Comscore Tracker

Hadapi Era Perbankan 4.0, MandiriPay Siap Dirilis Akhir Tahun

Sensasi baru dalam transaksi keuangan

Semarang, IDN Times - Revolusi industri 4.0 atau era serba digitalisasi segera merambah semua aspek kehidupan, termasuk perbankan. Aktivitas transaksi bergeser menjadi hampir sepenuhnya berbasis internet dan teknologi.

Melihat kondisi ini, Bank Mandiri sebagai salah satu badan usaha keuangan terbesar di Indonesia bersiap melakukan pembaruan.

Dalam acara Media Training yang digelar Kamis (29/11) lalu di Kota Semarang, Sunarto Xie selaku Senior Vice President Digital Banking Mandiri, menjelaskan soal produk baru MandiriPay yang akan dirilis akhir tahun dan pembaruan sistem.

1. Bank Mandiri bergerak menuju digitalisasi kegiatan physical banking

Hadapi Era Perbankan 4.0, MandiriPay Siap Dirilis Akhir TahunDok. Mandiri Media Training 2018

Pembaruan sistem Bank Mandiri ini digodok sejak beberapa tahun lalu. Proses persiapannya terbilang panjang, sebab bukan hal mudah merombak sistem yang sudah berjalan lama.

Bank Mandiri ingin meminimalisir pelayanan fisik menjadi asisten digital. Seperti yang dikatakan Sunarto Xie pada awak media, “Orang-orang zaman sekarang selalu butuh aktivitas perbankan, bukan physical bank

2. Nasabah dipermudah untuk melakukan aktivitas perbankan di mana saja

Hadapi Era Perbankan 4.0, MandiriPay Siap Dirilis Akhir TahunPixabay/Free Photos

Sistem perbankan yang baru akan berbasis SOS atau sales on-boarding services. Pengembangan layanan ini akan semakin memudahkan nasabah, tidak perlu datang ke kantor cabang untuk membuka rekening baru atau melakukan pemblokiran kartu.

Untuk mempersiapkan sistem Mandiri 4.0, Sunarto Xie menyebutkan angka investasi yang terbilang fantastis di bidang IT. Bank Mandiri mengucurkan dana sekitar Rp2 triliun di tahun 2018 ini untuk mewujudkan banking everywhere bagi seluruh nasabahnya.

Baca Juga: Alasan BI Tarik 4 Mata Uang Rupiah Ini

3. Sebagai langkah awal, MandiriPay akan dirilis 10 Desember 2018

Hadapi Era Perbankan 4.0, MandiriPay Siap Dirilis Akhir Tahunteskalabs.com

Sebagai langkah awal di sistem 4.0, Bank Mandiri akan merilis satu produk baru pada akhir tahun 2018 ini. MandiriPay yang berfungsi sebagai dompet digital akan dirilis ke publik pada tanggal 10 Desember 2018.

Uniknya, sumber dana MandiriPay bisa berasal dari tiga jalur yaitu e-cash, debit Mandiri dan kartu kredit Mandiri. Jadi siapapun bisa menggunakan aplikasi MandiriPay tanpa harus berstatus sebagai nasabah Bank Mandiri.

Untuk nasabah Bank Mandiri, saldo e-cash bisa dihubungkan langsung ke kartu debit atau kredit. Sama seperti dompet digital lainnya yang sudah tersedia saat ini, MandiriPay bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran dan transaksi dengan QR code.

Tanpa disadari, beberapa aktivitas transaksi saat ini sudah menggunakan sistem perbankan 4.0 lho. Lebih mudah dan efisien kan?

Baca Juga: Marak Fintech Bodong, Yuk Kenali 5 Cirinya Menurut OJK!

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You