Comscore Tracker

5 Kesalahan Branding Produk yang Sering Dilakukan Pemula Bisnis

Ini lho alasan mengapa bisnismu sering gagal

Menjadi entrepreneur dan memulai bisnis sendiri memang jadi mimpi semua orang. Namun, sebelum berekspektasi untuk mendapat penghasilan fantastis dari berbisnis, kamu pun harus belajar membangun branding-mu dulu.

Banyak pemula dalam bisnis yang sebetulnya memiliki modal yang cukup atau pangsa pasar yang luas, namun harus gulung tikar karena kesalahan kecil dalam branding ini. Karenanya, yuk pahami 5 kesalahan branding yang bikin bisnis gagal.

1. Membuat nama merek bisnis yang ribet dan susah diingat

5 Kesalahan Branding Produk yang Sering Dilakukan Pemula Bisnislteacherstoolbox.com

Mungkin saat kamu memulai bisnis, mengarang nama merek bisnismu adalah tahap yang seru. Pasalnya, kita bisa memilih nama merek sesuai apa yang kita mau. Sayangnya, banyak yang membuat nama merek bisnis ini jadi berbelit-belit dan panjang.

Meskipun nama merek perusahaan itu adalah pilihan sesuai seleramu, belum tentu sesuai selera pasar, ya. Perlu diingat bahwa nama brand adalah identitas krusial bagi perusahaan dimana customer perlu mengingat nama merek yang ia beli.

Jika kamu membuat nama yang ribet, panjang, dan susah diingat, bagaimana customer bisa kembali mencari produkmu? Cukup buatlah merek yang sederhana tapi bernilai kuat.

2. Membuat design logo yang seadanya karena menilai itu bukan hal penting

5 Kesalahan Branding Produk yang Sering Dilakukan Pemula Bisnislogomaker.com

Membangun identitas yang bernilai bukan cuma soal nama, namun logo pun berpengaruh besar. Namun, sering terjadi banyak pemula bisnis merasa logo bukanlah hal penting hingga mereka membuat seadanya dan tak menarik.

Perlu dipahami bahwa logo haruslah mudah dikenali, mudah diingat dan memberi isyarat produk atau layanan yang kamu jual. Pemilihan warna mencolok juga penting dalam desain logo karena berdasar ilmu psikologi kesadaran seseorang dalam mengingat merek tertentu adalah dari warnanya.

Pilihlah bentuk yang sangat mudah dikenali, tipografi unik dan khusus, dan palet warna yang apik, karena semuanya membantu meningkatkan daya ingat merek bagi pembeli. Jadi, jangan asal bikin logo, ya!

3. Tidak konsisten dalam promosi di media sosial

5 Kesalahan Branding Produk yang Sering Dilakukan Pemula Bisnisunsplash.com/Broke Cagle

Media sosial sekarang ini berpengaruh besar bagi banyak bisnis kecil. Bisnis besar pun dimulai dari langkah kecil, seperti halnya promosi di media sosial hingga menarik banyak followers dan pembeli baru.

Tetapi, apa jadinya jika baru mulai saja kamu tidak rutin berpromosi? Alhasil, costumer-mu pun akan kabur dan memilih toko yang lebih sering memperbarui konten produknya. Jika dari awal branding-mu saja sudah berantakan, bagaimana bisa bisnismu berkembang? Interaksi, promosi dan konten dengan pembeli adalah hal krusial.

Jadi, jangan sampai kamu tak konsisten dalam hal sepenting ini, ya!

Baca Juga: 4 Alasan Bisnis Barbershop Jadi Kian Menjamur dan Diminati

4. Mengesampingkan service pembeli

5 Kesalahan Branding Produk yang Sering Dilakukan Pemula Bisnisexpress.co.uk

Hal penting lainnya dalam membangun identitas bisnismu adalah servis pelanggan. Sebagus apapun kualitas produkmu, merek atau logo bisnismu, tak akan berarti jika pelangganmu kabur karena servis yang buruk. Servis yang buruk bisa terjadi jika kamu tak ramah pada pertanyaan pelanggan, late respon membalas chat, hingga pengiriman yang ditunda-tunda.

Bisa jadi pula, service berkaitan kualitas produkmu yang tak sesuai dengan gambar atau tak sebanding dengan harga. Hal-hal penting tersebut haruslah jadi prioritas semua pembisnis baik pemula atau yang sudah besar sekalipun. Jika baru mau mendapat pembeli pertama saja mereka sudah kapok, lantas bagaimana kamu bisa mendapat pelanggan yang setia? 

5. Tidak membandingkan harga saingan di pasaran dan langsung menjual produk dengan harga tinggi

5 Kesalahan Branding Produk yang Sering Dilakukan Pemula Bisniscoindesk.com

Saat memulai bisnis baru, akan ada banyak kompetitor yang jadi musuh terbesar dalam hal menarik costumer, itulah kenapa mengetahui harga pasar adalah wajib. Banyak pemula bisnis justru menghiraukan hal penting ini. Mereka merasa bahwa produk yang ia jual jauh dari kualitas pasar, dan berujung menjualnya dengan harga mahal.

Disaat seseorang baru memulai berjualan produknya, yang terpenting adalah pengenalan produk dulu ke pembeli. Jangan berikan harga yang kelewat mahal diawal. Untung besar bukanlah hal yang harus kamu pikirkan dulu.

Namun bagaimana kamu bisa mencari calon pelanggan sebanyak-banyaknyalah yang paling penting. Disaat bisnismu sudah berjalan, itulah saat tepat kamu dapat memanfaatkan para pelanggan setiamu dan mulai memikirkan untung besar.

Itulah 5 kesalahan besar dalam branding bisnis yang sering dilakukan banyak orang dalam memulai bisnisnya. Perlu diingat bahwa membangun branding yang kuat adalah kunci utama sebuah produk bisa laku dan menarik. Oleh karena itu, jangan sampai lakukan kesalahan-kesalahan tersebut, ya!

Baca Juga: Ini 5 Alasan yang Membuat Kamu Gagal Mencapai Tujuan Bisnis

Siska Arifa Photo Verified Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya