Comscore Tracker

Investasi Apa yang Risiko Kecil tapi Paling Menguntungkan?

Cek instrumen-instrumen investasi ini ya~

Jakarta, IDN Times - Produk investasi surat utang negara kerap diklaim lebih menguntungkan ketimbang deposito perbankan. Salah satu surat utang yang diterbitkan negara melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan ialah Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI 017.

Melalui keterangannya, lifepal.co.id melakukan perbandingan antara ORI 017 dengan dua produk investasi lain yang juga memiliki risiko kecil dan terjamin keamanannya. Hasil dari perbandingan itu menunjukkan, ORI 017 bukanlah investasi rendah risiko yang paling menguntungkan.

Lantas, apa investasi rendah risiko yang paling menguntungkan?

1. Deposito bank umum bunga bergulung

Investasi Apa yang Risiko Kecil tapi Paling Menguntungkan?Ilustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Untuk deposito bank umum, Lifepal mengambil sampel data berupa 10 deposito bank umum dengan bunga terbesar, dan periode jatuh tempo satu bulan dari Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia per 1 Juli 2020.

Berdasarkan risetnya, rata-rata suku bunga deposito bank umum 5,3 persen per tahun dengan metode bunga bergulung, pajak 20 persen dengan rata-rata imbal hasil 13,40 persen setelah tiga tahun.

Baca Juga: Rekap IHSG Pekan Ini: Terus Menurun, Waktunya Mulai Investasi?

2. Bunga BPR masih unggul daripada deposito BPR dan ORI-17

Investasi Apa yang Risiko Kecil tapi Paling Menguntungkan?Ilustrasi (IDN Times/Mia Amalia)

Sementara Lifepal menilai, BPR masih unggul daripada ORI-17 dan deposito bank umum, karena deposito BPR bunganya bisa mencapai 7,25 persen dan memiliki fitur bunga bergulung.

Dalam rentang waktu tiga tahun, keuntungan bersih dari investasi di deposito BPR ada bisa menembus 18,4 persen, sedangkan ORI 017 16,3 persen dan deposito bank umum maksimal hanya 14, 2 persen.

3. ORI yang paling aman

Investasi Apa yang Risiko Kecil tapi Paling Menguntungkan?IDN Times/Arief Rahmat

ORI 017 adalah investasi yang bisa dijual di pasar sekunder. Investor ORI 017 berpotensi memperoleh keuntungan berupa capital gain saat melakukan penjualan surat berharga tersebut. Keuntungan capital gain jelas tidak ada di deposito bank umum maupun BPR. Hal itu disebabkan karena deposito tidak bisa berpindah tangan atau diperjualbelikan di pasar sekunder.

Salah satu keunggulan ORI 017 adalah pembayaran kupon bunga 6,4 persen, dan bersifat tetap hingga masa jatuh tempo. Pajak untuk investasi ini adalah 15 persen untuk setiap kupon yang diterima.

Dengan minimal pembelian Rp1 juta dan maksimal Rp3 miliar. ORI merupakan investasi yang lebih aman dari deposito. Hal itu disebabkan karena ORI 017 telah dijamin oleh negara baik pembayaran pokok maupun kuponnya, sesuai Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara. Risiko yang mungkin dialami oleh para investor ORI 017 adalah potensi kerugian capital loss di pasar sekunder jika harga surat utang ini turun. 

Sementara itu, dua investasi lainnya yaitu deposito, baik di bank umum maupun BPR, sama-sama dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun, nilai simpanan yang dijamin oleh LPS hanyalah Rp2 miliar untuk kedua produk tersebut.

Jika simpanan nasabah berada di nominal Rp2 miliar, hal tersebut akan diselesaikan oleh tim likuidasi berdasarkan hasil likuidasi kekayaan bank.

Baca Juga: Siap Tandingi Vietnam, Batang Diklaim Kawasan Terbaik untuk Investasi

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Rochmanudin
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya