Comscore Tracker

Harus Dipersiapkan, 5 Pengeluaran Mendadak Ini Butuh Biaya Besar

#IDNTimesBusiness Biar gak kelimpungan dan terjerat utang

Selama hidup, kita akan banyak mengalami peristiwa yang membuat kita merasa sulit, salah satunya menyangkut keuangan. Sayangnya, banyak dari kita yang tidak merencanakan pengeluaran untuk hal yang tidak terduga. Meskipun kita mungkin merasa memiliki penghasilan yang layak, mampu mengelola tagihan rutin, dan menabung untuk hiburan, tetapi saat dihadapkan pada momen yang mengharuskan kita membayar tagihan besar yang tidak terduga, banyak orang yang kemudian merasa kebingungan.

Untuk membantu kamu agar tidak kelimpungan saat dihadapkan pada momen yang mengharuskan kamu mengeluarkan uang besar, di bawah ini akan dijelaskan beberapa pengeluaran tak terduga yang membutuhkan biaya besar dan harus kamu persiapkan.

1. Biaya kesehatan

Harus Dipersiapkan, 5 Pengeluaran Mendadak Ini Butuh Biaya Besarilustrasi dokter dan pasien (pexels.com/SHVETS production)

Checkup, suplemen, pemeriksaan dan penyakit ringan merupakan pengeluaran normal yang dapat dianggarkan. Tetapi, jika tiba-tiba kamu harus menjalani operasi usus buntu atau kecelakaan, itu adalah situasi berbeda yang membutuhkan biaya banyak.

Kamu mungkin memiliki asuransi untuk mengantisipasi hal ini. Namun, tetap penting untuk memiliki biaya tabungan karena di saat-saat tersebut kamu tidak bisa bekerja dan membutuhkan lebih banyak biaya kesehatan. Jadi, kamu tetap perlu mempersiapkan biaya untuk hal ini.

2. Keadaan darurat hewan peliharaan

Harus Dipersiapkan, 5 Pengeluaran Mendadak Ini Butuh Biaya Besarilustrasi memeriksakan hewan (pexels.com/International Fund for Animal Welfare)

Jika kamu memiliki hewan peliharaan, kamu pasti tahu bagaimana rasanya saat mereka sakit dan kamu perlu membawanya ke dokter hewan. Ketika kucing peliharaanmu kejang atau tanpa sengaja menelan racun, kamu perlu mendapatkan bantuan untuk hewan peliharaanmu secepat mungkin.

Biaya untuk keadaan darurat hewan peliharaan bisa sama mahalnya dengan kunjungan UGD untuk manusia. Jadi, kamu perlu mempersiapkan biaya untuk kejadian ini.

Kabar baiknya, banyak dari masalah hewan peliharaan ini dapat dihindari. Misalnya, mensterilkan hewan peliharaan betina sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang komplikasi apa pun dari kehamilan atau kelahiran. Kamu dapat mencegah keracunan dengan menjaga hewan peliharaan tetap berada di dalam rumah dan jangkauanmu.

Baca Juga: 6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York City

3. Perawatan mobil

Harus Dipersiapkan, 5 Pengeluaran Mendadak Ini Butuh Biaya Besarilustrasi servis mobil (pexels.com/cottonbro)

Biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat mobil tentunya tidak sama dengan motor atau sepeda. Jika kamu memiliki mobil, kamu pasti akan menghabiskan sejumlah uang setiap tahun untuk membuatnya tetap berjalan. Kamu bisa memperkirakan kapan kemungkinan kamu akan harus mengganti ban, aki, berapa biayanya, dan anggaran lainnya.

Apa yang tidak bisa kamu prediksi adalah kecelakaan atau bencana alam yang menyebabkan banyak kerusakan pada mobil sekaligus. Tentunya, ini akan membutuhkan biaya yang besar untuk dibayarkan.

4. Perbaikan rumah

Harus Dipersiapkan, 5 Pengeluaran Mendadak Ini Butuh Biaya Besarilustrasi renovasi rumah (pexels.com/Rene Asmussen)

Perawatan rumah akan menghabiskan sejumlah uang setiap tahun. Selama beberapa tahun, rumah mungkin tidak memerlukan perbaikan sama sekali, tetapi tahun-tahun setelahnya, kamu mungkin akan melihat banyak kerusakan sekaligus. Belum lagi kemungkinan terjadinya bencana alam, seperti banjir, angin, hingga gempa bumi yang sering menimbulkan banyak kerusakan pada rumah.

Sangat sulit memperkirakan berapa biaya perbaikan rumah, tetapi ada baiknya kamu menyisihkan satu persen dari harga rumah setiap tahunnya untuk biaya perbaikan. Selain itu, masalah kecil di rumah bisa berubah menjadi masalah yang jauh lebih besar jika kamu tidak segera mengatasinya. Jadi, cara terbaik menghemat uang untuk perawatan rumah adalah dengan segera memperbaiki setiap masalah saat pertama kali kamu mendeteksinya.

5. Biaya pemakaman

Harus Dipersiapkan, 5 Pengeluaran Mendadak Ini Butuh Biaya Besarilustrasi pemakaman (pexels.com/Mike)

Mungkin terdengar sangat tidak wajar untuk mempersiapkan segala sesuatunya saat kamu sudah tiada, tetapi merencanakan pemakaman sebenarnya cukup masuk akal. Setelah kamu pergi, keluargamu akan memiliki kewajiban untuk merencanakan pemakaman. Kehilangan orang tercinta saja sudah membuat hati terasa hancur, ditambah kewajiban membayar biaya pemakaman yang mahal.

Jika kamu tidak merencanakannya, keluargamu perlu mencari uang sumbangan dari saudara atau bahkan berutang banyak. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita mempersiapkan biaya saat kita sudah tiada. Bukan hanya untuk kamu, ini juga berlaku untuk anggota keluarga yang lain.

Jadi, apakah selama ini kamu sudah mempersiapkan tabungan untuk hal-hal di atas? Jika kamu masih sering menghambur-hamburkan uang karena merasa tidak memiliki banyak tanggungan dan pengeluaran, kamu perlu lebih berhati-hati dalam mengelola uang dan mempersiapkan tabungan. Jangan sampai, kamu kelimpungan saat dihadapkan pada momen yang mengharuskan kamu mengeluarkan banyak biaya.

Baca Juga: Mau Tahu Berapa Biaya Rata-rata buat Kamu Sarapan hingga Makan Malam?

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya