Comscore Tracker

5 Universitas Terbaik Dunia untuk Kamu yang Ingin Jadi Pengusaha

Universitas dengan jurusan bisnis terbaik

Jurusan bisnis masih menjadi jurusan yang paling banyak diminati pelajar. Rupanya, masifnya pertempuran di dunia bisnis membuat banyak orang tertarik ingin menggelutinya. Hal ini juga yang mengakibatkan orang berlomba-lomba untuk mencari sekolah bisnis yang baik untuk menunjang kariernya ke depan.

Tapi, tidak sedikit juga yang mengalami kebingungan dalam menentukan kampus yang akan dipilih. Pasalnya, setiap pelajar akan dibuat kewalahan dengan penawaran-penawaran menarik dari setiap kampus, mulai dari fasilitas, program studi, track record kampus dan lain-lain.

Untuk menambah referensimu, berikut beberapa rekomendasi universitas yang menyediakan program studi bisnis terbaik dunia yang bisa kamu coba untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbisnismu.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Hashtag agar Bisnis Kamu Makin Ngetop

1. Harvard University (Amerika Serikat)

5 Universitas Terbaik Dunia untuk Kamu yang Ingin Jadi Pengusahaharvard business school (instagram.com/harvardhbs)

Harvard menjadi sekolah bisnis terbaik dunia. Terbaru, Harvard masuk ke dalam sepuluh universitas terbaik yang dirilis oleh Times Higher Education (THE) melalui World University Rankings (WUR) 2022 by Subject Business and Economics. Ada tiga disiplin ilmu yang masuk ke dalam penilaian WUR yakni bisnis dan manajamen, akutansi dan keuangan, serta ekonomi dan ekonometrika.

Harvard Business School menjadi sekolah bisnis yang paling dicari mahasiswa dari seluruh penjuru dunia. Ini tak lain karena reputasi kampus dan metode belajar yang ditawarkan sangat menarik.

HBS secara khusus menerapkan case study yang secara khusus dipersiapkan kepada pelajarnya untuk menghadapi dunia yang keras. Pelajar di HBS juga akan dibawa untuk melakukan projek.Pada projek tersebut, mereka memiliki kesempatan untuk dikirim ke 140 perusahaan di 11 negara berbeda dalam rentan waktu satu minggu. Tujuannya adalah agar mereka bisa merasakan atmosfer bekerja di perusahaan tersebut.

Selain case study dan projek, keunggulan dari HBS bisa dilihat dari salah satu tugas kelompok yang mewajibkan pelajarnya membangun perusahaan sendiri. Pada tugas ini, setiap kelompok diberi modal awal 3 dolar. Adapun untuk kelompok yang paling berhasil akan mendapatkan modal tambahan.

Baca Juga: 3 Cara Memulai Bisnis Transportasi dan Logistik

2. INSEAD (Paris, Prancis)

5 Universitas Terbaik Dunia untuk Kamu yang Ingin Jadi PengusahaINSEAD (instagram.com/insead)

INSEAD Business School merupakan sekolah bisnis ternama dan terunggul di Eropa untuk program studi Bisnis dan Manajemen. Kampus yang berpusat di Fountainebleau, selatan kota Paris, Prancis ini tersebar di beberapa negara di dunia seperi di Asia (Singapura) dan Timur Tengah (Iarael dan Abu Dhabi).

Diketahui, INSEAD beraliansi dengan banyak lembaga-lembaga top dunia. Banyak perusahaan-perusahaan internasional yang memberikan nilai sempurna terhadap kualitas pembelajaran di INSEAD.

INSEAD memiliki track record alumnus yang cukup gemilang. Para mahasiswa memiliki rata-rata nilai GMAT yang tertinggi, yaitu 702. Fakta ini menjadi pertimbangan khusus bagi mahasiswa yang hendak mencari tempat belajar, terutama bagi mereka yang ingin menekuni dunia bisnis. Sebab, INSEAD memiliki keunggulan pada program MBA yang mampu sejajar dengan universitas tersohor dunia.

Selain progaram MBA yang bagus, INSEAD juga mencetak lulusan yang memiliki rata-rata gaji sebesar 107.000 dolar AS. Gaji tersebut terhitung dari dari bulan pertama hingga bulan ke tiga setelah lulus. Sementara itu, untuk mahasiswa baru setidaknya memiliki enam tahun pengalaman kerja.

3. London Business School (Inggris)

5 Universitas Terbaik Dunia untuk Kamu yang Ingin Jadi Pengusahalondon business school (instagram.com/londonbschool)

London Business School didirikan pada tahun 1964 dengan nama 'London Graduate School of Business Studies'. Pada tahun 1986, London Business School resmi berdiri yang diinisisai oleh Royal Charter.

Kampus ini menjadi kampus terbaik di Inggris untuk program studi Bisnis dan Manajemen. LBS menawarkan program megister pada bidang keuangan, administrasi serta Magister of Business Administration (MBA dan EMBA).

Selain itu, sekolah bisnis ini memiliki Sloan Fellowship Programme untuk eksekutif bisnis yang audah berpengalaman, magister keuangan, magister keuangan untuk mahasiswa yang memiliki pengalaman kurang dari satu tahun, PhD, dan program-program non-magister untuk eksekutif bisnis.

Eksistensi LBS sebagai sekolah bisnis terbaik dunia terbukti dari capaian yang didapatkan dari Financial Times sebagai sekolah bisnis peringkat pertama di Eropa selama empat tahun berturut-turut. LBS juga mendapatkan penghargaan peringkat pertama magister keuangan full time untuk program pasca pengalaman enam kali selama 7 tahun.

Pada 1992, LBS mendapatkan anugerah Queen's Award for Export sebagai pengakuan atas penyediaan layanan pendidikan bagi para manajer dan perusahaan di seluruh dunia.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Bisnis Thrift Shop Layak buat Kamu Jajal

4. Massachusetts Institute of Technology (Amerika Serikat)

5 Universitas Terbaik Dunia untuk Kamu yang Ingin Jadi Pengusahamassachusetts institute of technology (instagram.com/boston_commoner)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) pernah dinobatkan sebagai universitas terbaik dunia pada tahun 2021 oleh World University Rankings (WUR). Pada rilisnya, WUR memberikan skor maksimal untuk semua kategori yang menjadi indikator penilaian seperti penelitian, pengajaran, fasilitas, kesempatan kerja, inovasi dan lainnya.

MIT dikenal sebagai universitas terbaik AS dan dunia untuk disiplin ilmu sains dan teknologi. Selain itu, kampus ini juga masuk ke dalam salah satu kampus dengan jurusan bisnis dan manajemen terbaik dunia.

MIT Sloan School School of Management atau dikenal dengan MIT Sloan adalah sekolah bisnis yang dimiliki oleh Massachussets Institute of Technology. Salah satu program andalan di kampus ini adalah program MBA yang diakui sebagai program paling efektif di dunia.

5. Stanford University (Amerika Serikat)

5 Universitas Terbaik Dunia untuk Kamu yang Ingin Jadi Pengusahastanford university (instagram.com/stanford)

Standford university adalah salah satu jajaran kampus tersohor di Amerika Serikat. Salah satu primadona di kampus ini adalah Graduate School of Business yang masuk ke dalam institusi paling prestisius di AS. Keuntungan ini berdampak positif pada gelar bisnis internal kampus. Alhasil, banyak orang mendambakan bisa menamatkan sekolah bisnis di kampus yang terletak di jantung kota Silicon Valley ini.

Prosss seleksi di GSB terbilang lebih sulit dari saingan beratnya, Harvard University. Ini tak lain karena prosentase penerimaannya hanya berkisar diangka 6,1 persen. Angka tersebut terbilang kecil apabila dibandingkan dengan Yale dan Wharton yang berada pada angka 20 persen. Kesempatan yang sangat kecil ini harus dimaksimalkan dengan potensi yang ada di dalam diri sendiri agar mampu memberikan sesuatu yang berbeda dari kompetitor lain.

Konsep belajar di GSB terbilang sangat modern dan sangat menarik. Konsep yang diusuang diantaranya adalah dengan melakukan pengalaman belajar, kuliah materi, stimulasi dan studi kasus. Adapun program andalan di kampus ini adalah program bisnis di bidang teknologi. Oleh karena itu, GSB dikenal sebagai sarang bagi para pengusaha.

Reputasi tinggi dan efektifitas konsep belajar yang mumpuni membuat lulusan GBS bersinar di dunia kerja. Hal ini berdampak pada alumni yang memiliki peluang kerja lebih tinggi dibandingkan dengan lulusan dari universitas lain. Terbukti, gaji alumni GBS bisa mencapai 3,327,145 dolar AS.

Itu tadi beberapa universitas dengan program studi bisnis terbaik dunia yang bisa kamu coba untuk menambah pengetahuan di bidang bisnis kamu. Selamat mencoba dan jangan lupa terus belajar!

Dian Wijayanti Photo Writer Dian Wijayanti

Suka mendengarkan musik, find me on instagram @diannwy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya