Comscore Tracker

5 Waralaba Video Game yang Meraup Untung Paling Banyak

Apakah ada game yang pernah kamu mainkan?

Jakarta, IDN Times - Banyak pembuat game berlomba membuat game bagus yang mengandalkan grafis hingga gameplay agar laris terjual. Namun tidak selamanya grafis dan gameplay yang bagus mendapatkan keuntungan yang besar.

Dilansir dari Title Max, game seperti Minecraft, The Legend of Zelda hingga Mario menjadi waralaba video game paling populer. Namun hanya sebagian kecil dari pendapatan mereka yang berasal dari video game.

Waralaba menghasilkan lebih banyak dari merchandising sebesar 3,36 miliar dolar AS atau setara Rp47,8 triliun dari penjualan game seluler dan 13,78 miliar dolar AS atau Rp196,3 triliun dari penjualan konsol dan game genggam.

Berikut ini adalah 5 waralaba game yang paling laris.

1. Pokémon

5 Waralaba Video Game yang Meraup Untung Paling Banyakid.portal.pokemon.com

Waralaba video game terlaris adalah Pokémon, dengan pendapatan sekitar 90 miliar dolar AS atau Rp1,28 kualidriliun. Tidak hanya itu waralaba video game terbesar, tetapi juga waralaba media berpenghasilan tertinggi secara umum.

Game awal Pokémon seperti Red/Green/Blue/Yellow masih menempati urutan ketujuh di antara video game terlaris sepanjang masa, mencapai 47,52 juta eksemplar.

Baca Juga: Berkat Inovasi Hebat, 7 Game PC Ini Berhasil Mengubah Dunia Game

2. Mario

5 Waralaba Video Game yang Meraup Untung Paling Banyakkisspng.com

Bisa dibilang Mario merupakan karakter video game paling dikenal di dunia. Mario telah menghasilkan banyak uang bagi Nintendo selama bertahun-tahun, dengan seri Super Mario saja menghasilkan hampir 15,9 miliar dolar AS atau setara Rp226,5 triliun.

Sejak lahir pada 1981, karakter ini telah melejit ke seluruh dunia dalam berbagai format. Total waralaba Mario membukukan keuntungan 30,25 miliar dolar AS atau Rp431 triliun.

3. Call of Duty

5 Waralaba Video Game yang Meraup Untung Paling Banyakwallpapercave.com

Judul Black Ops 4 dari waralaba video game ini saja menghasilkan 1 miliar dolar AS dalam penjualannya. Dengan judul WWII-nya meraih hasil yang sama pada 2017. Secara luas, Call of Duty dianggap di industri sebagai blockbuster.

Waralaba game ini mendapatkan keuntungan 17 miliar dolar AS atau setara Rp242,2 triliun.

4. Wii

5 Waralaba Video Game yang Meraup Untung Paling Banyakanandtech.com

Wii memang hanya sebuah konsol, tetapi juga merupakan cabang dari video game. Dengan serial seperti Wii Sports, Wii Play, dan Wii Fit, konsol ini menarik penonton gamer pemula dalam lingkungan yang berfokus pada keluarga.

Waralaba Wii menghasilkan keuntungan 14,8 miliar dolar AS atau setara Rp210,9 triliun.

5. Pac-Man

5 Waralaba Video Game yang Meraup Untung Paling Banyakwww.nintendo.co.uk

Game arcade yang sangat populer di tahun 1980-an masih terus populer, dengan banyak judul throwback dan game puzzle baru yang masih mempromosikan pellet-muncher favorit dunia.

Pac-Man membukukan keuntungan 14,107 miliar dolar AS atau setara Rp200,9 triliun.

Baca Juga: Mengenang Game Boy, Konsol Game Mungil Favorit Anak-anak 90-an

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya