Comscore Tracker

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 Tahun

Biar pensiun dengan sejahtera nih

Investasi di masa muda sering kali terlupakan. Menikmati masa muda, bagi sebagian orang, dianggap sebagai waktu untuk bersenang-senang dan menikmati uang yang dimiliki sesuka hati. Sebenarnya, gak ada yang salah dengan bersenang-senang selagi muda, tapi semuanya harus tetap terkontrol.

Bahkan, karena kamu masih muda, makanya kamu harus mulai berinvestasi. Jika kamu baru mau berinvestasi saat tua, lalu kapan kamu akan menikmati hasilnya? Daripada menyesal di kemudian hari, coba intip dulu enam jenis investasi yang harus kamu coba sebelum berusia 25 tahun.

Baca Juga: Sudah Kaya, kok Bisa Miskin? Pelajari 5 Alasannya Biar Bisa Kamu Cegah

1. Investasi pendidikan dan relasi

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 Tahun(Ilustrasi pendidikan) IDN Times/Sukma Shakti

Jangan sampai menyesali masa mudamu dengan menyiakan kesempatan investasi pendidikan dan koneksi. Selama duduk di bangku kuliah, kamu bisa menggunakan peluang tersebut untuk membangun relasi dengan sangat baik.

Setelah bekerja, kamu bisa memulai mengumpulkan modal untuk melanjutkan sekolah kembali. Yakin deh, investasi bidang pendidikan itu gak bakal rugi sama sekali.

2. Coba untuk investasi memulai socialpreneur

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 TahunPexels.com/Fauxels

Kamu yang aktif di media sosial pasti gak asing lagi dengan istilah socialpreneur. Ini nih salah satu bentuk investasi yang sedang tren di kalangan anak muda. Socialpreneur dapat berupa pelatihan kepada masyarakat dan memperdayakan perempuan.

Misalnya kamu melatih ibu-ibu membatik, lalu hasilnya diolah untuk dijual di koperasi. Kamu sudah turut serta membantu pemasukan untuk warga, nih.

3. Investasi emas

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 TahunIlustrasi Emas Mulia (IDN Times/Arief Rahmat)

Salah satu investasi yang paling berisiko minim adalah emas. Jika kamu baru lulus dan mulai memasuki dunia kerja dengan penghasilan tetap, menyisihkan uang untuk investasi emas setiap bulan jadi hal yang sangat berfaedah. Cobain, deh. 

Baca Juga: 5 Skill Dasar yang Wajib Kamu Kuasai agar Sukses dalam Bisnis Online

4. Investasi deposito

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 TahunIlustrasi Menabung. (IDN Times/Aditya Pratama)

Hal ini penting bagi kamu yang kurang mampu mengontrol keuangan dengan baik. Investasi deposito bisa kamu pilih di bank yang kamu percaya. Sehingga gajimu bisa dikurangi secara otomatis dan masuk ke rekening khusus deposito.

Investasi ini banyak peminatnya juga. Meski kekurangannya, investasimu tetap akan berupa uang yang sewaktu-waktu nilainya bisa berkurang jika terjadi inflasi berlebih.

5. Reksadana pendapatan tetap

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 TahunIlustrasi saham (pexels.com/burak)

"Males  ah gak mau ngurus ini, gak mau ngurus itu, gak ngerti cara pakainya." Deretan komentar itu akan muncul saat anak muda ditawari soal investasi. Padahal di era internet sekarang ini, semuanya bisa kamu pelajari secara autodidak dan hanya bermodal keinginan. Misalnya saja reksadana pendapatan tetap.

6. Investasi kemampuan diri

6 Peluang Investasi Ini Wajib Kamu Coba Sebelum Usia 25 TahunIlustrasi bisnis/duniakaryawan.com

Kamu tahu investasi yang apa yang tidak akan merugikan sampai kapan pun? Ya, investasi ke dirimu sendiri. Lakukan semua hal positif yang kamu inginkan dan pelajari berbagai hal.

Selagi kamu memiliki pendapatan dan kesempatan, mulailah untuk mengambil kursus kemampuan. Misalnya seperti bahasa asing, menyetir, memasak, mengelola website, otomotif dan lain sebagainya. Di era digital saat ini, skill  adalah modal utama.

Baca Juga: 5 Jenis Rasio Keuangan, Mulai dari Likuiditas hingga Investasi 

Ingat, kamu cuma hidup sekali dan jangan sampai melewatkan kesempatan berinvestasi. Masa tua memang masih lama, tapi mumpung kamu masih punya energi dan waktu, gak ada salahnya menyiapkan kesejateraan masa tuamu sedari sekarang.

 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya