Comscore Tracker

Proyek Double Double Track Rampung Sampai Stasiun Bekasi Tahun Ini

Layanan KRL bisa ditingkatkan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan proyek double double track (DDT) atau dwi ganda dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bekasi rampung tahun ini.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus mengatakan, proyek tersebut akan meningkatkan pelayanan kereta api dari Stasiun Manggarai sampai Stasiun Bekasi.

"Untuk DDT direncanakan tahun ini selesai sampai dengan Stasiun Bekasi. Jadi semoga nanti bisa meningkatkan pelayanan. Headway bisa ditambah, dan teman-teman KRL bisa meningkatkan layanan yang lebih cepat untuk bisa sampai ke pusat kota," kata Rode dalam Diskusi Persiapan Switch Over ke-5 Stasiun Manggarai di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Peran Diganti Stasiun Manggarai, Gambir Bakal Layani Penumpan KRL 

1. Proyek DDT sampai Stasiun Cikarang

Proyek Double Double Track Rampung Sampai Stasiun Bekasi Tahun IniStasiun Cikarang. (dok PT KAI)

Meski begitu, proyek DDT tak hanya sampai Stasiun Bekasi. Proyek tersebut nantinya dibangun sampai Stasiun Cikarang. Jika DDT telah rampung sampai Stasiun Cikarang, nantinya jalur kereta api jarak jauh dan KRL akan terpisah.

"Jadi otomatis nanti dipisahkannya perjalanan commuter dan kereta api jarak jauh. Masing-masing punya track sendiri. Jadi kecepatan bisa ditingkatkan, frekuensi, headway, termasuk keselamatan bisa optimal," ucap Rode.

2. Stasiun Manggarai bakal jadi stasiun sentral pertama di Indonesia

Proyek Double Double Track Rampung Sampai Stasiun Bekasi Tahun IniRancangan miniatur Stasiun Manggarai (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Adapun pembangunan DDT itu seiringan dengan pengembangan Stasiun Manggarai untuk menjadi stasiun sentral pertama di Indonesia.

Pengembangan tersebut dilakukan dalam sejumlah lingkup pekerjaan, sebagai berikut:

  1. Pekerjaan Mainline I;
  2. Pekerjaan Mainline II;
  3. Pekerjaan Fasop;
  4. Pekerjaan Supervisi;
  5. Pekerjaan Penyempurnaan Stasiun
  6. Pekerjaan Supervisi Penyempurnaan
  7. Pengadaan Wesel R.54.

"Pengembangan Stasiun Manggarai ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari program DDT dari Cikarang sampai Manggarai," kata Rode.

Baca Juga: Mulai 28 Mei, Transit di Stasiun Manggarai Gak Perlu Seberangi Rel

3. Kemenhub akan laksanakan switch over kelima di Stasiun Manggarai Jumat 27 Mei

Proyek Double Double Track Rampung Sampai Stasiun Bekasi Tahun IniDiskusi Persiapan Switch Over 5 Stasiun Manggarai di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pada hari Jumat (27/5) Kemenhub akan melakukan switch over (SO) ke-5 di Stasiun Manggarai, yang akan rampung pada Sabtu (28/5) dini hari. SO tersebut merupakan bagian dari proses pengembangan Stasiun Manggarai.

Usai pelaksanaan SO, maka pola operasi KRL Jabodetabek akan berubah, khususnya pada Bogor Line dan Cikarang/Bekasi Line.

"Untuk SO 5, nanti ini kita akan mengoperasikan beberapa jalur. Ada beberapa jalur yang kita matikan, ada yang temporary. Ada track existing di bawah, dan ada perubahan pola operasi," tutur Rode.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya