Comscore Tracker

Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur Keuanganmu

Karena keuangan gak diatur hidupmu justru malah bisa kacau

Saat masih muda dulu mungkin kamu berpikir bahwa sangat menyenangkan hidup sebagai orang dewasa, sebab sudah punya penghasilan sendiri dan bisa menggunakan uang suka-suka. Padahal semakin dewasanya kamu justru pengelolaan uang secara tepat sangatlah dibutuhkan, karena kalau keuanganmu berantakan maka bisa mengacaukan hidupmu pula.

Maka dari itu pada pembahasan kali ini kita membahas beberapa cara yang kiranya lebih tepat untuk mengatur keuanganmu dan gak sekadar berhemat. Yuk simak!

1. Tetapkan berapa pengeluaran untuk kebutuhan pokok secara konsisten

Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur KeuanganmuPexels.com/Karolina Grabowska

Caranya yang pertama untuk mengelola keuanganmu ialah dengan menetapkan jumlah atau batas biaya untuk kebutuhan utamamu selama sebulan. Hal ini termasuk makanan, pakaian, tempat tinggal, dan obat-obatan. Karena itu dalah kebutuhan pokok yang tidak bisa ditunda, sangat penting dan memang dibutuhkan.

2. Buat catatan anggaran secara disiplin setiap hari

Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur KeuanganmuPexels.com/Snapwire

Cara kedua yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuanganmu dengan lebih tepat ialah dengan membuat catatan pengeluaran secara disiplin setiap harinya. Hal ini bisa menjadi renungan untukmu sendiri, memperhatikan bahwa untuk apa saja uang yang kamu pakai setiap hari. Dengan begitu kamu bisa berusaha lebih bijak kedepannya.

3. Tunda dulu membeli barang yang belum benar-benar diperlukan

Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur KeuanganmuPexels.com/Andrea Piacquadio

Kemudian kalau kamu mau lebih bijak dalam mengelola keuangan dan gak sekadar hemat, maka tunda membeli atau mengeluarkan hal-hal yang tidak benar-benar diperlukan, alias untuk kesenangan sesaat saja. Hal ini mencegahmu untuk boros sekaligus membuatmu menjadi orang dewasa yang bijak dalam menggunakan uang.

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan agar Bisa Beli Rumah dalam Waktu Dekat

4. Sediakan anggaran khusus untukmu belajar atau fasilitas menambah skill baru

Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur KeuanganmuPexels.com/Cottonbro

Ingat, sehemat apapun kamu jangan sampai pelit pada diri sendiri jika itu menyangkut pembelajaran. Hal ini juga masuk ke dalam cara tepat mengelola uang, yaitu dengan menyediakan anggaran khusus untukmu belajar, menambah wawasan, atau memperdalam skill tertentu. Karena bagaimanapun juga kamu pun harus berkembang jika ingin maju, kan.

5. Mengapresiasi diri sendiri secukupnya dengan belanja atau jalan-jalan

Gak Sekadar Hemat, Ini 5 Cara Atur KeuanganmuPexels.com/Veerasak Piyawatanakul

Terakhir, mengapresiasi diri sendiri tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi ingatlah untuk jangan sampai boros jika kamu ingin mengatur keuanganmu dengan bijak. Apresiasi kerja keras yang telah kamu lakukan secukupnya saja. Dengan begitu kamu tidak boros namun juga tidak stres.

Itulah tadi beberapa cara tepat yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuanganmu, jadi gak cuma hemat dan irit, melainkan uangmu digunakan untuk hal-hal yang memang penting dan bermanfaat untuk diri sendiri.

Baca Juga: Aduh, 5 Zodiak Ini Punya Masalah Keuangan di Awal Tahun 2021

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Sebab ingatan kan abadi jika dituangkan dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya