Comscore Tracker

3 Juni Hari Pasar Modal Indonesia: Ini Pengertian dan Sejarahnya 

Sudah ada sejak Batavia!

Jakarta, IDN Times - Bagi perusahaan, pasar modal merupakan kegiatan yang sangat penting. Kegiatan ini berkaitan dengan pemberian modal dari investor yang dapat memberikan efek terhadap perusahaan tersebut. Maka dari itu, pasar modal pun hadir sebagai perantara antara perusahaan dengan para investor.

Pasar modal di Indonesia telah ada sejak 1912, namun operasionalnya sempat terhenti akibat perang. Pasar modal lalu kembali dibuka pada 3 Juni 1953. Maka dari itu, hari ini pun ditetapkan sebagai Hari Pasar Modal Indonesia.

Simak beberapa sejarah terkait hari peringatan ini pada artikel ini.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Menjadi Investor Pasar Modal 

1. Pengertian pasar modal

3 Juni Hari Pasar Modal Indonesia: Ini Pengertian dan Sejarahnya IDN Times/Auriga Agustina

Pasar modal merupakan kegiatan yang berhubungan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkan, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar modal juga menyediakan berbagai macam alternatif bagi para investor untuk berinvestasi dalam bentuk emas, asuransi, tanah, dan lain sebagainya.

Sedangkan bursa efek merupakan pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka.

Baca Juga: 5 Langkah Panduan Investasi di Pasar Modal bagi Pemula, yuk Mulai!

2. Peran pasar modal

3 Juni Hari Pasar Modal Indonesia: Ini Pengertian dan Sejarahnya ilustrasi Bursa Efek Indonesia (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Pasar modal memiliki peran penting bagi perekonomian negara. Hal ini karena pasar modal adalah sarana bertemunya perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah) yang membutuhkan dana dari masyarakat untuk pengembangan usaha, ekspansi, penambahan modal kerja dan lain-lain dengan masyarakat yang hendak menginvestasikan dana mereka.

Pasar modal juga berfungsi untuk meningkatkan dan menghubungkan aliran dana jangka panjang yang sesuai dengan kriteria pasarnya secara efisien dan akan menunjang pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan.

Baca Juga: Investor Pasar Modal Naik Signifikan di 2021, Edukasi BEI Jadi Kunci!

3. Sejarah Hari Pasar Modal Indonesia

3 Juni Hari Pasar Modal Indonesia: Ini Pengertian dan Sejarahnya Youtube/DutchDocuChannel

Pasar modal telah ada di Indonesia sejak 1912. Pada tahun tersebut, pasar modal hadir untuk kepentingan pemerintah kolonial Belanda atau VOC.

Pada 1914-1918 dan 1939-1952, Bursa Efek Indonesia sempat ditutup akibat dari perang dunia I dan perang dunia II. Perang tersebut mengakibatkan turunnya Pasar Modal di Indonesia.

3 Juni 1952 merupakan hari di mana Bursa Efek Indonesia kembali dibuka setelah beberapa kali ditutup akibat perang dunia I dan II. Dengan demikian, tanggal tersebut ditetapkan sebagai Hari Pasar Modal di Indonesia.

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya