Comscore Tracker

Bandara Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umroh November 2022

Kemenhub upayakan Bandara Kertajati bisa lebih ramai

Jakarta, IDN Times - Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat sedang disiapkan untuk melayani penerbangan embarkasi dan debarkasi umroh pada November 2022 mendatang.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan rencana itu tengah disiapkan bersama kementerian/lembaga terkait.

“Koordinasi intensif dengan Kemenag dan Pemda terus dilakukan agar persiapannya bisa dilakukan dengan matang,” ujar Budi dikutip dari keterangan resmi, Jumat (19/8/2022).

1. Bandara Kertajati diharapkan bisa layani penerbangan langsung ke Arab Saudi

Bandara Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umroh November 2022Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka. Dok. BIJB

Budi juga berharap, pesawat umroh yang berangkat dari Bandara Kertajati bisa melakukan penerbangan langsung (direct flight) ke Arab Saudi.

Dengan adanya penerapan zonasi penerbangan umroh dari Bandara Kertajati oleh Kemenag, diproyeksikan potensi jemaah umroh mencapai 40 ribu orang pada periode Januari-Mei 2023.

Baca Juga: Menhub Ingin Bandara Kertajati Jadi Pusat MRO

2. Menhub mau penumpang Bandara Kertajati lebih ramai

Bandara Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umroh November 2022Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Selain itu, harapannya dengan penerbangan umroh tersebut, bisa diadakan penerbangan feeder dari daerah lain, seperti Kalimantan - Kertajati - Jeddah. Sehingga, penumpang Bandara Kertajati lebih ramai.

Untuk mendukung target-target itu, Budi mengatakan aksesibilitas transportasi darat dari dan menuju Bandara Kertajati juga akan terus ditingkatkan melalui penyediaan angkutan jalan.

Tak hanya itu, Budi juga meminta pemerintah daerah (Pemda) menggencarkan promosi pariwisata di sekitar bandara untuk menarik minat wisatawan.

3. Penerbangan kargo di Kertajati terus meningkat

Bandara Kertajati Bakal Layani Penerbangan Umroh November 2022Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Di sisi lain, Kemenhub mencatat jumlah penerbangan kargo dari Bandara Kertajati terus meningkat. Adapun maskapai yang melayani penerbangan kargo di Bandara Kertajati yakni PT Rafles Global Angkasa (Asia Cargo) dan PT Trigana Air Service.

Pada Desember 2021, masih tercatat pergerakan sebesar 15 ton per hari. Per Juli 2022, sudah mencapai 40 ton hingga 60 ton per hari. Kapasitas layanan kargo akan terus ditingkatkan menjadi 100 ton per hari atau 3 ribu ton per bulan.

“Ini suatu upaya yang patut diapresiasi, meski masih di tengah pandemik sekarang setiap hari ada penerbangan kargo di Kertajati yang volumenya dilaporkan semakin meningkat,” tutur Budi.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tawarkan Pebisnis UEA Investasi di Rebana dan Kertajati

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya