Comscore Tracker

7 Film tentang Bisnis yang Inspiratif, Bukan Hiburan Semata!

Didominasi film biopik

Percaya atau tidak, inspirasi dan motivasi bisnis bisa datang dari film. Baik fiksi maupun biopik, film tentang bisnis biasa mengisahkan perjuangan pengusaha dalam merintis bisnis hingga meraih kesuksesan.

Meski tak sepopuler film pahlawan super, film tentang bisnis memiliki tempat tersendiri bagi pecinta film. Menariknya, tak sedikit yang meraih penghargaan bergengsi berkat ceritanya yang apik.

Tak hanya untuk orang dewasa, beberapa film yang membahas jatuh bangun para pengusaha di dunia bisnis juga bisa dinikmati oleh remaja. Untung-untung sebagai hiburan, isi waktu luangmu dengan menyaksikan tujuh rekomendasi film tentang bisnis yang telah dirangkum IDN Times berikut ini, yuk.

Baca Juga: 5 Motivasi untuk Meningkatkan Semangat dalam Meraih Kesuksesan Bisnis

1. Margin Call

https://www.youtube.com/embed/IjZ-ke1kJrA

Disutradarai J.C. Chandor, Margin Call mengambil latar 24 jam sebelum krisis ekonomi Amerika Serikat (AS) di tahun 2008. Film tentang bisnis ini menampilkan dengan gamblang sejumlah dalang di balik runtuhnya bisnis perumahan di Amerika.

Dirilis pada tahun 2011, Margin Call dibintangi sejumlah pemeran papan atas, seperti Jeremy Irons, Stanley Tucci, dan Demi Moore. Dengan alur yang dikemas rapi, tak mengherankan film tentang bisnis ini memperoleh nominasi Oscar dan ulasan positif dari kritikus film.

Margin Call menitikberatkan keserakahan dan kelicikan umat manusia. Film tentang bisnis ini memotivasimu untuk menjadi pengusaha jujur.

2. Moneyball

https://www.youtube.com/embed/-4QPVo0UIzc

Moneyball menggabungkan nuansa olahraga dan bisnis yang sejatinya tak pernah terpisahkan. Film yang disutradarai oleh Bennett Miller ini fokus pada perjuangan manajer tim baseball Billy Beane (Brad Pitt) dalam mempertahankan tim asuhannya.

Dulu sempat diunggulkan, tim yang Billy latih perlahan kehilangan kekuatan karena sejumlah pemain unggul diambil tim-tim besar. Alhasil, dengan anggaran seadannya, dia berusaha mencari pemain kelas dua yang memiliki mental juara untuk bergabung dalam timnya.

Selain mengajarkan bahwa uang bukanlah segalanya, Moneyball ini mengajarkan bahwa usaha tidak menghianati hasil. Kerennya lagi, film tentang bisnis ini sukses menyabet enam nominasi Oscar berkat jalan cerita yang menarik dan totalitas pemerannya.

Baca Juga: 5 Perbedaan Spanduk dan Banner untuk Promosi Bisnis

3. The Wolf of Wall Street

https://www.youtube.com/embed/iszwuX1AK6A

Diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, film biopik The Wolf of Wall Street mengisahkan kejayaan pialang saham Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio) hingga kehancurannya karena terlibat skandal kejahatan.

Demi meraih kesuksesan, Jordan rela memainkan cara kotor, termasuk menipu dan menyuap. Meski berhasil mengumpulkan pundi-pundi kekayaan, pada akhirnya Jordan harus dihadapkan pada konsekuensi atas praktik bisnisnya yang curang.

The Wolf of Wall Street  membuktikan kesuksesan yang diraih secara curang hanya akan bertahan sementara. Menariknya, film tentang bisnis ini berhasil mengumpulkan lima nominasi Oscar berkat alur cerita yang dibawakan secara unik sehingga membekas di hati.

4. Chef

https://www.youtube.com/embed/qK-ZUFX5fnk

Ingin berbisnis kuliner tapi bingung mulai dari mana? Yuk, tonton film Chef untuk mendapatkan inspirasi bisnis. Dirilis pada tahun 2014, film tentang bisnis ini mengulik kisah koki Carl Casper (Jon Favreau) dalam menjalankan usaha kuliner lewat food truck.

Bersama putra semata wayang dan rekannya, Carl berkeliling negara bagian demi memasarkan bisnis kulinernya. Pada akhirnya, Carl tak hanya mengantongi banyak cuan, tapi juga berhasil hadir dalam kehidupan putra dan mantan istrinya kembali.  

Film besutan sutradara Jon Favreau ini menggabungkan genre petualangan dan komedi sehingga ideal untuk menaikkan suasana hati. Biar makin asyik, jangan tonton sendirian!

Baca Juga: 10 Ide Bisnis Daur Ulang Limbah yang Berpotensi Cuan

5. Joy

https://www.youtube.com/embed/uR-2TiQVY-k

Diperankan oleh aktris kawakan Jennifer Lawrence, Joy mengawali kisahnya dengan penemuan alat pel bernama Miracle Mop. Seiring berjalannya waktu, Joy berhasil memiliki paten atas 100 penemuan dan sukses memasarkan jutaan produk milikinya melalui acara Home Shopping Network milik QVC.

Film tentang bisnis ini menunjukkan bahwa perjalanan bisnis tidak selalu berjalan mulus. Tapi, ada keluarga yang memberi suntikan semangat agar bisa bangkit kembali.

6. The Big Short

https://www.youtube.com/embed/vgqG3ITMv1Q

Tak beda jauh dari Margin Call, The Big Short mengambil latar krisis ekonomi Amerika pada tahun 2007-2008 yang dipicu oleh penggelembungan kredit rumah yang sangat tinggi. Meski begitu, analis bisnis memprediksi akan muncul kenaikan finansial kembali sehingga menyebabkan beberapa investor nekat bertaruh untuk menanamkan investasi besar-besaran.

Film garapan sutradara Adam McKay ini terbagi dalam tiga cerita berbeda yang saling berkaitan. Berkat pengemasannya yang kompleks, film tentang bisnis ini berhasil menyandang Best Writing, Adapted Screenplay di ajang piala Oscar.

Menariknya, kamu bisa menemukan sejumlah nama besar yang membintangi The Big Short, seperti Christian Bale, Steve Carell, Ryan Gosling, dan Brad Pitt. Melalui film tentang bisnis ini, kamu bisa belajar untuk tidak hanya lebih cermat dalam menganalisis pasar, tapi juga memuat keputusan besar.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Digital dengan Potensi Penghasilan Tanpa Batas, Cobain!

7. The Founder

https://www.youtube.com/embed/AX2uz2XYkbo

Siapa yang tak mengenal restoran cepat saji terbesar di dunia McDonald? Rupanya, ada film yang mengangkat kisah hidup pendiri McDonald, Richard dan Maurice McDonald, bernama The Founder.

Dalam film tentang bisnis ini, Michael Keaton berperan sebagai Ray Kroc, mantan sales keliling yang berjuang mengembangkan bisnis restoran cepat saji hingga mencapai kesuksesan meski diterpa berbagai persoalan. 

Pesan penting mengenai bisnis yang ingin disampaikan The Founder adalah pebisnis harus terus berinovasi dan memecahkan setiap masalah dengan kepala dingin. Tak cuma itu, kamu bisa belajar cara bernegosiasi dalam berbisnis lewat film yang disutradarai oleh John Lee Hancock ini.

Tujuh film tentang bisnis di atas membuktikan bahwa kesuksesan bisa diraih oleh siapa saja. selain menghibur, film-film di atas dapat mendorong lahirnya ide-ide baru dalam berbisnis. Yang terpenting, siapkan mental dan jangan mudah menyerah untuk memulai usaha. 

Baca Juga: 5 Contoh Segmentasi Pasar, Penting agar Target Konsumen Tepat Sasaran!

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya