Comscore Tracker

5 Kemampuan Digital yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM, Catat Ya! 

Tingkatkan kemampuan digital agar penjualan meningkat

Di tengah terjadinya wabah virus COVID-19, banyak pelaku UMKM yang harus menutup toko mereka karena pemerintah membatasi aktivitas di luar rumah. 

Dalam menghadapi perubahan tersebut, pelaku UMKM harus tetap bertahan dengan menciptakan inovasi baru dan memanfaatkan penjualan online secara maksimal. Seperti dorongan yang disampaikan oleh Kominfo kepada pelaku UMKM agar memanfaatkan platform digital.

Namun, sebelum menggunakan platform digital, tentunya pelaku UMKM membutuhkan keahlian yang memadai agar proses berjualan secara online bisa diatasi dengan lancar. Tetapi, apa saja kemampuan digital dasar yang dibutuhkan?

Jika kamu ingin mengetahui serta mempersiapkan kemampuan digital yang dibutuhkan oleh pelaku UMKM, simak ulasan ini lebih lanjut ya!

1. Menguasai gadget yang kamu miliki

5 Kemampuan Digital yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM, Catat Ya! Seorang wanita menggunakan smartphone di depan laptop. (pexels.com/picjumbo.com)

Di era digital saat ini, penggunaan gadget harus kamu kuasai. Selain memberikan kemudahan dalam melakukan banyak hal, gadget juga dinilai efisien.

Jika kamu berhasil menguasai penggunaan gadget, maka proses digital marketing akan berjalan dengan baik.

Kamu juga bisa mengurus hal lain dengan menggunakan gadget yang dapat membantu penjualan kamu, seperti mencari informasi terkait produk kamu di internet, menggunakan marketplace, dan menggunakan aplikasi yang membantu untuk merekap pengeluaran dan pemasukan.

2. Teknik fotografi dasar

5 Kemampuan Digital yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM, Catat Ya! ilustrasi wanita menggunakan tablet (pexels.com/AnnaNekrashevich)

Terdapat banyak pelaku UMKM yang tidak terlu memperhatikan hal ini. Namun ternyata teknik fotografi dasar dibutuhkan untuk memotret produk yang kamu jual untuk diunggah ke internet. Foto produk yang ditampilkan juga sebagai identitas dari penjual.

Maka dari itu, kamu bisa mempelajari teknik fotografi dasar sebelum memotret produk kamu sehingga kamu bisa menarik calon pembeli. Serta, mereka akan lebih memahami pesan yang disampaikan oleh penjual melalui produk yang diunggah.

Baca Juga: 5 Upaya Meningkatkan Literasi Digital untuk Para Pelaku UMKM

3. Mengelola bisnis dengan baik

5 Kemampuan Digital yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM, Catat Ya! ilustrasi sedang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Setelah mempelajari teknik fotografi, kamu perlu mengelola bisnis dengan baik agar bisnis kamu bisa berkembang dan terus berjalan. Dalam hal ini, pelaku UMKM akan bertranformasi ke digital dan tidak bisa menggunakan cara konvensional lagi sehingga saat menggunakan marketplace, kamu perlu memahami dengan cepat.

Kamu perlu membuat strategi bisnis terbaru seperti mengatur pemasaran, tren produk yang kamu jual, dan lainnya.

Jika kamu belum memahami bagaimana cara mengelola bisnis yang benar, kamu bisa melihat bisnis lain yang kamu anggap kompetitor. Dari situlah kamu bisa mempelajari mengelola bisnis dan menerapkannya pada produk UMKM yang kamu jual.

4. Kemampuan bercerita untuk menarik pembeli

5 Kemampuan Digital yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM, Catat Ya! ilustrasi sedang menulis di buku (pexels.com/fauxels)

Maksud dari kemampuan bercerita yaitu kamu perlu menceritakan tentang produk yang kamu jual dengan cara yang unik dan pastikan membekas di benak calon pembeli.

Kemampuan yang satu ini cukup penting dalam berjualan online karena hal ini menentukan ketertarikan calon pembeli terhadap produk yang dijual. 

Kemampuan bercerita termasuk bagian dari promosi barang. Maka dari itu, kamu perlu membuat cerita semenarik mungkin.

5. Digital marketing

5 Kemampuan Digital yang Harus Dimiliki oleh Pelaku UMKM, Catat Ya! ilustrasi laptop (pexels.com/caio)

Pelaku UMKM yang bertransformasi ke digital harus siap melakukan digital marketing dengan baik karena hal ini menjadi salah satu bagian dari kegiatan promosi.

Namun, bagi pelaku UMKM yang belum pernah melakukan digital marketing sebelumnya, kamu bisa menggunakan platform media sosial.

Saat ini banyak orang yang telah mahir menggunakan media sosial sehingga kamu dapat melakukan digital marketing dengan mudah. Beberapa media sosial yang kerap dijadikan media untuk berjualan seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook.

Itulah beberapa kemampuan dasar yang perlu dimiliki pelaku UMKM agar proses jual beli online dapat berjalan dengan lancar. Segala kemampuan yang telah disebutkan tadi juga bisa kamu pelajari sendiri lewat internet, lho

Baca Juga: 6 Aksi Gen Z Berperan Aktif dalam Pemulihan Ekonomi Nasional

Sharfina F Photo Writer Sharfina F

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya