Comscore Tracker

Rupiah Sedikit Bertenaga Pagi Ini, Bakal Bertahan Seharian Gak ya?

Rupiah sempat menguat tipis pada pembukaan perdagangan

Jakarta, IDN Times - Nilai tukar atau kurs rupiah menguat tipis atas mata uang dolar Amerika Serikat (AS) pada pembukaan perdagangan hari ini, Selasa (4/10/2022).

Mengutip data Bloomberg, kurs rupiah dibuka menguat 20 poin ke level Rp15.282,5 per dolar AS pada perdagangan pagi ini. Sebelumnya pada Senin (3/10), kurs rupiah melemah 75,5 poin atau 0,50 persen ke level Rp15.302,5 per dolar AS.

Meski menguat tipis pada pembukaan, rupiah langsung melemah 7 poin atau 0,05 persen ke Rp15.309,5 per dolar AS pada pukul 09.22 WIB.

Baca Juga: Diamuk Dolar AS, Sore Ini Rupiah Tembus Rp15.302

1. Rupiah berpotensi menguat hari ini

Menurut pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra, rupiah berpotensi menguat pada perdagangan hari ini. Dolar AS diprediksi mendapatkan tekanan dari kinerja manufaktur di AS yang melemah.

"Data survey aktivitas manufaktur AS bulan September menunjukkan perlambatasan yang mengindikasikan bahwa ekonomi AS sudah mulai terkena dampak negatif dari inflasi dan suku bunga tinggi," kata Ariston kepada IDN Times.

Baca Juga: IMF Sebut Mata Uang Digital Bank Sentral Gak Ada Untungnya

2. Rupiah belum bisa lepas dari bayang-bayang inflasi

Meski begitu, Ariston juga melihat adanya potensi pelemahan rupiah karena kekhawatiran pasar akan inflasi yang tinggi.

"Di sisi lain, kekhawatiran inflasi tinggi akan memperlambat perekonomian global dan Indonesia bisa menahan penguatan nilai tukar rupiah hari ini," ujar dia.

Baca Juga: 7 Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal, Pahami Sebelum Berinvestasi!

3. Proyeksi pergerakan rupiah hari ini

Atas dasar faktor-faktor tersebut, Ariston memproyeksikan, kurs rupiah bisa ditutup menguat pada akhir perdagangan sore nanti.

"Potensi penguatan ke arah Rp15.250, dengan potensi resisten di kisaran Rp15.310," ucap Ariston.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya