Comscore Tracker

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habis

Yuk, hindari mulai dari sekarang

Sangat penting bagi kita untuk mengatur keuangan. Apalagi untuk anak rantau yang jauh dari rumah. Karena jika pengeluaranmu habis di tengah bulan, lantas apa yang terjadi? Rasanya tidak enak dong meminta uang lagi kepada orang tua. Padahal itu sepenuhnya salah kita yang kurang bisa mengatur pengeluaran.

Oleh karena itu, kamu harus menghindari kesalahan-kesalahan fatal yang bisa membuat pengeluaranmu cepat habis nih. Apa saja ya? Yuk simak kelima poinnya di bawah ini.

1. Terlalu memanfaatkan diskon untuk membeli barang mahal

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habispexels.com/bruce mars

Perlu kamu ketahui jika diskon yang beredar di toko-toko sebenarnya tidak terlalu menguntungkan. Apalagi berlaku kenaikan harga sebelum diskon. Sehingga biasanya harga cenderung dinaikkan dulu sebelum dikenai potongan harga fantastis. Siapapun tidak dapat menolak dong dengan adanya diskon gede-gedean.

Sesekali memanfaatkan diskon memang tidak apa-apa. Tetapi jika terlalu sering kamu akan menjadi ketagihan. Sehingga pengeluaranmu akan habis hanya untuk membeli barang mahal karena haus diskon tersebut. Jadi, lebih baik dikurangi ya agar pengeluaranmu di bulan ini tetap aman.

2. Malas mencari pekerjaan paruh waktu atau sampingan

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habispexels.com/Daria Shetsova

Kerja part-time maupun freelancer sangat membantu sekali untuk menambah pemasukan. Apalagi saat ini banyak sekali pekerjaan freelancer yang bebas dilakukan dimana pun dengan hanya bermodalkan internet. Misalnya design grafis, content writer, berjualan online.

Kamu yang memiliki hobi menulis juga bisa ikut gabung menjadi Community Writer di IDN Times lho. Karena setiap tulisan yang kamu tulis akan mendapatkan poin yang bisa ditukar senilai uang. Yuk, segera daftar sekarang.

3. Tidak merinci pengeluaran setiap bulannya

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habispexels.com/pixabay

Sangat penting sekali untuk mengetahui setiap detail pengeluaran kita. Seperti berapa yang kamu habiskan untuk makan, transportasi, kuota internet dan lain-lain. Dengan mengetahui jumlah pengeluaranmu setiap bulannya kamu jadi tahu berapa budget yang harus kamu keluarkan untuk bertahan hidup.

Kamu juga bisa mencoba untuk lebih hemat. Jika bulan lalu kamu habis demikian, kamu bisa menetapkan target agar pengeluaranmu lebih sedikit ketimbang bulan lalu. Dengan selalu merinci keuangan, hidupmu cenderung terkontrol. Bye-bye akhir bulan minum Promaag.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Boros yang Seringkali Tidak Kamu Sadari

4. Jangan langsung menarik banyak uang di ATM

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habispexels.com/pixabay

Kesalahan umum yang sering dilakukan orang yakni selalu menarik semua kiriman uang di ATM. Padahal dengan begini kamu malah cenderung akan lebih boros. Karena biasanya di awal kamu akan langsung membelanjakan banyak sekali barang karena merasa uang yang kamu pegang cukup.

Ada baiknya memperkirakan uang yang harus kamu tarik untuk bertahan hidup setiap 1 minggu. Jadi ketika habis kamu bisa menariknya lagi. Lakukan secara berkala dan sesuai kebutuhan. 

5. Mempercayakan uang kepada orang lain

5 Kesalahan Fatal yang Bikin Pengeluaran Bulananmu Cepat Habispexels.com/Lukas

Banyak yang masih menitipkan uangnya kepada orang lain. Biasanya hal ini mereka lakukan agar tidak boros. Mereka akan menitipkan sejumlah uang kepada orang terdekatnya dan memintanya kembali secara berkala seiring kebutuhan mereka. Sebenarnya cara ini kurang efektif, apalagi jika kamy tidak pernah mencatat pengeluaranmu.

Sehingga jika uangmu habis kamu akan terus-terusan meminta uangmu kembali tanpa memperkirakan berapa pengeluaranmu. Jika kamu tidak teliti dan sering lupa, bisa saja kamu salah mengingat nominal uang yang kamu titipkan ke temanmu. Kalau kedua belah pihak sama-sama lupa, bisa kacau dong.

Itulah 5 kesalahan umum yang sering dilakukan orang lain yang membuat pengeluaran cepat habis. Nah, sudah tahu apa saja kan yang membuatmu sering boros setiap bulannya?

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Generasi Millennial Lebih Boros 

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You