Comscore Tracker

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?

BSI berlandaskan pada nilai keislaman

Jakarta, IDN Times - Bank Syariah Indonesia (BSI) adalah bank syariah terbesar di Indonesia. Bank ini merupakan hasil merger atau penggabungan dari beberapa bank syariah yang sebelumnya ada di Indonesia. 

Bank BSI mulai resmi beroperasi pada 1 Februari 2021 dan kini telah memiliki banyak produk, serta nasabah. Jika dirangkum, ini daftar produk Bank Syariah Indonesia. 

Baca Juga: Profil Tuan Guru Bajang, Eks Timses Jokowi yang Jadi Wakil Komut BSI

1. Tabungan

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?Ilustrasi uang (IDN Times/Mardya Shakti)

Produk Bank Syariah Indonesia yang pertama adalah produk tabungannya. Berikut daftar produk tabungan Bank BSI.

BSI Tabungan Bisnis
Tabungan ini memiliki akad mudharabah muthlaqah yang menggunakan satuan mata uang rupiah sehingga transaksi yang dilakukan akan lebih mudah bagi segmen wiraswasta.

Jika kamu menggunakan produk tabungan BSI bisnis, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan seperti gratis biaya transfer dengan minimal saldo Rp10 juta dan limit transaksi yang lebih kompetitif.

BSI Tabungan Classic
Tabungan yang satu ini juga dapat digunakan sebagai suatu investasi dana yang mampu menampung setoran cash collateral atau goodwill..

BSI Tabungan Easy Mudharabah
Sesuai dengan namanya, produk tabungan yang satu ini dalam pelaksanaannya menggunakan akad mudharabah sehingga dana yang diinvestasikan dalam tabungan bank syariah tersebut disalurkan ke dalam sektor-sektor yang telah dijamin halal. 

BSI Tabungan Easy Wadiah

Akad yang digunakan pada tabungan ini merupakan akad wadiah yad dhamanah. Dalam hal ini, nasabah dapat menitipkan dananya ke bank dengan tanpa khawatir karena akan dikelola dengan berdasarkan nilai-nilai syar’i. 

Kemudian ketika berbicara soal profit, maka bagi hasil dapat dilakukan apabila disetujui pihak bank syariah terkait.

BSI Tabungan Efek Syariah
Produk Bank Syariah Indonesia satu ini dikhususkan untuk kamu yang ingin melakukan transaksi efek pada pasar modal tentunya dengan tetap menjalankan prinsip-prinsip syariah di dalamnya. Jenis tabungan ini cocok untuk orang yang tertarik dengan bidang perencanaan profit finansial.

BSI Tabungan Junior
Produk Bank Syariah Indonesia berikutnya adalah BSI Tabungan Junior. Sesuai dengan namanya, produk tabungan yang satu ini diperuntukkan kepada anak atau pelajar yang masih berusia di bawah 17 thn.

Tujuannya anak dapat memiliki motivasi dan dorongan untuk menabung sejak muda. Saldo awal untuk setoran minimal dari tabungan ini adalah 100 ribu rupiah.

BSI Tabungan Mahasiswa
Selain tabungan untuk pelajar di BSI tabungan junior, BSI juga menyediakan produk tabungan untuk mahasiswa. Jenis tabungan ini dapat digunakan oleh berbagai kalangan mahasiswa yang terdaftar di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Seperti tabungan pada umumnya, mahasiswa juga akan mendapatkan kartu debit yang sudah terintegrasi secara digital.

BSI Tabungan Payroll
Produk bank BSI berikutnya adalah BSI tabungan payroll. Jenis tabungan yang satu ini diperuntukkan bagi para nasabah payroll serta para nasabah migran kartu debit. 

BSI Tabungan Pendidikan
Produk BSI Tabungan Pendidikan cocok apabila kamu ingin merencanakan pendidikan anak yang ditanggung. Setoran bulanannya mulai dari 100 ribu rupiah.

BSI Tabungan Pensiun
Tabungan ini ditujukan bagi nasabah secara perorangan yang telah terdaftar di berbagai Lembaga Pengelola Pensiun yang bermitra dengan Bank terkait.

BSI Tabungan Prima
Ini adalah BSI tabungan prima yang ditujukan bagi segmentasi nasabah dengan kalangan yang lebih tinggi. Fasilitas yang bisa didapatkan diantaranya berupa asuransi jiwa sampai dengan nilai 500 juta rupiah dan layanan prioritas lainnya.

BSI Tabungan Rencana
Jenis tabungan ini cocok untuk digunakan bagi individu perorangan yang ingin melakukan perencanaan finansial agar lebih terarah dan pasti.

BSI Tabungan Simpanan Pelajar
Tabungan ini diperuntukkan bagi para siswa yang penerbitannya dilakukan secara nasional langsung oleh BSI. Untuk setoran awal dapat dimulai dari seribu rupiah saja.

BSI Tabungan Smart
Jenis tabungan yang satu ini merupakan salah satu tabungan yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat dan telah diakui oleh OJK atas nilai literasi finansialnya. Nasabah berkesempatan mendapatkan bonus dari BSI.

BSI Tabungan Valas
BSI juga menyediakan tabungan dalam mata uang dollar. Jika kamu ingin memilikinya, kamu dapat langsung saja membuka tabungan BSI Valas ini.

BSI TabunganKu
Produk TabunganKu dari BSI diperuntukkan bagi nasabah secara individu untuk dapat mendorong minat menabung. Setoran awalnya sangat ringan yakni Rp20 ribu hingga Rp80 ribu.

BSI Tapenas Kolektif
Produk ini cocok digunakan apabila kamu ingin melakukan perencanaan tabungan dalam jangka pendek maupun panjang dengan nilai yang kompetitif.

2. Prioritas

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?Ilustrasi Pemimpin . (IDN Times/Aditya Pratama)

Produk bank syariah Indonesia berikutnya adalah dalam bidang prioritas sebagai berikut.

BSI Prioritas
Produk ini merupakan suatu layanan ekslusif yang memungkinkan kamu untuk mendapatkan konter layanan prioritas, layanan relationship manager, hadiah milad, serta keistimewaan lainnya.

BSI Private
Produk ini diperuntukkan bagi nasabah yang memiliki saldo minimal Rp5 miliar untuk dapat memperoleh keistimewaan nasabah prioritas secara private.

Safe Deposit Box (SDB)
Produk ini adalah wadah untuk surat, dokumen, dan harta berharga. Untuk penyimpanannya didukung teknologi canggih dan tetap berdasar pada nilai islam.

Baca Juga: Aplikasi BSI Mobile, Cara Simpel Daftar Akun dan Keuntungannya 

3. Transaksi bisnis

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?Ilustrasi uang (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain produk tabungan, Bank Syariah Indonesia juga menyediakan berbagai layanan produk berupa transaksi bisnis sebagai berikut.

BSI Giro Rupiah
Kamu dapat bertransaksi dengan didasarkan prinsip wadiah sehingga sesuai dengan asas syar’i. Kamu juga berkesempatan mendapat bonus bank dari transaksi ini.

BSI Giro Valas
Selain transaksi giro rupiah, BSI juga menyediakan transaksi Giro Valas untuk kamu yang memiliki dana dalam mata uang US Dollar.

Bank Guarantee Under Counter Guarantee
Jenis ini merupakan suatu produk layanan dan jasa yang memberikan penjaminan atas permintaan atau kontra jaminan dari dana bank maupun bukan bank.

BSI Bank Garansi
Produk ini diperuntukkan bagi para vendor maupun kontraktor dari PT PLN dalam hal penyediaan barang dan jasa.

BSI Cash Management
Produk bisnis berikutnya adalah BSI cash management yang membuat transaksi bisnis kamu menjadi lebih mudah karena telah dibantu oleh fasilitas internet banking.

BSI Deposito Ekspor SDA
Produk berikutnya adalah deposito ekspor SDA. Produk ini memiliki kelebihan yaitu kemudahannya dalam membuka deposito dari sumber dana SDA yang didapat dari bank lain.

BSI Giro Ekspor SDA
Jenis produk ini memberikan layanan untuk pembiayaan kepemilikan rumah atau dapat pula digunakan sebagai properti berhadiah porsi haji dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

BSI Giro Optima
Giro Optima merupakan produk BSI yang menempatkan dana di giro untuk digunakan sebagai transaksi perusahaan dengan hasil yang lebih optimal.

BSI Giro Pemerintah
Produk BSI yang satu ini dapat pula digunakan sebagai agunan, lho. Untuk hasil dari keuntungan Giro Pemerintah dibagi setara dengan saving dari saldo rata.

BSI Pembiayaan Investasi
Produk bisnis berikutnya adalah BSI pembiayaan investasi yang dapat digunakan untuk pembiayaan baik dalam jangka menengah sampai dengan jangka panjang.

Giro Vostro
Produk giro vostro adalah produk layanan jasa yang rekeningnya dapat dibuka dalam berbagai macam jenis mata uang baik bank maupun bukan bank.

Jasa Penagihan Transaksi Trade Finance Antar Bank
Produk berikutnya adalah jasa penagih piutang atau transaksi trade finance antar bank sehingga utang yang terdapat pada nasabah dapat ditagih sesuai dengan prinsip syariah.

Pembiayaan yang Diterima (PYD)
Ini adalah pinjaman maupun biaya yang diterima pihak BSI dari berbagai pihak bank lainnya baik domestik maupun internasional.

4. Investasi dan emas

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?Ilustrasi investasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Produk Bank Syariah Indonesia berikutnya adalah dalam bidang investasi dan emas. Berikut ini adalah rincian produknya.

Bancassurance
Produk pertama adalah investasi bancassurance. Investasi ini memiliki beberapa kelebihan seperti dapat menyediakan perlindungan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan bagi nasabahnya.

BSI Deposito Valas
Jenis investasi berikutnya yang disediakan BSI adalah BSI deposito valas yang memungkinakan kamu untuk melakukan investasi dalam jangka 1 sampai 12 bulan.

BSI Reksa Dana Syariah
Jenis investasi berikutnya yang disediakan BSI adalah reksa dana syariah. Investasi reksa dana memang sedang populer termasuk di kalangan anak muda, maka dari itu BSI memfasilitasi jenis investasi ini dengan mengemasnya dalam nilai syariah.

Cash Waqf Linked Sukuk Ritel (Sukuk Wakaf Ritel)
Produk ini dapat kamu gunakan untuk melakukan investasi wakaf dana. Produk ini terbilang terjangkau untuk bidang wakaf.

Deposito Rupiah
Produk berikutnya yakni deposito rupiah yang dapat digunakan sebagai deposit perseorangan maupun perusahaan dengan menggunakan rupiah.

Referral Retail Brokerage
Layanan ini dapat digunakan pada investasi nasabah yang potensial seperti saat bekerjasama dengan perusahaan sekuritas.

SBSN Ritel
Dalam produk ini terdapat sukuk negara ritel dan juga sukuk tabungan. Keduanya dijalankan dengan nilai-nilai syariah.

BSI Cicil Emas
Produk pertama adalah BSI Cicil Emas yang bisa kamu gunakan untuk membiayai emas batangan. Adapun jumlah minimal berat emasnya adalah 10 gram.

BSI Gadai Emas
Produk emas berikutnya yang dapat kamu gunakan di BSI adalah dalam jenis gadai emas. Produk ini akan memberikan jaminan pembiayaan sebagai alternatif dari uang tunai.

BSI Mitra Beragun Emas (Non Qardh)
Pembiayaan berikutnya adalah untuk kamu yang ingin memiliki agunan berupa emas dengan jangka waktu tertentu. Akadnya menggunakan akad Murabahah atau ijarah.

5. Haji dan umroh

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?Ilustrasi Suasana Haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Tentunya BSI memiliki produk tabungan haji bank syariah Indonesia. Untuk jenis tabungannya terbagi menjadi dua sebagai berikut.

BSI Tabungan Haji Indonesia
BSI tabungan haji Indonesia memiliki setoran awal tabungan mulai dari Rp100 ribu dan dapat pula dibayarkan melalui giro deposito.

BSI Tabungan Haji Muda Indonesia
Jenis ini dapat digunakan untuk perencanaan haji maupun umroh bagi seluruh kalangan usia dengan mengikuti aturan syar’i.

BSI Umrah
Produk ini diberikan untuk pembiayaan konsumtif selama memenuhi kebutuhan ibadah umrah.

6. Pembiayaan

Daftar Produk Bank Syariah Indonesia, Mana Pilihanmu?Ilustrasi Pembayaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Produk Bank Syariah Indonesia berikutnya adalah dalam bidang pembiayaan. Saat ini, di website BSI terdapat 17 jenis pembiayaan sebagai berikut.

Bilateral Financing
Pembiayaan ini dapat menggunakan valuta dari rupiah maupun valuta dari mata uang asing. Pembiayaannya adalah untuk lembaga bank maupun bukan bank.

BSI Cash Collateral
Jenis pembiayaan ini memiliki jaminan agunan likuid. Untuk nilai murabahahnya senilai 0 persen dan nilai ijarah dimulai 0,5 persen sampai 1 persen.

BSI Distributor Financing
Pembiayaan yang satu ini dijalankan dengan menggunakan skema value chain. Kamu juga berkesempatan mendapat data talangan dan harga yang kompetitif.

BSI Griya Hasanah
Jika kamu berencana untuk KPR rumah, maka kamu dapat menggunakan jenis pembiayaan ini untuk kepemilikan hunian rumah.

BSI Griya Mabrur
Produk yang satu ini juga dapat digunakan untuk pembiayaan rumah. Terdapat fasilitas autodebet tabungan BSI dengan transaksi mudah secara online.

BSI Griya Simuda
Jenis pembiayaan ini sangat cocok untuk kamu yang berusia 21 sampai 40 tahun jika ingin punya rumah. Pembiayaan ini diperuntukkan bagi nasabah yang berusia muda.

BSI KPR Sejahtera
Jenis pembiayaan ini memiliki angsuran tetap yang sesuai dengan prinsip syariah. Kemudian untuk harga jualnya sendiri terbilang ringan.

BSI KUR Kecil
Jika kamu merintis usaha, maka pembiayaan KUR Kecil dapat kamu pilih. Produk ini dapat memfasilitasi investasi mulai dari Rp50 juta.

BSI KUR Mikro
Masih dalam bidang usaha, bagi pegiat usaha mikro dapat memilih produk ini dengan investasi mulai dari Rp10 juta.

BSI KUR Super Mikro
Untuk kamu yang ingin membuka usaha kecil, tersedia pula BSI KUR Super Mikro. Produk ini dapat digunakan untuk pembiayaan modal.

BSI Mitraguna Berkah
Produk pembiayaan berikutnya yakni BSI Mitraguna Berkah yang dapat kamu gunakan bagi berbagai tujuan pembayaran. Angsurannya pun terbilang ringan dan stabil.

BSI Multiguna Hasanah
Produk yang satu ini dapat digunakan bagi berbagai tujuan pembayaran yang bersifat konsumtif seperti renovasi rumah maupun belanja furniture.

BSI Oto
Seperti namanya, produk ini dapat digunakan sebagai pembiayaan kendaraan.

BSI Pensiun Berkah
Pembiayaan dari produk ini ditujukan bagi para pensiunan yang layak menerima manfaat.

Mitraguna Online
Produk ini dapat digunakan untuk berbagai pembayaran termasuk pembayaran online. Jika mengalami kesulitan, kamu dapat menghubungi call center bank syariah Indonesia.

Baca Juga: Rincian Biaya Transaksi Nasabah BSI di Mesin ATM Bank Lain

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya