Comscore Tracker

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus Visa

Catat ya guys

Jika kamu adalah seorang nasabah bank, kamu pasti tidak asing dengan istilah rekening koran. Selain digunakan untuk mencetak rincian transaksi keuangan di perbankan menggunakan rekening yang kamu miliki, ternyata banyak fungsi rekening koran lainnya yang bermanfaat untuk kebutuhan sehari-hari. 

Rekening koran tak hanya bermanfaat bagi individu atau perorangan, tetapi juga bisa membantu keperluan bisnis dan keperluan lainnya. Untuk itu, berikut IDN Times rangkum 6 fungsi rekening koran seperti di bawah ini.

1. Mengetahui detail transaksi keuangan

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus Visailustrasi rekening (IDN Times/Aditya Pratama)

Fungsi rekening koran yang pertama adalah untuk mengetahui rincian transaksi keuangan. Sebagai nasabah bank, kamu memiliki hak untuk mendapat informasi transaksi keuangan selama menggunakan rekening yang kamu miliki. Kamu bisa mengatur sendiri periode transaksi yang ingin kamu cetak. Rekening koran biasanya berisi informasi saldo awal, debit, kredit, besaran bunga, biaya administrasi, dan saldo akhir yang disajikan dalam bentuk tabel lengkap beserta tanggal transaksi.

2. Sebagai bukti hukum

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus Visailustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Fungsi rekening koran yang kedua adalah sebagai bukti hukum. Bukti hukum di sini adalah apabila terjadi perselisihan transaksi keuangan antara nasabah dan pihak lain, maka rekening koran dapat digunakan sebagai bukti hukum yang kuat. Dalam hal ini, rekening koran berfungsi untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam transaksi dengan pihak luar.

3. Syarat ikut lelang

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus Visailustrasi lelang (schelstraete.nl)

Fungsi rekening koran yang ketiga adalah sebagai dokumen untuk melengkapi syarat mengikuti program lelang. Program lelang yang dimaksud biasanya yang berhubungan dengan proyek pemerintah ataupun swasta. Informasi yang terdapat dalam rekening koran digunakan sebagai acuan bahwa kamu memiliki dana dengan jumlah tertentu sebagai syarat mengikuti lelang. Selain rekening koran, biasanya program lelang juga akan mewajibkan kepemilikan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan).

4. Syarat pengajuan Visa

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus VisaIlustrasi visa. (Pixabay.com/mohamed_hassan)

Fungsi rekening koran keempat adalah sebagai syarat pembuatan visa. Dalam hal ini, rekening koran berfungsi sebagai informasi keuangan yang berkaitan dengan kesanggupan secara finansial saat kamu berkunjung ke luar negeri, baik itu untuk urusan bisnis maupun untuk berlibur. Biasanya, informasi keuangan yang dibutuhkan adalah dalam periode waktu tiga hingga enam bulan. Selain rekening koran, syarat pengajuan visa lainnya yaitu SPT PPh 21 dan slip gaji.

5. Syarat mengajukan pinjaman

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus VisaIlustrasi kredit (IDN Times/Istimewa)

Fungsi rekening koran yang kelima adalah sebagai syarat mengajukan pinjaman. Tak hanya berfungsi sebagai syarat pengajuan visa, rekening koran juga berfungsi sebagai syarat pengajuan pinjaman. Syarat ini berlaku untuk menunjukkan informasi keuangan nasabah yang dapat digunakan sebagai indikator kemampuan membayar kredit aesuai perjanjian yang telah disepakati.

6. Sebagai audit laporan keuangan

6 Fungsi Rekening Koran, Bisa Jadi Syarat Mengurus Visamohamed Hassan dari Pixabay" target="_blank">ilustrasi audit (pixabay/mohamed_hassan)

Fungsi rekening koran yang keenam adalah sebagai dokumen audit laporan keuangan. Jika pemilik rekening merupakan atas nama perusahaan atau organisasi, rekening koran dapat dijadikan sebagai informasi audit laporan keuangan. Dengan ini, perusahaan dapat mengetahui besaran kredit dan debit atau pemasukan dan pengeluaran selama periode tertentu. Selain itu, rekening koran juga dapat digunakan sebagai data atau bukti apabila terjadi kecurangan.

Demikian penjelasan 6 fungsi rekening koran yang telah dirangkum IDN Times. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Cara Ampuh agar Rekening Bank Tetap Aman dari Phising 

Topic:

  • Yunisda Dwi Saputri
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya