Comscore Tracker

Mau Mulai Investasi di Pasar Modal? Cek Cara Membuka Rekening Saham

Baca yuk biar kamu gak bingung untuk mulai investasi saham

Jakarta, IDN Times - Dalam berinvestasi saham ada beberapa langkah penting yang harus kamu lakukan saat memulai. Satu langkah teknis yang terpenting adalah membuka rekening saham. Jika kamu tidak memiliki rekening saham tentu kamu tidak akan bisa melakukan transaksi saham.

Bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia saham, mungkin bingung bagaimana cara membuka rekening saham. Untuk membuka rekening saham kamu harus menentukan terlebih dahulu sekuritas yang ingin kamu gunakan. IDN Times pun telah merangkum panduan untuk membuka rekening saham. 

Yuk, ikuti langkah-langkahnya!

1. Cari perusahaan sekuritas pilihanmu

Mau Mulai Investasi di Pasar Modal? Cek Cara Membuka Rekening SahamBursa Efek Indonesia

Pilih perusahaan sekuritas yang kamu mau. Kamu juga bisa mengecek langsung daftar perusahaan sekuritas di situs Bursa Efek Indonesia https://www.idx.co.id/investor/buka-rekening-online/

Pembukaan rekening saham bukan hanya membuka rekening di perusahaan sekuritas, dan juga untuk data yang disampaikan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). Ini adalah rekening penyimpanan saham yang kamu miliki.

Setelah menentukan pilihan sekuritasnya, jika kamu ingin membuka rekening saham secara online kamu dapat mengunduh formulir online yang disediakan oleh masing-masing perusahaan sekuritas di webnya. Jika kamu ingin membuka rekening secara offline kamu bisa membuat janji dengan broker tersebut untuk membuka rekening.

Baca Juga: Baru Mulai Investasi Jangan Ragu Beli Saham, Ini Sederet Keuntungannya

2. Sediakan dokumen yang diperlukan

Mau Mulai Investasi di Pasar Modal? Cek Cara Membuka Rekening SahamIlustrasi KTP (IDN Times/Umi Kalsum)

Siapkan beberapa dokumen seperti KTP, NPWP, cover buku tabungan, foto kopi KTP pasangan jika sudah berkeluarga, dan materai Rp6 ribu. Setelah mengisi formulir kamu dapat mengirimnya kembali via online berserta dokumen-dokumen persyaratan ini.

Dokumen tersebut diperlukan untuk semua sekuritas, jadi tidak ada salahnya jika kamu mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum mulai memilih sekuritas.

3. Memilih dan membuka RDI

Mau Mulai Investasi di Pasar Modal? Cek Cara Membuka Rekening SahamIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Saat membuka formulir untuk membuka rekening, kamu akan diminta untuk membuat rekening dana investor (RDI) juga. RDI merupakan rekening dana kamu yang ditempatkan pada bank, terpisah dari rekening perusahaan efek.

Manfaat RDI, agar kamu mempunyai rekening bank sendiri untuk seluruh penyelesaian transaksi saham. RDI ini memang bertujuan untuk menyimpan dana nasabah yang tidak dibelikan saham.

4. Menunggu pembukaan rekening selesai

Mau Mulai Investasi di Pasar Modal? Cek Cara Membuka Rekening SahamKaryawan memantau pergerakan harga saham di Kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Rabu (15/7/2020) (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Mengutip Finansialku, langkah berikutnya yang dapat kamu lakukan menunggu proses pembukaan rekening. Lamanya pembukaan rekening ini bervariasi bergantung pada RDI yang dipilih, namun pada umumnya memakan waktu kurang lebih seminggu.

Setelah proses pembukaan rekeningnya selesai, nantinya kamu akan dikonfirmasi dan diberikan nomor RDI yang kamu buka. Setelah semuanya selesai, kamu dapat mengisi saldo kamu di awal.

Selamat berinvestasi!

Baca Juga: Tips Investasi di Pasar Saham Amerika Serikat supaya Cuan nih Bosku! 

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya