Comscore Tracker

Singkirkan Jack Ma, Zong Shanshan Jadi Orang Terkaya di Tiongkok  

Shanshan adalah pengusaha air kemasan dan vaksin

Jakarta, IDN Times- Pengusaha air kemasan dan vaksin, Zong Shanshan, mendepak pendiri Alibaba Group, Jack Ma, dari daftar orang terkaya di Tiongkok.

Bloomberg Billionaires Index mencatat kekayaan bersih Shanshan mencapai 58,7 miliar dolar AS atau sekitar Rp876 triliun pada Rabu (23/9/2020). Zong Shanshan memiliki kekayaan 2 miliar dolar AS lebih banyak dari Jack Ma.

Sementara dalam dalam daftar orang terkaya di dunia, Zong Shanshan menempati urutan ke-17.

1. Zong Shanshan dijuluki Lone Wolf

Singkirkan Jack Ma, Zong Shanshan Jadi Orang Terkaya di Tiongkok  Ilustrasi ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Di kalangan pengusaha, Shanshan dikenal sebagai Lone Wolf karena menjauhi politik dan ogah bergabung dengan klub bisnis. Padahal, selain menjadi orang terkaya di Tiongkok, Shanshan juga menjadi orang terkaya kedua di Asia, di bawah Mukesh Ambani dari India.
 
Pada 2020, kekayaan Shanshan melonjak hampir 52 miliar dolar AS. Ia hanya kalah dari bos Amazon, Jeff Bezos, dan bos Tesla Inc, Elon Musk. Saham teknologi cenderung tidak bagus di kala pandemik, kekayaan Musk bahkan turun hingga 10 miliar dolar AS.

Baca Juga: 5 Karakter Mengagumkan Jack Ma yang Dapat Dijadikan Teladan

2. Vaksin dan air mengantarkan kesuksesan Shanshan

Singkirkan Jack Ma, Zong Shanshan Jadi Orang Terkaya di Tiongkok  (www.nongfuspring.com)

Shanshan merupakan pendiri Nongfu Spring Co, salah satu produk air kemasan paling populer di Hongkong. Pada awal bulan ini, tingginya permintaan air kemasan mengantarkan Shanshan ke tiga besar terkaya di Tiongkok.
 
Dia juga mendapat keuntungan besar, membuat kekayaan bersihnya menjadi 20 miliar dolar AS pada awal Agustus, dari perusahaan farmasi besutannya, yaitu Beijing Wantai Biological Pharmacy Enterprise Co.

3. Diprediksi Ma akan menyalip kekayaan Shanshan dalam waktu dekat

Singkirkan Jack Ma, Zong Shanshan Jadi Orang Terkaya di Tiongkok  Instagram/Jackmafoundation

Pencapaian Shanshan terbilang apik karena dia menggeser elite teknologi yang mendominasi daftar orang terkaya di Tiongkok. Meski begitu, diprediksi tidak butuh waktu lama bagi Ma untuk merebut posisi yang telah dipertahankan selama enam tahun terakhir.
 
Ant Group, perusahaan afiliasi Alibaba milik Jack Ma, diprediksi akan mengantarkannya kembali menjadi orang terkaya di Tiongkok jika perushaan bisa mencapai target valuasi 250 miliar dolar AS.

Baca Juga: Surati Jokowi, Orang Terkaya Indonesia Sebut PSBB Jakarta Tidak Tepat

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya