Comscore Tracker

KA Bandara YIA Beroperasi Komersial Besok, Tarif Mulai Rp10 Ribu

Waktu tempuh dari Yogyakarta ke YIA lebih cepat

Jakarta, IDN Times - Kereta api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) akan beroperasi secara komersial besok, Jumat 17 September. Tarif tiket dimulai dari Rp10 ribu.

“KA Bandara YIA akan beroperasi komersial mulai tanggal 17 September 2021, dengan tarif resmi yang telah ditetapkan pemerintah," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Zulfikri dalam keterangan resminya, Rabu (16/9/2021).

Baca Juga: Aturan Naik Kereta Terbaru: Wajib Vaksin, Tak Perlu Lagi Bawa STRP

1. Rincian tarif tiket KA Bandara YIA

KA Bandara YIA Beroperasi Komersial Besok, Tarif Mulai Rp10 RibuKereta Api Bandara. (IDN Times/Holy Kartika)

Sebelumnya, KA Bandara YIA telah melakukan uji coba operasi di mana masyarakat bisa menumpangi kereta tersebut dengan gratis. Mulai besok, masyarakat akan dikenakan tarif dengan rincian sebagai berikut:

  • Rute Yogyakarta-Wates Rp10 ribu
  • Rute Yogyakarta-Bandara YIA Rp20 ribu
  • Rute Wates-Bandara YIA Rp20 ribu.

Tarif tiket tersebut telah disubsidi oleh pemerintah melalui melalui Public Service Obligation atau PSO. Harapannya, kehadiran KA Bandara YIA mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Yogyakarta dan Jawa Tengah khususnya di sektor bisnis dan pariwisata.

“Selain untuk meningkatkan perekonomian, manfaat yang tidak kalah penting dari keberadaan KA Bandara YIA ini adalah mengurangi tingkat kemacetan yang bisa menimbulkan biaya tinggi dan pengurangan polusi udara," tutur Zulfikri.

Baca Juga: Kereta Bandara Beroperasi Lagi Mulai Hari Ini! 

2. Jadwal perjalanan KA Bandara YIA

KA Bandara YIA Beroperasi Komersial Besok, Tarif Mulai Rp10 RibuKA Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). (dok. Kemenhub)

Sama seperti periode uji coba, KA Bandara YIA akan melakukan 8 kali perjalanan per hari, dengan rincian 4 perjalanan dari Stasiun Yogyakarta dan 4 perjalanan dari Bandara YIA.

Untuk membeli tiket KA Bandara YIA, masyarakat bisa menggunakan aplikasi KAI Access atau ke loket pembelian langsung di Stasiun Yogyakarta, Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

Baca Juga: Telan Dana Rp1,1 Triliun, Kereta Bandara YIA Mulai Beroperasi 

3. Waktu perjalanan ke Bandara YIA lebih cepat

KA Bandara YIA Beroperasi Komersial Besok, Tarif Mulai Rp10 RibuKA Bandara Internasional Yogyakarta (YIA). (dok. Kemenhub)

Zulfikri mengatakan waktu tempuh ke Bandara YIA dengan menggunakan KA tersebut lebih cepat dibandingkan menggunakan moda transportasi darat. Perkiraannya 40 menit dengan KA Bandara, sedangkan dengan mobil atau moda transportasi darat lainnya sekitar 1,5 jam.

“Dengan beroperasinya KA Bandara YIA ini, masyarakat dapat menempuh waktu lebih cepat ke Bandara YIA yaitu sekitar 40 menit dari Yogyakarta, dari waktu rata-rata 1,5 jam bila menggunakan kendaraan mobil atau moda transportasi lainnya," ucap Zulfikri.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya