Comscore Tracker

MinyaKita Resmi Diluncurkan, Dibanderol Rp14 Ribu

MinyaKita tersebar hingga Papua

Jakarta, IDN Times - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan resmi meluncurkan Minyak Goreng Rakyat Kemasan (MinyaKita) seharga Rp14 ribu. MinyaKita bakal disebar di warung, pasar, hingga ke supermarket.

Minyak goreng "murah" dengan kemasan sederhana ini diklaim sebagai inovasi yang dibuat Zulkifli untuk mengatasi permasalahan minyak goreng untuk rakyat.

"Kalau yang dikemas seperti ini, ini saya kira bisa masuk ke market-market atau supermarket-supermarket itu, bisa masuk. Kalau sekarang kan di pasar-pasar, di warung-warung karena curah. Kalau curah di warung-warung, pasar-pasar diterima, tetapi kalau supermarket dia nggak mau karena bisa kotor," katanya di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (6/7/2022).

1. MinyaKita bakal diedarkan hingga ke Papua

MinyaKita Resmi Diluncurkan, Dibanderol Rp14 RibuMenteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meluncurkan MinyaKita di Kantor Kementerian Perdagangan, Rabu (6/7/2022). (IDN Times/Trio Hamdani)

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menuturkan bahwa MinyaKita akan diedarkan hingga ke pelosok Indonesia, termasuk Papua, demi menekan harga minyak goreng secara merata.

Sebab, menurut Zulhas, di Papua, Maluku dan Sulawesi masih ditemukan harga minyak goreng Rp20 ribu. Melalui program minyak goreng curah kemasan sederhana, masalah tersebut dapat diselesaikan.

"Tentu itu nanti yang kemasan sederhana ini akan lebih mudah sampai ke Papua, sampai Maluku, sampai Sulawesi yang jauh-jauh itu," tuturnya.

Baca Juga: 81 Produsen Minyak Goreng Sawit Wajib Salurkan Minyak Curah Bersubsidi

2. MinyaKita sudah mendapatkan izin edar

MinyaKita Resmi Diluncurkan, Dibanderol Rp14 RibuMendag, Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan peluncuran MinyaKita dilakukan pada Rabu (6/7/2022). (dok. Humas Kemendag)

Politisi PAN itu juga memastikan bahwa MinyaKita sudah terdaftar dan mendapatkan izin edar. Perusahaan-perusahaan minyak goreng bisa memakai merek tersebut.

"Merek kita sudah terdaftar dan sudah ada izin edarnya. Jadi nanti siapa saja perusahaan-perusahaan boleh pakai merek kita ini untuk dipasarkan di berbagai tempat. Tentu kalau yang sudah seperti ini bisa logistiknya melalui jalur masing-masing karena dia bisa masuk di supermarket, minimarket dan lain-lain," ujarnya.

3. MinyaKita diklaim akan memudahkan masyarakat dapatkan minyak goreng

MinyaKita Resmi Diluncurkan, Dibanderol Rp14 RibuMendag, Zulkifli Hasan (Zulhas) memastikan peluncukan MinyaKita dilakukan Rabu (6/7/2022). (dok. Humas Kemendag)

Dijelaskan Zulhas, kehadiran MinyaKita bakal memudahkan masyarakat mendapatkan stok minyak goreng. Selain itu, kehadirannya juga diyakini Zulhas akan mempermudah proses distribusi minyak goreng yang lebih merata hingga ke pelosok negeri.

"Dengan adanya Minyak Goreng Rakyat kemasan ini akan mempermudah proses distribusi, menjaga kebersihan sampai ke tangan konsumen. Minyak kita ini akan disalurkan melalui berbagai mitra dari Kemendag, dengan harapan dapat tersalurkan dengan baik serta tetap dengan harga terjangkau yaitu 14 ribu," ujarnya Selasa (5/7/2022) kemarin.

Baca Juga: Gudang Minyak Goreng di Depok Digerebek, Diduga Minyak Oplosan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya