Comscore Tracker

Jangan Sampai Tekor untuk Siapkan Angpao Lebaran, Ini Triknya

Perlu disiasati, apalagi yang punya banyak saudara

Jakarta, IDN Times - Sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari kemenangan pada  Hari Raya Idul Fitri. Pada hari ini ada tradisi 'salam tempel' aias bagi-bagi THR angpao. Bukan THR dalam jumlah besar seperti yang diberikan perusahaan pada keryawannya. Angpao yang dikenal sebagai tradisi ini, biasanya dibagikan untuk sanak saudara atau kerabat terdekat yang masih kecil.

Pecahan uangnya pun biasanya dalam pecahan kecil. Bukan masalah jumlah uang yang penting, tapi keseruan bagi-membagi amplop ini yang ditunggu dalam momen Lebaran. Tapi, semakin banyak saudara, semakin banyak pula angpao yang musti kamu siapkan.

Bagaimana cara menyiasatinya agar kantong kamu tidak kering setelah bagi-bagi angpao? IDN Times telah merangkum beberapa hal yang dapat kamu lakukan saat membagikan salam tempel. Yuk simak!

1. Siapkan uang pecahan Rp2.000-Rp5.000

Jangan Sampai Tekor untuk Siapkan Angpao Lebaran, Ini TriknyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Coba sediakan uang pecahan Rp2.000 - Rp5.000 untuk anak balita hingga anak yang duduk di bangku SD. Berikan mereka uang secukupnya saja karena mereka belum punya banyak kebutuhan seperti orang dewasa.

Agar angpao terlihat tebal, kamu bisa memasuki uang pecahan Rp5.000 maksimal sebanyak 2 lembar ke dalam angpao, begitu juga dengan uang Rp 2.000 kamu bisa memasuki uang pecahan tersebut maksimal sebanyak 5 lembar.

2. Sediakan uang lembar Rp10.000-Rp50.000

Jangan Sampai Tekor untuk Siapkan Angpao Lebaran, Ini TriknyaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk anak yang duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA), maksimal angpao kamu isi uang pecahan Rp20.000. Sebab, biasanya anak SMP atau SMA hanya akan menggunakan uang tersebut untung nongkrong dengan teman-teman mereka.

Selanjutnya, kamu bisa memberi uang dengan nominal Rp 50.000 kepada saudara yang sudah ahasiswa.  Tentu saja hal ini wajar, sebab kebutuhan mahasiswa jauh lebih besar.

Untuk lebih menghemat, kamu tidak harus memberi THR dengan menggunakan amplop khusus. Sebab, mereka bukan lagi anak-anak yang membutuhkan amplop yang lucu-lucu.

3. Buat daftar yang berhak menerima

Jangan Sampai Tekor untuk Siapkan Angpao Lebaran, Ini Triknyaunsplash.com/Glenn Carstens-Peters

Kamu harus membuat daftar siapa saja yang menurutmu berhak menerima angpao dari kamu. Terkadang saat orang berkunjung ke rumahmu saat Lebaran, seringkali para tamu membawa anak dengan jumlah yang banyak atau di luar dugaan kamu.

Maka dari itu penting untuk kamu mengetahui siapa saja orang yang harus menerima angpao dari kamu. Bukan berarti kamu pelit, tapi ingat-ingat, kamu masih punya kebutuhan lain setelah usai Lebaran.

4. Alokasikan setengah dana THR dari kantor untuk angpao

Jangan Sampai Tekor untuk Siapkan Angpao Lebaran, Ini Triknyaevermine.com

Alokasikan setengah THR yang kamu dapat dari kantor untuk angpao-angpao yang akan dibagikan tersebut. Usahakan kamu tidak mengambilnya dari gaji apalagi sampai membobol tabungan untuk angpao.

Baca Juga: Jangan Boros! Ini 6 Cara Bijak Mengelola THR

5. Ikhlas

Jangan Sampai Tekor untuk Siapkan Angpao Lebaran, Ini TriknyaPixabay.com/faye_yuyun

Yang terakhir tapi penting dalam memberi angpao, kamu harus memberikannya dengan ikhlas. Dengan keikhlasan, pengeluaran tambahan apapun termasuk dalam bentuk angpao tersebut, akan terasa lebih ringan.

Baca Juga: Umumnya, THR Dihabiskan untuk 4 Hal Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You