Comscore Tracker

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!

Membiasakan diri menabung bisa selamatkan kondisi finansial

Jakarta, IDN Times - Dari zaman dulu hingga sekarang, menabung menjadi salah satu cara untuk menjaga dan mempertahankan kondisi finansial agar tetap stabil. Tempat menabung pun bisa di mana saja, mulai dari celengan biasa hingga di bank. 

Keduanya mempunyai keuntungannya masing-masing. Bila di celengan biasa, tabungan dapat diambil kapan saja sesuka hati, tidak ada biaya administrasi dan juga ketentuan setoran awal. Sedangkan, di bank jauh berbeda, walaupun untuk menabung di sana ada ketentuan setoran awal, tetapi keuntungan yang dirasakan bisa bermacam-macam. 

Berikut keuntungan menabung di bank, kamu bisa mendapatkan bunga hingga hadiah, lho!

Baca Juga: Sulit Simpan Uang? 5 Cara Menabung Unik yang Wajib Kamu Coba

1. Mendapatkan keamanan

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!Ilustrasi Pencurian Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Menyimpan uang di bank lebih minim resiko daripada celengan biasa. Hal itu karena bank memiliki sistem keamanan berlapis baik secara fisik maupun nonfisik. Bank menjamin uang yang ditabung, terutama jika uang yang disimpan dalam jumlah yang sangat banyak. 

2. Cukup mudah, praktis dan bisa diambil kapan saja

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!Ilustrasi ATM Centre (IDN Times/Mardya Shakti)

Keuntungan menabung di bank selanjutnya adalah mudah, praktis, dan bisa diambil kapan saja. Jika biasanya kamu harus membuat catatan penyimpanan dana, catatan tersebut akan dicatat sistem secara otomatis dan akan ditampilkan di buku rekening atau tabungan.

Selain itu, untuk mengetahui saldo tabungan atau jika ingin melakukan transaksi, seperti transfer, kamu bisa mengaksesnya lewat ATM terdekat atau melalui mobile banking. 

Baca Juga: Jenis-Jenis Tabungan di Bank, Kamu Punya yang Mana?

3. Pengelolaan keuangan lebih terencana

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!Pexels/rawpixel

Untuk mengelola uang secara baik, dibutuhkan keterampilan dan pemahaman yang baik akan kondisi finansial. Dengan menabung di bank, kamu jadi bisa mengontrol setiap pemasukan dan pengeluaran dengan baik.

Jadi, mutasi keluar dan masuk uang bisa dicek setiap waktu dengan melihat buku tabungan atau dengan meminta rekening koran yang dicetak setiap periode tertentu.

4. Bisa mendapat bunga

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!ilustrasi modal, ilustrasi investasi, ilustrasi bunga. (IDN Times/Aditya Pratama)

Hal ini menjadi pembeda menabung di celengan dengan di bank. Pada bank, setiap nasabah yang menabung akan mendapatkan bunga. Tentunya, besaran bunga tersebut tercantum dalam peraturan masing-masing bank. 

Namun, jangan jadikan hal tersebut patokan karena tujuan utama menabung adalah agar bisa mengatur kondisi keuangan sebaik mungkin. Penting untuk diingat juga bahwa bunga yang didapatkan dan ditambahkan ke saldo tabungan mungkin tidak begitu terasa. Prinsipnya semakin tinggi saldo yang dimiliki, semakin besar juga bunga yang akan didapatkan.

5. Sebagai alternatif investasi

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!Ilustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Tidak hanya bisa menabung biasa, di bank menabung untuk investasi pun bisa. Ada beberapa pilihan tabungan investasi yang bisa kamu coba, seperti tabungan berjangka, tabungan emas, deposito, reksadana sebagai alternatif investasi.

Namun, perlu diingat kamu juga harus aware terhadap risiko dan returnnya agar kamu tak merugi. 

6. Memiliki kesempatan mendapatkan promo menarik hingga hadiah

6 Keuntungan Menabung di Bank, Bisa Dapat Bunga hingga Hadiah!Ilustrasi Promo/Diskon (IDN Times/Arief Rahmat)

Keuntungan menabung di bank yang terakhir adalah bisa mendapatkan promo menarik hingga hadiah. Sejumlah merchant kerap menawarkan promo bagi pelanggan yang melakukan pembayaran menggunakan kartu debit atau kartu kredit bank tertentu.

Promo itu bisa berupa discount atau potongan harga atau ada pula merchant yang menawarkan pelanggan membayar menggunakan point yang mereka punya.

Selain itu, jika kamu memiliki saldo yang banyak, maka kamu akan terekspos ke peluang untuk mendapatkan hadiah di acara-acara tertentu yang diselenggarakan oleh bank, misal di momen ulang tahun bank. 

Baca Juga: Bank Digital Vs Bank Konvensional, Begini Menurut Dirut BRI 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya