Comscore Tracker

5 Tips agar Bakat Seni Bisa Menghasilkan Cuan

Karya seni itu mahal lho kalau dibikin jadi bisnis

Jakarta, IDN Times - Seorang seniman seringkali hanya pandai membuat karya tapi tak lihai memasarkan atau menjual karya-karyanya tersebut. Padahal karya-karya seni berpotensi besar menghasilkan pundi-pundi uang.

Nah, kalau kamu anak seni yang punya banyak karya dan ingin memonetize karya-karya tersebut, coba deh beberapa tips berikut.

1. Graphic designer untuk perusahaan besar

5 Tips agar Bakat Seni Bisa Menghasilkan CuanIlustrasi pekerja (IDN Times/Dwi Agustiar)

Menjadi seorang desainer grafis? Kalian bisa sukses dengan membuka bisnis kecil maupun menjadi freelancer. Seorang seniman grafis adalah mereka yang menyampaikan informasi melalui gambar, biasanya mereka bekerja membuat desain untuk poster, iklan, kemasan suatu produk, dan banyak lainnya.

Untuk menjadi seorang seniman grafis, kalian bisa bekerja di mana saja meski hanya bermodalkan laptop dengan spesifikasi grafis yang tinggi. Bahkan seorang seniman grafis bisa bergaji puluhan juta jika berhasil membuat logo suatu perusahaan besar. Bagaimana, kalian berani mencoba?

Baca Juga: Dear Millennials, Ini 7 Ide Bisnis yang Bisa Selamatkan Dunia!

2. Make up artist ladang rejeki berprospek cerah

5 Tips agar Bakat Seni Bisa Menghasilkan CuanIlustrasi Makeup Artist (MUA) (ANTARA/Pamela Sakina)

Kalian punya hobi dandan? Dengan memanfaatkan wajah sebagai kanvas, sekolah kecantikan bisa jadi pilihan untuk mengasah kemampuan kalian. Modal untuk menjadi make up artis adalah kemampuan yang baik dan pengetahuan luas tentang kosmetik.

Untuk memulai bisnis ini, kalian bisa menawarkan jas poles wajah ke teman atau keluarga secara gratis. Menawarkan jasa melalui media sosial seperti Instagram juga bisa jadi pilihan untuk mengembangkan usaha, lho.

3. Pelukis karikatur, modal kecil untung besar

5 Tips agar Bakat Seni Bisa Menghasilkan CuanIlustrasi Pelukir Karikatur (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Tidak membutuhkan pagelaran seni yang besar, seorang pelukis karikatur bisa berkarya di mana saja. Dijaman serba digital seperti saat ini, berkarier melalui media sosial bisa menjadi pilihan yang baik untuk memulai usaha.

Karikatur bisa menjadi pilihan souvenir suatu acara, kado wisuda, kado anniversary atau kado ulang tahun. Dengan modal kertas dan pensil serta bakat yang baik, kalian sudah bisa memulai usaha loh..

4. Pembuat lukisan mosaik di kaca

5 Tips agar Bakat Seni Bisa Menghasilkan CuanSeniman Mozaik Kaca, Suyanto (Dok. ANTARA News)

Untuk kalian para seniman kerajinan, menciptakan lukisan dengan menggunakan kaca bisa menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan. Bekerja sesuai dengan permintaan pelanggan, atau menjadi pemasok untuk beberapa toko interior dalam jumlah besar. Turut serta dalam pameran dan acara komunitas bisa jadi sarana promosi yang baik untuk mengembangkan bisnis

5. Custom airbrushing untuk toko bahkan gedung

5 Tips agar Bakat Seni Bisa Menghasilkan CuanIlustrasi Seniman Air Brushing (ANTARA Foto/M Ayudha)

Seniman aribrush atau airbrushing artist bisa mengaplikasikan karya seninya di mobil, mural atau dalam pakaian. Untuk memulainya, kalian perlu membeli beberapa peralatan seperti compressor udara, bahan stencil, cat dan airbrushes tentunya.

Sebagai airbrusher, kalian bisa bekerja secara freelance dengan mengerjakan lukisan untuk kios-kios toko atau garasi rumah. Bahkan kalian juga bisa menjual lukisan airbrush kalian secara online melalui media sosial maupun website.

Baca Juga: 8 Seruan Melawan Virus Corona dalam Karya Seni Jalanan

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya