Comscore Tracker

Jokowi: Kebijakan Pemulihan Ekonomi Sudah Terlihat Hasilnya

Jokowi harap vaksinasi bisa bantu pemulihan ekonomi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku optimistis terhadap pemulihan ekonomi nasional. Ia juga mengklaim kebijakan pemerintah tentang pemulihan ekonomi nasional sudah menunjukkan hasil.

"Secara konsisten kebijakan pemulihan ekonomi yang kita jalankan sudah mulai terlihat hasilnya. Dengan tren perbaikan seperti ini, kita berharap situasi ekonomi kita, perekonomian kita ke depan akan lebih baik dan akan membaik," kata Jokowi saat membuka acara Outlook Perekonomian Indonesia 2021 yang disiarkan langsung di channel YouTube Perekonomian RI, Selasa (22/12/2020).

1. Jokowi sebut perekonomian Indonesia tidak mudah di 2020

Jokowi: Kebijakan Pemulihan Ekonomi Sudah Terlihat HasilnyaPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Jumat (23/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan tahun 2020 adalah tahun yang sangat sulit. Dia mengatakan perekonomian Indonesia sempat mengalami kontraksi ekonomi hingga masuk ke jurang resesi.

"Kita tahu bahwa tahun 2020 adalah tahun yang tidak mudah, tahun yang tidak gampang. Sangat sulit karena adanya pandemik COVID-19. Tahun 2020 ini memang di kuartal I ekonomi kita masih bisa tumbuh plus 2,97 persen," ujar Jokowi.

"Namun, di kuartal II karena COVID, terkontraksi turun tajam menjadi minus 5,32 persen. Kemudian pada kuartal III ekonomi kita tercatat mengalami perbaikan meskipun masih minus, yang di minus 3,49 persen," lanjutnya lagi.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional Baru 63,3 Persen

2. Kebijakan yang baik di 2020 akan dilanjutkan hingga 2021

Jokowi: Kebijakan Pemulihan Ekonomi Sudah Terlihat Hasilnya(Ilustrasi pertumbuhan ekonomi) IDN Times/Arief Rahmat

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut kebijakan yang baik di 2020 akan terus dilanjutkan pemerintah pada 2021. Kebijakan itu termasuk yang berkaitan dengan bidang kesehatan penanganan COVID-19 dan bantuan perlindungan sosial untuk rakyat.

"Yang paling penting pemerintah akan segera memberikan vaksin gratis kepada seluruh rakyat dan akan dimulai di awal tahun 2021," ucapnya.

3. Jokowi harap program vaksinasi bisa bantu pulihkan ekonomi

Jokowi: Kebijakan Pemulihan Ekonomi Sudah Terlihat HasilnyaVaksin COVID-19 Sinovac, Minggu (19/7) tiba di Soetta dan langsung dibawa ke Bandung untuk segera mulai Uji Klinis oleh Biofarma dan FK Unpad (Dok. IDN Times/Istimewa)

Program vaksinasi yang tengah digencarkan pemerintah diharapkan bisa menumbuhkan kepercayaan publik terhadap penanganan pandemik di Tanah Air, serta menimbulkan rasa aman masyarakat.

"Sehingga pemulihan ekonomi diharapkan dapat berjalan dengan lebih cepat, konsumsi akan naik dan kembali normal, investasi juga diperkirakan akan meningkat karena adanya undang-undang Cipta Kerja," tutur Jokowi.

Baca Juga: Bansos Dikorupsi, CIPS: Pemulihan Ekonomi Indonesia Jadi Terganggu

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya