Comscore Tracker

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!

Pebisnis pemula wajib tahu

Promosi menjadi aspek yang sangat penting dalam menjalankan usaha, baik di bidang usaha jasa maupun dagang. Tak hanya memperkenalkan produk, promosi juga berfungsi untuk menggaet konsumen agar tertarik menggunakan produk yang ditawarkan.

Terdapat begitu banyak manfaat promosi yang bisa kamu dapatkan bila melakukannya dengan strategi yang tepat. Sebelum melakukan promosi, kamu perlu melalui proses perencanaan, pengamatan, hingga pendanaan. Dengan persiapan yang matang, promosi yang dijalankan dapat berdampak positif pada usaha.

Tak hanya mendatangkan keuntungan, apa saja 7 manfaat promosi untuk bisnis yang baru saja dirintis? Simak informasinya di bawah ini.

1. Membangun branding usaha

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Membangun branding usaha sebagai manfaat promosi (canva.com)

Membangun branding usaha dapat dilakukan melalui promosi. Bagi pebisnis pemula, hal ini tak boleh dilewatkan. Terlebih, manfaat promosi ini memudahkan produk diingat dan dikenali calon konsumen.

Terlepas dari desain logo dan produk yang menarik, akan sulit membangun branding yang tepat tanpa promosi. Karenanya, penting untuk mempromosikan produk agar tingkat visibilitas merek dagang meningkat. Dengan begitu, konsumen mengetahui keberadaan merek dan produk usahamu.

2. Memaksimalkan brand awareness

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Memaksimalkan brand awareness sebagai manfaat promosi (canva.com)

Tak hanya membangun branding usaha, manfaat promosi juga termasuk meningkatkan brand awareness. Hal ini cukup membantu terlebih ketika kamu baru saja menambah stok barang atau merilis produk terbaru.

Dengan manfaat promosi ini, kamu bisa menyampaikan informasi ini dengan lebih mudah dan efisien pada pelanggan. Alhasil, pelanggan bisa mengetahui produk terbaru atau stok yang ditambahkan.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Website Toko Online secara Mandiri, Yuk Coba!

3. Menarik pelanggan baru

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Menarik pelanggan baru sebagai manfaat promosi (canva.com)

Tak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan, promosi juga dikenal efektif menarik pelanggan baru. Terlebih bila diskon yang ditawarkan terlihat menggiurkan bagi pelanggan.

Manfaat promosi ini menjadikan pelanggan tak ragu untuk membeli produk maupun menggunakan jasa yang kamu miliki. Meski begitu, penting untuk menetapkan target pasar yang tepat sebelum mulai menjalankan promosi.

Misalnya, bila kamu tertarik menggaet pelanggan baru dari kalangan remaja, ada baiknya kamu menggunakan bahasa yang tidak kaku dan didukung ilustrasi kekinian.

4. Menciptakan komunikasi

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Menciptakan komunikasi sebagai manfaat promosi (canva.com)

Melalui promosi, kamu dapat menciptakan komunikasi dengan pelanggan, baik yang lama maupun baru. Manfaat promosi ini menarik minat pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan.

Yang terpenting, usahakan untuk tetap ramah ketika berinteraksi. Terlebih kamu akan berhadapan dengan pelanggan berbeda setiap harinya. Sikap yang kamu tunjukkan akan mempengaruhi ketertarikan pelanggan untuk membeli produk.

Baca Juga: 5 Perbedaan Refund dan Return yang Mudahkan Pengembalian Produk!

5. Meningkatkan loyalitas

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Meningkatkan loyalitas sebagai manfaat promosi (canva.com)

Percaya atau tidak, promosi mampu meningkatkan loyalitas pelanggan. Dengan strategi promosi yang tepat, besar kemungkinan pelanggan akan melakukan repeat order atau memesan produk kembali.

Manfaat promosi ini dapat meningkatkan keuntungan penjualan. Untuk menghemat waktu dan tenaga, kamu bisa menerapkan promosi ini melalui chat atau strategi email marketing.

6. Memperluas marketing tradisional

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Memperluas marketing tradisional sebagai manfaat promosi (canva.com)

Promosi membuka peluang marketing tradisional yang masih diterapkan hingga kini. Adapun marketing tradisional merujuk pada sistem pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Manfaat promosi ini memperluas jangkauan bisnis. Dengan begitu, tak menutup kemungkinan konsumen baru tertarik membeli produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga: 8 Skill Admin Online Shop yang Perlu Kamu Kuasai, Auto Direkrut!

7. Meningkatkan penjualan

7 Manfaat Promosi untuk Bisnis, Ampuh Tingkatkan Penjualan!Meningkatkan penjualan sebagai manfaat promosi (canva.com)

Bila dilakukan secara optimal, promosi dapat melipatgandakan penjualan. Alhasil, manfaat promosi ini berpengaruh besar pada keuntungan dan pemasukan bisnis.

Agar strategi promosi berhasil, ada baiknya kamu melakukan promosi sebanyak 2-3 kali dalam sebulan. Tak hanya terbatas pada diskon, jenis promosi yang kamu tawarkan pun bisa divariasikan sesuai keperluan, misalnya gratis ongkos kirim alias ongkir, voucher belanja dengan minimal transaksi tertentu, giveaway, dan masih banyak lagi.

Demikian 7 manfaat promosi yang dapat meningkatkan peluang usaha. Dengan promosi yang tepat, kamu dapat menarik minat pelanggan untuk bertransaksi di bisnismu.

Baca Juga: 9 Strategi Retargeting Ads untuk Kembangkan Bisnis, Cobain!

Topic:

  • Bella Manoban
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya