Comscore Tracker

4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu Kredit

Gunakan secara bijak, ya!

Jakarta, IDN Times - Kartu kredit telah menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Bagaimana tidak, kartu kredit dapat menjadi penolongmu saat lupa membawa uang tunai, bahkan menyelamatkan dompet yang kosong di akhir bulan. Selain itu, bertransaksi dengan kartu kredit juga lebih mudah. Tinggal gesek, semua beres.

Tetapi, kamu juga perlu hati-hati, guys. Kalau tidak bijak memakai kartu kredit, kamu bisa terlilit utang, bahkan di-blacklist oleh Bank Indonesia. Biar gak terjerat kartu kredit, simak tips berikut ini, ya!

1. Tetapkan budget belanja bulanan

4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu KreditIlustrasi Utang (IDN Times/Mardya Shakti)

Tentukan bujet belanja bulananmu sebelum menggesek kartu kredit. Ini sebagai patokan dana agar keuanganmu selalu aman. Selain itu, tetapkan batas penggunaan kartu kredit. Meskipun kamu memiliki limit yang besar, jangan terlena, ya. Bujet belanja bulanan akan membantumu agar tidak melewati batas.

Baca Juga: Dear Pemilik Kartu Kredit, Perhatikan Hal Ini Ya Biar Gak Tekor

2. Walaupun tampak menguntungkan, hindari bayar tagihan dengan jumlah minimum

4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu Kredit(Ilustrasi cicilan) IDN Times/Arief Rahmat

Minimum pembayaran artinya kamu tidak harus melunasi tagihan dengan penuh, melainkan bisa mencicil memakai nominal minimum dari bank. Meskipun kelihatannya menguntungkan, tetapi bisa menimbulkan masalah besar lho.

Kalau kamu mencicil dengan jumlah minimum, otomatis jangka waktu sampai tagihan lunas akan menjadi lama. Selain itu, bunganya juga terus terakumulasi. Jadi, lebih baik segera lunasi secara penuh. Walaupun biaya yang dikeluarkan lebih besar, tetapi kamu bebas dari beban bunga menumpuk. Hidup pun juga lebih tenang, kan?

3. Bayarlah cicilan lebih cepat dari tanggal jatuh tempo

4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu KreditIlustrasi Utang (IDN Times/Arief Rahmat)

Sisihkan dana pembayaran cicilan kartu kredit setiap kali gajian. Lalu, segeralah membayar tagihan secara langsung. Ingat, membayar tepat waktu akan menjauhkanmu dari denda. Nah, denda yang ditetapkan Bank Indonesia bisa mencapai Rp150 ribu. Kan, lumayan bisa buat keperluan lain.

Baca Juga: Edukasi Masyarakat dan Merchant, BRI Sosialisasikan Aturan PIN Kartu Kredit

4. Jangan kebablasan dalam bertransaksi, ingat limit!

4 Cara Jitu Terbebas dari Jeratan Kartu KreditFitur debit online di aplikasi BCA Mobile (Dok. BCA)

Saat bank menyetujui permohonan kartu kredit kamu, biasanya akan diberikan limit atau batas pinjaman sesuai kemampuan keuanganmu. Walau demikian, bukan berarti kamu harus menghabiskan semuanya, ya. Jangan coba-coba melampaui batas limit karena akan didenda.

Baca Juga: Harga Rumah Naik Terus, Ini 6 Tips Cerdas Kredit Rumah 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya