproduksi vaksin COVID-19.

2. Kolaborasi dan partisipasi dibutuhkan untuk hadapi COVID-19

Warung Pintar: Kolaborasi Sangat Dibutuhkan untuk Hadapi COVID-19Dok. Warung Pintar

Warung Pintar melihat gerakan Indonesia PASTI BISA berbeda dengan inisiatif lainnya yang sudah ada. Dilihat dari keberhasilannya merangkul berbagai pihak mulai dari penggalangan dana hingga pemanfaatan, serta pendekatan yang sifatnya holistik dalam menggunakan dana yang terhimpun.

Dikutip dari pernyataan tertulis yang diterima IDN Times, Agung Bezharie Hadinegoro, CEO & Co-Founder Warung Pintar menjelaskan, “Disertai oleh semangat gotong royong yang senantiasa kami usung serta kesamaan visi dan misi untuk terus menciptakan solusi yang berkelanjutan dan jangka panjang, kami pun turut ambil bagian dalam Gerakan Indonesia Pasti Bisa sebagai langkah awal untuk penanganan COVID-19, khususnya di Indonesia.”

Baca Juga: Target Pendistribusian Test-Kit NUSANTARA TFRIC-19 

3. Perusahaan teknologi yang memberdayakan usaha warung

Warung Pintar: Kolaborasi Sangat Dibutuhkan untuk Hadapi COVID-19IDN Times/Beautiful Banyuwangi

Warung Pintar merupakan sebuah perusahaan teknologi yang fokus mentransformasi usaha warung melalui teknologi. Warung yang lahir dari masyarakat akar rumput dinilai memiliki potensi dan peran penting untuk menggerakkan perekonomian Indonesia.

“Didasari oleh visi untuk menjadi golden standard bagi bisnis mikro di Indonesia, kami berupaya untuk menciptakan ekosistem yang mendorong warung dan para pemiliknya agar terus tumbuh serta memberikan akses seluas-luasnya bagi setiap lapisan masyarakat dalam memulai bisnisnya,” jelas Agung.

4. Warung Pintar membentuk Tim Business Continuity Effort untuk hadapi COVID-19

Warung Pintar: Kolaborasi Sangat Dibutuhkan untuk Hadapi COVID-19Penggunaan masker di pasar tradisional. IDN Times/Debbie Sutrisno

Pandemi COVID-19 ini tentunya secara langsung mempengaruhi Warung Pintar, termasuk para pengusaha warung yang dinaunginya. Selain melalui dukungan terhadap gerakan Indonesia PASTI BISA, beberapa inisiatif lain juga telah dilakukan dalam ekosistem Warung Pintar. Misalnya pembentukkan Tim Business Continuity Effort yang bertugas menjaga kestabilan bisnis, keberlangsungan kegiatan operasional, hingga membantu supply barang ke warung-warung untuk membantu kelangsungan bisnis warung di tengah pandemi ini.

Lalu upaya edukasi bagi para pemilik warung mengenai perkembangan isu COVID-19 juga dilakukan melalui Komunitas Pintar yang memberikan materi virtual mulai dari strategi berdagang hingga tips menjaga kesehatan dan kebersihan.

“Tidak ada kata terlambat untuk bergotong royong karena partisipasi sekecil apapun pasti akan memberikan dampak yang begitu besar, mulai dari memaksimalkan produktivitas dengan bekerja dari rumah, menjaga kebersihan tubuh, memenuhi kebutuhan sehari-hari dari warung terdekat, hingga ambil bagian di gerakan Indonesia PASTI BISA,” ungkap Agung.

Topic:

  • Saraya Adzani

Berita Terkini Lainnya