Comscore Tracker

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia yang Gak Cuma Jago Bikin Masakan

Ada yang kekayaannya sampai Rp15,5 triliun.

Jakarta, IDN Times - Jago masak belum tentu bisa menjadikan kamu miliarder dalam waktu dekat. Berbagi usaha perlu dilakukan agar kamu dikenal publik, seperti tampil di acara memasak di televisi, membuat buku, membangun restoran sendiri, hingga punya reputasi yang wah di masyarakat.

Berikut ini adalah koki-koki dunia yang tidak hanya jago mengolah hidangan tapi juga mampu membuat keahliannya jadi ladang uang. Inilah daftar lima koki selebritas terkaya di dunia dilansir dari Wealthy Gorilla.

1. Alan Wong

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia yang Gak Cuma Jago Bikin MasakanTop koki selebriti, Alan Wong (Website/wealthygorilla.com)

Alan Wong adalah seorang koki dan pemilik restoran yang paling dikenal sebagai salah satu dari 12 pendiri Hawaii Regional Cuisine. Perusahaan ini dibentuk untuk menonjolkan bahan-bahan lokal Hawaii dan beragam gaya serta untuk menciptakan masakan daerah Amerika yang baru.

Selain sahamnya di Hawaii Regional Cuisine, Alan Wong juga memiliki beberapa restoran di Hawaii dan satu di Jepang, yang membuatnya menjadi koki selebritas terkaya di dunia dengan harta mencapai 1,1 miliar dolar AS atau setara Rp15,5 triliun.

Alan telah menjadi juri tamu di serial televisi, Top Chef, memasak di gedung putih untuk Presiden Obama, dan dianugerahi Chef of the Year oleh Majalah Sante pada 2001.

Baca Juga: 5 Alasan Bahwa Koki Merupakan Pekerjaan Menjanjikan, Profesi Idaman!

2. Jamie Oliver

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia yang Gak Cuma Jago Bikin MasakanTop koki selebriti, Jamie Oliver (Website/wealthygorilla.com)

Jamie Oliver memulai karier sebagai koki pastry di restoran Neal Street Antonio Carluccio, tempat ia mengembangkan cita rasa masakan Italia.

Ia terkenal sebagai koki dan pemilik restoran selebritas Inggris dengan hidangannya yang sederhana dan kepribadiannya yang rendah hati.Gaya memasaknya membuatnya memiliki acara televisinya sendiri, seperti The Naked Chef, dan membuka jaringan restoran bernama Jamie's Italian.

Buku masaknya telah menjadi buku terlaris No 1 di Inggris. Tak hanya itu, dia dianugerahi Anggota Ordo Kerajaan Inggris (MBE) pada 2003. Total kekayaannya mencapai 400 juta dolar AS atau Rp5,6 triliun.

3. Gordon Ramsay

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia yang Gak Cuma Jago Bikin Masakantvinsider.com

Koki yang baru mampir ke Indonesia dan memasak rendang bersama William Wongso ini punya kekayaan 220 juta dolar AS atau Rp3,1 triliun.

Gordon adalah seorang koki Inggris, pemilik restoran, penulis, dan tokoh televisi yang restorannya telah dianugerahi 16 bintang Michelin, yang berhasil mempertahankan total tujuh dari mereka hingga saat ini.

Ia terkenal setelah penampilannya di miniseri televisi 1998, Boiling Point, dan kemudian menjadi salah satu koki paling terkenal dan paling berpengaruh di Inggris pada 2004.

Dikenal karena sifatnya yang blak-blakan dan berapi-api, Gordon mengukir karier di industri televisi berdasarkan pengalaman kuliner dan kepribadiannya, yang disukai banyak orang di seluruh dunia.

Baca Juga: Daftar Konglomerat RI yang Masuk Jajaran Orang Terkaya Dunia 2020

4. Nobu Matsuhisa

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia yang Gak Cuma Jago Bikin MasakanTop koki selebriti, Nobu Matsuhisa (Website/wealthygorilla.com)

Nobu Matsuhisa adalah koki selebritas dan pemilik restoran Jepang, yang terkenal dengan masakan perpaduan masakan Jepang dan bahan-bahan Peru. Dia memulai karier kulinernya dengan bekerja di sebuah restoran Sushi di Shinjuku, Tokyo, di mana dia tinggal selama sekitar tujuh tahun.

Dia kemudian diundang untuk membuka restoran di Peru oleh salah satu pelanggannya, dan karena kurangnya akses ke bahan-bahan yang biasa dia gunakan di Jepang, lahirlah gaya fusionnya.

Nobu memiliki restoran di beberapa negara di seluruh dunia dan telah muncul di tiga film besar, yang semuanya menyumbangkan kekayaan 200 juta dolar AS atau Rp2,8 triliun.

5. Thomas Keller

5 Koki Selebritas Terkaya di Dunia yang Gak Cuma Jago Bikin MasakanTop koki selebriti, Thomas Keller (Website/wealthygorilla.com)

Di posisi kelima ada Thomas Keller dengan kekayaan mencapai 130 juta dolar AS atau Rp1,8 triliun.

Ia adalah koki selebritas kelahiran Amerika, pemilik restoran dan penulis buku masak yang telah memenangkan banyak penghargaan industri sepanjang karirnya, seperti dinobatkan sebagai Koki California Terbaik pada tahun 1996, dan Koki Terbaik di Amerika pada tahun 1997.

Kariernya dimulai dengan bekerja di restoran ibunya, sebelum dibimbing oleh Roland Henin, seorang Master Chef kelahiran Prancis, yang mengajarinya dasar-dasar memasak.

Baca Juga: Tak Hanya Orang Terkaya, Bernard Arnault Resmi Jadi Centibillionaire

Topic:

  • Anata Siregar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya