Comscore Tracker

Jokowi Minta Proyek Strategis untuk Pemulihan Ekonomi Dipercepat

Terutama yang berkaitan dengan ekonomi rakyat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bisa memulihkan perekonomian di tengah pandemik virus corona tau COVID-19 diutamakan. Instruksi disampaikan mengingat perekonomian Indonesia terdampak cukup besar akibat wabah virus corona.

"Proyek Strategis Nasional yang sedang berjalan saya minta percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/5).

1. Jokowi minta percepatan PSN untuk pemerataan dan ekonomi rakyat

Jokowi Minta Proyek Strategis untuk Pemulihan Ekonomi DipercepatDok. Biro Pers Kepresidenan

Baca Juga: Kemkum HAM: WNA yang Kerjakan Proyek Strategis Masih Bisa Masuk ke RI 

Jokowi menyampaikan ada beberapa PSN yang penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Mulai dari program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria perhutanan sosial, serta peremajaan perkebunan rakyat.

"Saya ingin memastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," kata Jokowi.

2. Jokowi ingin agenda strategis selain ekonomi juga dilanjutkan

Jokowi Minta Proyek Strategis untuk Pemulihan Ekonomi DipercepatDok. Biro Pers Kepresidenan

Selain program di bidang ekonomi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar agenda-agenda strategis lainnya seperti kesehatan dan kualitas sumber daya manusia juga harus dilanjutkan. Meskipun Indonesia sedang menghadapi pandemik, lanjut Jokowi, agenda strategis untuk kepentingan nasional tidak boleh berhenti.

"Agenda-agenda strategis tidak hanya di bidang ekonomi tetapi juga di bidang-bidang mendasar lainnya. Baik yang penting bagi kehidupan rakyat kita, baik itu yang menyangkut bidang pendidikan, yang berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM dan juga bidang kesehatan," tuturnya.

3. Stunting hingga malaria masih menjadi agenda strategis nasional di bidang kesehatan

Jokowi Minta Proyek Strategis untuk Pemulihan Ekonomi DipercepatDok. Biro Pers Kepresidenan

Untuk di bidang kesehatan sendiri, Jokowi mengatakan bahwa negara masih memiliki agenda besar yaitu penurunan stunting, pemberantasan TBC, malaria, demam berdarah, HIV-AIDS, serta yang berkaitan dengan gerakan hidup sehat. Itu semua, tambah dia, harus terus dikerjakan.

"Ini artinya kita harus fokus menangani dan mengendalikan COVID, tetapi agenda-agenda strategis yang berdampak besar bagi kehidupan rakyat juga tidak boleh dilupakan," ujar  Jokowi.

Baca Juga: LBH Yogyakarta: Alihkan Dana Proyek Strategis Nasional untuk COVID-19

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya