Comscore Tracker

5 Tips Menabung yang Asyik Biar Gak Bikin Buntung, Justru akan Untung 

Cocok dicoba para millennial  

Banyak millennial yang masih merasa berat dan sulit untuk membiasakan diri agar rutin menabung. Gak heran, berbagai cara pun mereka coba agar saldo tabungan gak turun terus. Bahkan, sebagian dari mereka yang kerap mengalami kegagalan saat menabung, mengangap bahwa kegiatan menabung ini adalah beban dan sesuatu tantangan yang sulit ditaklukan.

Nah, supaya kegiatan menabung ini gak menjadi beban untukmu juga, maka jadikanlah menabung sebagai suatu kebiasaan baik. Percayalah bahwa menabung sedini mungkin nantinya pasti akan bermanfaat positif untukmu. Berikut lima tips yang membuat kegiatan menabungmu menjadi asyik dan ringan dalam melakukannya. Dijamin gak akan buntung, deh!

1. Lakukan berdasarkan metode penanggalan 

5 Tips Menabung yang Asyik Biar Gak Bikin Buntung, Justru akan Untung ilustrasi orang menulis pada kalender (pexels.com/Anete Lusina)

Satu hal yang perlu kamu ingat bahwa menabung itu bukanlah ketika ada sisa di akhir bulan. Namun, berusahalah menyisihkan pendapatanmu di awal gajian untuk menabung. Metode penanggalan ini ampuh dan efektif untuk digunakan sebagai cara menabung yang asyik dan gak memberatkanmu.

Misalnya, setiap tanggal 1, 10, 11, 21, 31 kamu harus menabung sebesar jumlah yang telah kamu tentukan. Lakukanlah dengan rutin setiap bulannya. Kalau perlu buatlah daftar di kamar tidurmu, agar kamu gak lupa untuk menabung setiap tanggal-tanggal tersebut. Awalnya mungkin akan terasa berat karena belum terbiasa. Namun, jika sudah terbiasa semua akan terasa ringan saat melakukannya.

2. Menabung dengan uang pecahan koin 

5 Tips Menabung yang Asyik Biar Gak Bikin Buntung, Justru akan Untung ilustrasi orang memegang uang koin (pexels.com/Moose Photos)

Sedikit demi sedikit, lama-lama akan menjadi bukit. Nah, pepatah itu pas banget juga untuk kamu terapkan saat sedang membiasakan diri dalam menabung. Jangan sepelekan uang pecahan koin, karena jika kamu kumpulkan setiap harinya itu juga bisa berjumlah banyak, lho. Kamu pernah mendengar berita bahwa ada seseorang yang membeli kendaraan menggunakan uang pecahan koin? Itulah salah satu contohnya agar kamu tetap menghargai uang pecahan koin.

Mulailah dari sekarang rajin untuk mengumpulkan uang pecahan koin. Siapkan tempat yang menarik bentuknya dan yang mampu memuat isi banyak, karena uang pecahan koin itu pasti akan membutuhkan tempat yang lebih besar. Usahakan juga tempatnya yang transparan, agar kamu bisa semakin terdorong untuk memenuhinya.

Baca Juga: 4 Keuntungan Menabung sejak Dini, Biar Gak Nyesel yuk!

3. Jangan mencampur rekening tabungan dengan kebutuhan 

5 Tips Menabung yang Asyik Biar Gak Bikin Buntung, Justru akan Untung ilustrasi orang memegang kartu (pexels.com/Anthony Shkraba)

Cara selanjutnya agar pendapatan gak habis terus, padahal belum sempat menabung adalah jangan mencampurkan nomor rekening untuk tabungan dan untuk kebutuhan bulanan. Buatlah rekening lain khusus untuk tabungan kamu, karena bisa saja tanpa sengaja kamu menggunakan uang tabungan untuk kebutuhan bulanan.

Memisahkan rekening antara tabungan dan kebutuhan adalah solusi yang jitu, agar saldo tabungan kamu gak terus menurun. Jika kamu sudah memisahkannya, ada baiknya juga untuk gak selalu mengecek jumlahnya setiap saat. Cukup satu bulan sekali saja mengeceknya, agar kamu semakin semangat dan senang ketika melihat saldo tabungan terus bertambah.

4. Manfaatkan sistem autodebit

5 Tips Menabung yang Asyik Biar Gak Bikin Buntung, Justru akan Untung ilustrasi orang menggunakan laptop (pexels.com/Cup of Couple)

Tips menabung asyik dan tanpa ribet yang bisa kamu lakukan adalah memanfaatkan sistem autodebit. Tetapkan secara jelas dan sesuai dengan pendapatan kamu tentang berapa jumlah yang akan kamu tabung setiap bulannya. Sistem ini akan memotong langsung saldo tabunganmu ke rekening kamu yang lainnya.

Sungguh praktis, bukan? Cara ini efektif banget untuk mengantisipasi sifatmu yang mudah lupa atau memang karena memiliki jadwal kerja padat, sehingga sering terlewatkan saat akan menabung. Kamu fokus saja dengan pekerjaanmu, nanti sistem yang akan membantumu dalam mendisiplinkan diri untuk menabung.

5. Carilah suatu hal yang bisa membuatmu semakin semangat menabung 

5 Tips Menabung yang Asyik Biar Gak Bikin Buntung, Justru akan Untung ilustrasi berpikir (pexels.com/Michael Burrows)

Tips selanjutnya adalah mencari suatu hal yang bisa membuatmu semakin semangat dan termotivasi untuk menabung dengan rutin. Milikilah tujuan yang jelas dan realistis mengapa kamu ingin menabung. Misalnya, kamu rutin menabung karena ingin nantinya bisa mandiri secara finansial, atau ingin mengumpulkan biaya pernikahan, dan sebagainya.

Temukanlah faktor tersebut agar kamu gak bosan dan bisa senang hati saat sedang menabung. Pastinya dengan memiliki tujuan, kamu juga gak akan mudah tergiur untuk menggunakan uang tabungan hanya untuk hal-hal yang kurang penting. Dengan begitu, kamu pun juga akan semakin bisa mengendalikan pengeluaran dan membuat diri bersemangat menabung secara rutin.

Itulah kelima tips menabung yang asyik banget dan wajib dicoba para milenial. Dijamin gak akan bikin buntung, justru malah kamu akan semakin untung. Jangan lupa setelah tabungan kamu terkumpul, gunakanlah secara bijak dan sesuai dengan tujuan kamu, ya.

Meski kamu masih muda, penting juga untuk menjalankan gaya hidup sederhana. Jangan terlalu boros dalam keuangan hanya untuk bergaya dan berfoya-foya bersama teman-teman. Selagi masih muda, justru kamu harus menanamkan kedisiplinan dalam diri untuk rajin menabung.

Baca Juga: 7 Cara Jitu Menabung biar Cepat Punya Hunian Idaman!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya